Menu Close

Berita & Acara

Mengenal User Generated Content, Manfaat dan Cara Menerapkannya

user generated content
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Konten merupakan sarana bagi bisnis untuk menjalankan banyak hal. Mulai dari kegiatan pemasaran, hingga  customer engagement. Tidak heran jika saat ini ada banyak bentuk konten yang digunakan oleh sebuah bisnis. Salah satunya adalah user generated content yang bisa bisnis manfaatkan tanpa mengeluarkan biaya besar bahkan gratis.

Apakah Anda tahu apa itu user generated content? Jika belum maka simak berbagai macam informasi berguna berikut ini agar bisa memahami hal tersebut dan mengetahui bagaimana dampaknya terhadap sebuah bisnis.

Mengenal User Generated Content

Consumer-centric, komunikasi dua arah, dan konten menjadi tema besar dalam dunia pemasaran yang secara perlahan mengungguli pemasaran satu arah. Banyak bisnis dan juga brand yang menciptakan peluang di mana mereka membuat pengguna bisa berinteraksi, terlibat, dan mendukung bisnis melalui kampanye yang dilaksanakan. Akibat hal ini, timbul salah satu bentuk konten yang sangat menguntungkan bisnis, konten tersebut dikenal dengan nama user-generated content atau UGC.

User-generated content merupakan berbagai macam bentuk konten yang dibuat dan dibagikan oleh pengguna. Biasanya didasari oleh pengalaman, pendapat, ide, atau feedback mereka. Platform digital seperti forum dan media sosial menjadi tempat terbaik untuk membagikan konten-konten ini.

Karena dibuat dari pengalaman, UGC dikenal sebagai konten yang paling tepercaya serta autentik dibandingkan dengan konten yang dihasilkan oleh brand. Biasanya yang tertuang pada konten-konten UGC merupakan murni hasil pemikiran dan pendapat dari pelanggan.

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis

Dampak yang Dihasilkan User Generated Content

Berikut ini beberapa dampak yang dirasakan oleh sebuah bisnis jika mereka berhasil memanfaatkan konten yang berpusat pada pelanggan ini dengan baik.

1. Jangkauan Serta Eksposur yang Luas

Menjangkau calon audiens yang besar melalui eksposur guna meningkatkan peluang terjadinya engagement dan konversi menjadi salah satu tujuan dilaksanakannya upaya pemasaran. Adanya keterlibatan pengguna dalam kampanye mampu membantu bisnis mencapai tujuannya dengan cepat dan efektif. 

Saat Anda membuat kampanye dengan tanda pagar atau hashtag khusus milik bisnis Anda, maka para calon pembeli serta pelanggan terdorong untuk membagikan pandangan & pendapat mereka menggunakan hashtag tersebut di platform sosial media dengan konten ciptaan sendiri. Hal ini akan memperluas jangkauan bisnis untuk menjangkau audiens baru.

Baca juga: Penerapan Internet of Things pada Dunia Bisnis

2. Konten yang Beragam serta Kreatif

Konten yang kreatif dan menarik merupakan elemen utama dalam sebuah kegiatan pemasaran. Dengan konten yang dibuat pengguna, Anda bisa mendapatkan beragam konten yang tidak hanya kreatif namun juga autentik. Ada banyak pengguna di internet yang punya pemikiran dan perspektif berbeda dari brand, hal ini dapat menciptakan keberagaman konten yang menarik.

3. Menunjukkan Social Proof

Social proof atau bukti sosial merupakan validasi dari pelanggan untuk bisnis mengenai kepercayaan, keaslian, keandalan produk & aktivitas yang mereka rasakan dari bisnis. Memiliki bukti sosial sangat penting di era digital ini karena bisa memengaruhi keputusan pembelian konsumen pada hal yang Anda tawarkan. 

Sulit mendapatkan hal ini jika hanya mengandalkan konten buatan sendiri, UGC menjadi solusi paling tepat untuk bisa mendapatkan sebuah social proof dari pelanggan.

4. Memberikan Pemasaran Sentuhan Manusiawi

Kehadiran dari elemen emosional untuk membangun hubungan ke dalam pemasaran merupakan sesuatu yang sulit didapatkan melalui konten buatan sendiri. Namun hal ini menjadi mungkin ketika konten yang dibuat pengguna memungkinkan para brand untuk membangun hubungan emosional, mendapatkan kepercayaan, lalu menunjukkan keaslian, dan membentuk hubungan yang bermakna. 

Hal ini karena UGC bisa menampilkan bagaimana pengalaman yang dimiliki seseorang dengan bisnis Anda. Orang lain akan tahu bahwa mereka juga bisa merasakan hal yang sama jika terhubung dengan bisnis Anda.

5. Meningkatkan User Engagement

Sebuah upaya pemasaran harus memiliki konten yang menarik, elemen interaktif, orisinal , memiliki kreativitas, kepercayaan, dan proposisi nilai. Hal-hal tersebut bisa ditemukan pada konten yang dibuat pengguna. Saat bisnis menyusun dan membuat konten yang lebih tertarget, hal itu menjadi sangat menarik & berharga bagi konsumen. Memanfaatkan UGC dalam kampanye pemasaran mampu membawa keterlibatan pengguna ke tingkat berikutnya.

6. Konversi yang Meningkat

Konten yang dihasilkan oleh para pengguna adalah solusi paling tepat untuk meningkatkan konversi & pendapatan Anda. UGC mampu meningkatkan engagement yang secara langsung terkait dengan konversi. Orang-orang lain seperti calon konsumen juga cenderung lebih memercayai UGC daripada iklan dari bisnis ketika ingin membeli produk atau menggunakan sebuah jasa.

7. Membangun Komunitas

Memiliki komunitas yang mendukung merupakan sebuah keuntungan besar bagi bisnis. Komunitas ini membantu dalam membuat konten positif kreasi pengguna tentang bisnis di jaringan mereka. Hal ini bisa membawa berbagai macam hal positif, contohnya meningkatkan traffic menuju website, engagement dengan pengguna, peluang terjadinya transaksi, hingga brand recognition.

Jenis-Jenis User Generated Content

Konten yang dibuat oleh pengguna atau pelanggan dapat hadir dalam berbagai macam format. Berikut ini beberapa bentuk yang sering dijumpai. Mengetahui hal ini sangat berguna membantu Anda menemukan kecocokan yang tepat untuk bisnis. Beberapa bentuk UGC seperti:

  • Gambar
  • Video
  • Konten media sosial 
  • Testimonial
  • Ulasan produk
  • Live streaming 
  • Postingan blog
  • Konten YouTube

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Artikel yang Menguntungkan untuk Bisnis

Tips Menjalankan User Generated Content yang Efektif

Tips Menjalankan User Generated Content Sebagai Strategi Pemasaran

Terdapat beberapa tips untuk menjalankan user generated content yang efektif guna meraih pertumbuhan bisnis yang optimal. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Menyediakan Platform Partisipasi

Buatlah platform atau kanal yang memungkinkan pengguna atau target audiens Anda untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan konten. Platform yang dimaksud apat berupa forum diskusi (website), komunitas online, atau fitur pengguna yang dapat mengirim ulasan, foto, atau video terkait dengan produk atau layanan Anda. Pastikan platform ini mudah diakses dan ramah pengguna.

2. Berikan Insentif

Untuk mendorong pengguna agar berkontribusi dengan konten yang bermanfaat, berikan insentif bagi mereka. Insentif ini dapat berupa hadiah, diskon, atau pengakuan khusus di dalam komunitas Anda. Dengan demikian, Anda dapat mendorong partisipasi pengguna dan meningkatkan kualitas serta kuantitas konten yang dihasilkan.

3. Berikan Panduan yang Jelas

Ketika Anda meminta pengguna untuk membuat konten, berikan panduan yang jelas mengenai apa yang diharapkan. Jelaskan jenis konten yang relevan, aturan atau pedoman yang perlu diikuti, serta tata cara pengiriman konten.

Dengan panduan yang jelas, Anda dapat memastikan bahwa konten yang dihasilkan sesuai dengan tujuan dan bisnis Anda.

4. Berinteraksi dan Memberikan Penghargaan

Saat pengguna mengirimkan konten, berikan respon dan interaksi positif. Berikan komentar, like, atau bagikan konten pengguna yang aktif.

Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan terlibat secara lebih dalam dengan brand Anda. Dengan berinteraksi aktif, Anda membangun hubungan yang kuat dengan pengguna dan mendorong partisipasi lebih lanjut.

5. Kurasi dan Promosikan Konten Terbaik

Identifikasi konten terbaik yang dihasilkan oleh pengguna dan promosikan. Bagikan konten tersebut di saluran media sosial Anda, website, atau bahkan newsletter. Dengan memperlihatkan konten pengguna yang berkualitas, Anda memotivasi pengguna lainnya untuk berkontribusi dengan konten yang lebih baik dan juga meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.

6. Terus Pantau dan Evaluasi

Pantau dan evaluasi efektivitas strategi user generated content secara berkala. Tinjau statistik dan data terkait dengan partisipasi pengguna, tingkat keterlibatan, dan dampak terhadap pertumbuhan bisnis Anda. Dengan pemantauan yang cermat, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dan mengoptimalkan strategi user generated content yang Anda telah buat.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai user generated content yang Anda butuhkan guna memahami pengertian serta dampaknya bagi bisnis. Setelah memahaminya, Anda dapat memanfaatkan UGC untuk membawa dampak positif bagi bisnis. 

UGC memang memiliki peran yang penting untuk membantu bisnis atau perusahaan untuk berkembang. Namun, sistem Cloud Computing yang baik juga bisa meningkatkan kinerja bisnis terutama pada aplikasi Anda. Gunakan sistem berkualitas seperti layanan Cloud dari Lintasarta Cloudeka. Terdapat tiga layanan Cloud utama yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yakni IaaS (Infrastructure as a Service), PaaS (Platform as a Service), dan SaaS (Software as a Service). Tertarik untuk menggunakannya? Hubungi kami secara langsung untuk mendapatkan kesempatan uji coba gratis.

Frequently Asked Question (FAQ)

Mengapa User Generated Content Penting bagi Bisnis?

User generated content (UGC) penting bagi bisnis karena UGC memiliki kepercayaan yang tinggi, meningkatkan keterlibatan pengguna, meningkatkan visibilitas merek, menyediakan konten yang beragam, membantu informasi keputusan pembelian, dan memperkuat interaksi sosial antara pengguna.

Dengan memanfaatkan UGC, bisnis dapat membangun reputasi yang kuat, menjangkau audiens yang lebih luas, dan meningkatkan pertumbuhan bisnisnya.

Apa Perbedaan Endorsment dan UGC?

Endorsement dan UGC (User Generated Content) tidak sama, meskipun keduanya dapat memiliki keterkaitan dengan promosi dan dukungan terhadap suatu brand. Endorsement mengacu pada situasi di mana seseorang atau influencer mendukung atau merekomendasikan produk atau layanan tertentu secara aktif, seringkali sebagai bagian dari kampanye iklan yang direncanakan dan dibayar.

Sedangkan, UGC adalah konten yang dibuat oleh pengguna yang tidak terafiliasi dengan brand dan mencakup ulasan, foto, video, atau konten lain yang dibagikan secara sukarela oleh pengguna sebagai ekspresi pengalaman mereka dengan produk atau layanan. UGC bersifat organik dan muncul dari pengalaman nyata pengguna, sementara endorsement merupakan dukungan yang disengaja dan berbayar dari individu atau figur terkenal.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.