Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu E-Wallet? Seperti Apa Fungsinya?

Apa Itu E-Wallet
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Tahukah Anda apa itu e-wallet? Rasanya, istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda, bukan? Dapat dipastikan juga bahwa Anda sudah sering menggunakan e-wallet dalam aktivitas sehari-hari atau saat berbelanja.

E-wallet terus berkembang dan memberikan berbagai peluang bagi para pebisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Jadi, selain memberikan manfaat kepada Anda sebagai pengguna, e-wallet juga dapat membantu perkembangan bisnis saat ini. Bagaimana caranya?

Melalui artikel ini, Anda akan mendalami pembahasan mengenai e-wallet yang penting untuk diketahui, apalagi jika Anda merupakan seorang pebisnis. Selain itu, Anda juga akan diajak untuk memahami peran Cloud pada e-wallet yang dibutuhkan di dalam bisnis.

Apa Itu E-Wallet dan Contohnya?

Ketika ingin membeli sesuatu di sebuah toko atau makan di restoran, tentu saja Anda perlu membawa dompet. Dompet berfungsi untuk menyimpan uang Anda agar tetap rapi dan mudah dibawa ke mana-mana.

Saat ini, kita sudah memasuki era digital di mana hampir sebagian besar transaksi dapat dilakukan secara online. Untuk dapat melakukan pembayaran secara online tersebut, Anda dapat menggunakan berbagai platform salah satunya adalah e-wallet.

Singkatnya, e-wallet merupakan dompet dalam bentuk elektronik. Anda sudah tidak perlu repot-repot lagi ke bank untuk mengambil uang tunai sebelum dapat menggunakannya dalam transaksi pembelian. Selain itu, Anda juga tidak perlu membawa dompet dalam bentuk fisik untuk sekadar berbelanja atau makan di restoran.

Penggunaan e-wallet kian meningkat sejak beberapa tahun terakhir, khususnya ketika kita memasuki masa PSBB. Penggunaan cash dapat berpeluang terhadap penyebaran penyakit sehingga banyak tempat yang menyarankan pengunjung untuk menggunakan cashless.

Baca juga: Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perusahaan

Maka dari itu, Anda pasti sudah sering mendengar di mana hampir sebagian besar tempat umum seperti restoran, bioskop, pusat perbelanjaan, bahkan sebagian kecil kedai makanan kaki lima mulai menyarankan kepada setiap pelanggan untuk menggunakan cashless alias nontunai.

Dari pembahasan di atas, Anda tentu dapat memahami berbagai contoh dari e-wallet yang pasti sudah sering atau pernah digunakan, bukan? Contoh dari e-wallet yang sangat populer selama beberapa tahun terakhir ini seperti OVO, GoPay, ShopeePay, Dana, dan masih banyak lagi. E-wallet mana yang paling sering Anda gunakan?

Apa Fungsi E-Wallet untuk Bisnis Anda?

E-wallet memang memberikan banyak kemudahan bagi para penggunanya. Apalagi jika Anda berada di posisi pelanggan yang ingin melakukan pembayaran.

Namun, dari segi bisnis, e-wallet juga memberikan banyak manfaat seperti:

  • Meningkatkan penjualan karena pelanggan merasakan kemudahan bertransaksi dengan menggunakan e-wallet.
  • Anda dapat menyediakan berbagai bentuk promosi yang dapat menarik perhatian lebih banyak customer.
  • Seluruh data transaksi yang masuk ke dalam bisnis Anda dapat tersusun dan tersimpan dengan rapi. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam melakukan evaluasi keuangan di kemudian hari.
  • Pembayaran ke vendor, supplier, atau produsen akan lebih mudah dengan menggunakan e-wallet.
  • Metode pembayaran dengan menggunakan e-wallet akan terjamin lebih aman dibandingkan jika Anda masih menerima pembayaran dengan menggunakan sistem tunai. Tunai memiliki risiko yang tinggi akan terjadinya pencurian karena tingkat keamanan yang rendah.

Apa Peran Cloud Pada E-Wallet?

Penggunaan e-wallet di dalam industri bisnis juga semakin berkembang. Para developer dari e-wallet terus berinovasi untuk menciptakan teknologi digital yang mampu membantu kehidupan masyarakat luas dan juga pebisnis.

Hampir setiap developer menggunakan sistem Cloud untuk menyimpan seluruh data transaksi yang masuk ke dalam sistem e-wallet. Jika tidak menggunakan Cloud, maka seluruh data tersebut harus disimpan di dalam database fisik yang tentu saja akan membutuhkan banyak tempat.

Baca juga: Mengenal Perkembangan Cloud Computing Saat Ini

Sistem penyimpanan data yang sedemikian rupa dinilai kurang efektif sehingga mulai dikembangkan teknologi Cloud. Cloud memiliki fungsi utama sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan data.

Berikut ini, ada 5 peranan Cloud di dalam e-wallet yang perlu Anda ketahui.

1. Dapat Melakukan Transaksi Secara Real-Time

Seluruh transaksi yang masuk ke dalam e-wallet akan diolah secara real-time. Anda bisa langsung memantau setiap transaksi yang masuk ke dalam data.

Anda perlu tahu bahwa data yang diolah secara real-time memiliki peranan yang penting di dalam bisnis. Anda dapat mengetahui hal apa yang perlu dikembangkan dari data yang diterima.

2. Mengurangi Risiko Terjadinya Kehilangan Data

Selain risiko kehilangan uang dalam bentuk tunai, Anda juga memiliki peluang risiko terhadap terjadinya kehilangan data. Data yang tidak lengkap akan berdampak terhadap hasil pengolahan informasi dan pengambilan keputusan bisnis di kemudian hari.

Penggunaan Cloud di dalam e-wallet dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kehilangan data. Seluruh data Anda sudah tersimpan di dalam Cloud  sehingga dapat mengakses data tersebut kapan pun dibutuhkan.

3. Meminimalisir Pengeluaran yang Tidak Perlu

Dalam menjalankan bisnis, Anda harus dapat mengontrol pengeluaran seefisien mungkin. Peran Cloud di dalam e-wallet selain untuk memantau transaksi yang masuk adalah untuk memantau pengeluaran perusahaan Anda. Anda dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Hal ini tentu dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran perusahaan.

4. Lebih Fokus dengan Perkembangan Bisnis

Beberapa pebisnis yang masih belum mengikuti perkembangan teknologi saat ini dengan menggunakan Cloud dan e-wallet akan lebih sibuk dalam memikirkan segala hal yang berhubungan dengan keuangan. Padahal, masalah tersebut dapat diatasi dengan menerapkan teknologi di dalam bisnis tersebut sehingga Anda dapat lebih fokus untuk menyusun strategi perkembangan bisnis.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

5. Memudahkan Proses Pengolahan Data

Peran terakhir yang sudah sering Anda baca dalam pembahasan sebelumnya adalah penggunaan Cloud  dalam e-wallet dapat memudahkan proses pengolahan data. Seluruh data yang masuk sudah tersimpan rapi di dalam Cloud sehingga Anda cukup mengakses ke dalamnya saja untuk melihat kumpulan data yang dibutuhkan.

Jadi, itulah informasi yang perlu Anda ketahui seputar apa itu e-wallet dan juga fungsinya. Ini saatnya bagi Anda untuk mengikuti perkembangan teknologi terkini agar bisnis yang dijalankan saat ini dapat terus bergerak maju.

Untuk membantu perkembangan bisnis Anda, Cloudeka menyediakan layanan Cloud bagi setiap pebisnis yang ingin memajukan usahanya. Silakan hubungi kami sekarang juga untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait layanan Cloud yang dapat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.