Menu Close

Berita & Acara

Memahami Apa Itu Big Data dan Manfaatnya untuk Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Banyak sekali informasi yang tercipta semenjak memasuki era digital seperti saat ini dan masih akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Berbicara mengenai data, dalam jumlah besar atau Big Data sangat penting bagi perusahaan, terutama perusahaan yang cukup besar. Lalu sebenarnya apa itu Big Data

Big Data memegang peranan penting karena menyimpan data dalam jumlah yang cukup besar. Setiap bisnis apa pun itu pasti akan membutuhkan data yang bertujuan untuk mengenali pelanggan lebih jauh. Inilah sebabnya mengapa antara bisnis dan Big Data seakan berkesinambungan. 

Mengenal Apa Itu Big Data dan Manfaatnya untuk Bisnis

Memasuki era digital, telah muncul banyak sekali data dalam jumlah besar yang kemudian berkembang lagi menjadi lebih besar seiring berjalannya waktu. Jadi, secara sederhana, Big Data merupakan sekumpulan data kompleks dalam jumlah besar.

Konsep ini muncul dari kebutuhan dalam memahami pola dalam database yang tercipta karena adanya interaksi dengan sistem yang berbeda satu sama lain. Karena kumpulan data ini cukup banyak, maka perangkat lunak pemrosesan data tradisional tidak mampu untuk mengolahnya. 

Berbicara mengenai Big Data, memang akan selalu berkaitan dengan bisnis. Alasannya karena dengan adanya Big Data, maka Anda selaku pemilik bisnis dapat memperoleh jawaban lengkap dengan informasi yang cukup luas. Informasi inilah juga yang akan membantu Anda untuk memahami pelanggan lebih dalam serta untuk membantu sebuah bisnis untuk mencapai tujuannya. 

BACA JUGA:

Manfaat Big Data untuk Bisnis

Setelah memahami apa itu Big Data, selanjutnya mari kita bahas mengenai manfaat Big Data dalam dunia bisnis. Pada dasarnya, Big Data dapat membantu Anda untuk menangani berbagai aktivitas dalam dunia bisnis, mulai dari pengalaman pelanggan hingga analitik. Lebih jelasnya, berikut manfaat Big Data untuk bisnis yang harus Anda ketahui:

1. Pengalaman pelanggan yang lebih baik

Anda dapat memberikan pengalaman yang baik kepada para pelanggan dengan memanfaatkan Big Data. Kumpulan Big Data ini dapat mengumpulkan data para pelanggan dari berbagai kunjungan mereka ke situs maupun media sosial.

Dengan terekamnya data pelanggan ini, Anda akan memperoleh informasi mengenai pengalaman para pelanggan dan memahami mereka lebih dalam. Sehingga pada akhirnya, Anda dapat memahami mereka dengan memberikan rekomendasi atas apa yang mereka butuhkan. Terakhir, yang paling penting, perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk menyempurnakan pemasaran serta promosi.

 2. Pengembangan produk

Perlu diketahui bahwa Anda dapat menggunakan Big Data untuk mengumpulkan feedback dari para pelanggan. Feedback inilah yang nantinya akan membantu Anda membuat perubahan atas suatu produk atau layanan. Bahkan bukan tidak mungkin Anda dapat mengembangkan produk dari hasil feedback para pelanggan.

3. Pengambilan keputusan dengan cepat

Kecepatan teknologi analitik data memiliki kemampuan untuk menganalisis data-data baru. Sehingga, setiap perusahaan dapat menganalisis informasi dengan mudah dan pada akhirnya dapat memperoleh suatu keputusan dengan cepat dan akurat. 

4. Keamanan terjamin

Sebagian besar perusahaan telah berfokus pada Big Data untuk memastikan keamanan serta perlindungan data perusahaan. Karena pada dasarnya, kita tidak dapat menduga kapan terjadinya serangan dari para hacker.

Maka dari itu, perusahaan dapat menggunakan Big Data untuk membantu mengidentifikasi pola dalam data apabila terjadi penipuan dan menggabungkan sejumlah informasi mengenai hal tersebut untuk membuat laporan dengan cepat. 

Itu dia sedikit penjelasan mengenai apa itu Big Data dan apa manfaatnya bagi dunia bisnis.

Simak artikel lengkap lainnya di sini.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.