Menu Close

Berita & Acara

Mengenal Apa Itu Cloud Computing dan Perannya untuk Perusahaan

Apa Itu Cloud Computing
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Dalam dunia bisnis, Cloud Computing atau komputasi awan tidak lagi terdengar asing. Lalu sebenarnya apa itu Cloud Computing? Mengapa banyak sekali pembahasan mengenai istilah ini? Apa keuntungan bagi perusahaan yang menggunakan layanan ini? Mari kita bahas lebih mendalam di bawah ini.

Apa Itu Cloud Computing?

Pada umumnya, istilah Cloud Computing sudah ada sejak berpuluh tahun yang lalu tepatnya pada awal tahun 2000. Cloud Computing adalah teknologi yang memungkinkan perusahaan dapat menggunakan layanan komputasi berupa server, penyimpanan, jaringan, perangkat lunak melalui Internet. Jadi, daripada perusahaan harus membayar lebih untuk membuatnya, maka mereka akan lebih memilih untuk menyewa layanan tersebut.

Apa Saja Jenis-Jenis Cloud Computing?

Cloud Computing sendiri terbagi menjadi empat jenis dengan karakteristik yang berbeda, yaitu:

  1. Public Cloud, yaitu jenis Cloud yang dapat diakses oleh publik tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. 
  2. Private Cloud, yaitu jenis Cloud yang tidak bisa diakses sembarangan sebab layanan ini terkunci dan hanya dapat digunakan oleh perusahaan yang menyewa atau berlangganan. 
  3. Hybrid Cloud, jenis Cloud yang satu ini merupakan perpaduan dari Public dan Private Cloud. Jadi dengan kata lain, data dapat berpindah dari Public ke Private Cloud, dan dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan yang menyewa.
  4. Multi Cloud, yaitu jenis yang terdiir dari beberapa Cloud Computing yang berbeda, baik berupa vendor (karakteristik) maupun layanannya.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Data di Era Digital

Kemudian selain keempat jenis di atas, Cloud Computing juga memiliki tipe Cloud Computing sesuai jenis layanan yang diberikan, yaitu:

  1. Infrastructure as a Service (IaaS), yaitu tipe layanan yang mana Anda dapat menyewa infrastruktur IT ini dengan sistem pembayaran sesuai dengan penggunaan yang telah terpakai. 
  2. Platform as a Service (PaaS), yaitu tipe layanan yang menyediakan lingkungan sesuai dengan permintaan pengguna untuk mengembangkan, menguji, mengirimkan, dan mengelola aplikasi perangkat lunak. Tipe layanan ini membuat Anda tidak perlu lagi memusingkan tentang pemeliharaan server dan jaringan karena semuanya telah dikelola oleh penyedia layanan.
  3. Severless Computing, yaitu tipe layanan yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dan/atau website tanpa perlu lagi memikirkan bagaimana server harus dioperasikan. Serverless Computing diibaratkan seperti hosting cPanel.
  4. Software as a Service (SaaS), yaitu tipe layanan terakhir yang dapat mengirimkan aplikasi perangkat lunak melalui Internet, sesuai permintaan, dan berdasarkan tipe langganan.

Dengan layanan ini, maka perusahaan dapat menyimpan serta berbagi data melalui Internet di mana pun Anda berada. Karena jenis dan tipe layanan Cloud Computing terbagi menjadi beberapa hal, maka perusahaan dapat memilih sesuai dengan kebutuhan bisnis yang sedang berjalan. 

Baca juga: Penerapan Internet of Things pada Dunia Bisnis

Cara Kerja Cloud Computing

Adapun cara kerja Cloud Computing dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Penyedia layanan Cloud Computing menyediakan infrastruktur, platform, dan/atau software sebagai layanan (Infrastructure-as-a-Service, Platform-as-a-Service, atau Software-as-a-Service) melalui internet.
  • Selanjutnya pengguna mengakses layanan Cloud Computing tersebut melalui internet dengan menggunakan perangkat yang terhubung ke jaringan internet.
  • Pengguna dapat memanfaatkan sumber daya komputasi tersebut untuk menyimpan data, menjalankan aplikasi, atau melakukan proses komputasi lainnya.
  • Sumber daya komputasi yang dimanfaatkan oleh pengguna akan ditangani oleh penyedia layanan Cloud Computing seperti Lintasarta Cloudeka. Hal ini termasuk manajemen keamanan, pemeliharaan, dan pembaruan.

Peran Cloud Computing untuk Perusahaan

Sejak kemunculannya pada berpuluh tahun lalu, sampai dengan saat ini hampir semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi pasti menggunakan layanan dari Cloud Computing. Namun, peran apa yang teknologi Cloud Computing berikan kepada perusahaan? Berikut penjelasan singkatnya.

1. Keamanan Data Terjamin

Setiap perusahaan pasti memiliki kumpulan data yang tidak boleh tersebar dan harus terjaga keamanannya. Di sinilah peranCloud Computingsesungguhnya. Banyak penyedia layanan Cloud yang menawarkan sejumlah kebijakan, kontrol untuk memperkuat sistem keamanan. Karena bagaimanapun, menyimpan data di Cloud tergolong lebih aman daripada harus menyimpannya pada server fisik. 

2. Lebih Andal

Selain kinerja dan keamanannya yang optimal, Cloud Computing juga dapat diandalkan karena mampu menghadapi ancaman yang potensial seperti bencana. Cloud computing melakukan pencadangan data untuk mempercepat pemulihan bencana, sehingga bisnis dapat terus berjalan tanpa gangguan yang berarti.

Baca juga: Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Disaster Recovery

3. Mengurangi Pengeluaran Biaya

Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli perangkat lunak dan perangkat keras tentu akan sangat besar, belum lagi dengan biaya lainnya. Maka dari itu, untuk memangkas pengeluaran agar tidak terlalu besar, perusahaan dapat menyewa layanan Cloud Computing yang dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan bisnis yang berjalan. 

4. Lebih Efisien

Peran penting Cloud Computing selanjutnya adalah lebih efisien bagi perusahaan karena mudah diakses kapan dan di manapun.

Berbeda jika menggunakan harddisk yang mudah rusak dan hilang. Saat penanggungjawab tidak berada di tempat kerja, maka datanya akan sulit didapatkan.

Baca juga: Contoh Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

5. Fleksibilitas

Karena memanfaatkan Internet dapat menjalankan Cloud, maka seharusnya para pekerja atau siapa pun yang menggunakan layanan ini dapat melakukan tugasnya di mana pun mereka berada tanpa harus pergi ke kantor maupun pusat data (Data Center). Apalagi pada masa pandemi seperti ini, tentu akan sangat membantu para karyawan yang bekerja dari rumah contohnya. 

Tips Memilih Layanan Cloud Computing

Sebelum memutuskan untuk memilih layanan Cloud Computing, sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa tips dari Cloudeka berikut ini:

1. Keamanan

Pastikan penyedia layanan Cloud Computing Anda memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data Anda dari ancaman keamanan seperti malware, ransomware dan serangan DDoS.

2. Keandalan

Tidak hanya aman, pastikan juga penyedia layanan Cloud Computing Anda memiliki sistem yang handal dan dapat diandalkan untuk menjaga ketersediaan layanan dan meminimalkan waktu downtime.

3. Skalabilitas

Pastikan penyedia layanan Cloud Computing Anda dapat menyediakan sumber daya tambahan dengan mudah dan cepat sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini dan di masa depan.

4. Harga

Faktor penting lainnya yang perlu Anda pertibangkan yaitu biaya. Oleh karena itu, pastikan biaya yang ditawarkan oleh penyedia layanan Cloud Computing Anda sesuai dengan fitur dan layanan yang Anda butuhkan, serta dapat memberikan nilai yang baik bagi bisnis Anda.

5. Dukungan Pelanggan

Tips memilih layanan Cloud Computing yang terakhir adalah memastikan penyedia layanan Cloud Computing Anda menyediakan dukungan pelanggan yang baik, responsif, dan dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah atau kesulitan teknis yang mungkin terjadi.

Lintasarta Cloudeka: Solusi Cloud Anak Negeri

Lintasarta Cloudeka Solusi Cloud Anak Negeri

Itu dia penjelasan singkat mengenai apa itu Cloud Computing serta perannya untuk perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Anda dapat menggunakan layanan Cloud Computing dari Lintasarta Cloudeka untuk mengembangkan bisnis. Ingin tahu lebih lanjut seputar layanan tersebut? Hubungi Lintasarta Cloudeka sekarang juga dan tim kami siap membantu untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda di era teknologi yang terus berkembang.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.