Berita & Acara

Fungsi dari Virtual Private Server di Dunia Bisnis

0720-Fungsi Virtual Private Server untuk Bisnis_BLog
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Dalam mengelola situs, tentu kita membutuhkan yang namanya layanan hosting. Salah satu layanan hosting yang skalanya jauh lebih kecil dan memiliki harga yang terjangkau adalah VPS atau Virtual Private Server. 

VPS cukup banyak peminatnya karena berbagai kelebihan yang dimiliki. Hal tersebut tidak didapat dengan layanan hosting lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari mengenal VPS lebih dalam serta fungsinya di dunia bisnis. 

Fungsi dari Virtual Private Server di Dunia Bisnis

Virtual Private Server atau VPS merupakan bentuk layanan hosting yang memanfaatkan teknologi virtualisasi dengan memberikan sumber daya khusus di server dengan sejumlah pengguna. Layanan hosting yang satu ini merupakan solusi yang stabil dan aman karena Anda mendapatkan ruang server khusus.

VPS juga berperan sebagai jembatan antara web shared hosting dengan yang menyewa server Anda. Bersifat pribadi dan virtual karena Anda yang akan memegang kendali penuh. 

Selain itu, karena menggunakan teknologi virtualisasi, pihak penyedia hosting akan memasang lapisan virtual di atas sistem operasi server. Lapisan inilah yang akan membagi server menjadi beberapa partisi yang memungkinkan setiap pengguna dapat meng-install sistem operasi dan software mereka sendiri. 

Anda juga dapat mengatur situs web dalam tempat yang aman dengan terjaminnya sumber daya. Dengan hosting VPS, Anda juga memiliki akses tingkat root yang sama seperti layaknya Anda memiliki server khusus namun dengan biaya yang dikeluarkan jauh lebih rendah. 

Fungsi VPS pada Dunia Bisnis Saat Ini

Karena keberadaannya cukup penting, berikut beberapa fungsi dari Virtual Private Server khususnya dalam dunia bisnis saat ini. 

1. Skalabilitas

Sebuah bisnis dapat tumbuh dan berkembang untuk mencapai tujuannya, bersamaan dengan layanan hosting VPS. Server ini juga dapat meningkatkan, menurunkan, mengeluarkan, dan memasukkan.

Pada dasarnya, ini merupakan sebuah praktik untuk menerapkan beberapa Virtual Private Server dalam sejumlah sumber daya. VPS juga dapat Anda gunakan untuk menjaga lalu lintas jaringan agar terus seimbang. 

BACA JUGA:

2. Pengelolaan Layanan Sepenuhnya

Sebagian besar penyedia layanan Cloud memang menawarkan layanan yang dapat Anda kelola sepenuhnya sebagai bagian dari penawaran VPS mereka. Biasanya layanan ini menyediakan sebuah platform konsumsi tambahan yang dapat meningkatkan fitur dukungan dan pemulihan bencana. Meskipun jenis layanan tidak selalu gratis, namun mereka dapat mengelola dengan baik bersama tim IT internal. 

3. Lisensi 

Pada dasarnya lisensi merupakan fitur yang cukup penting namun sangat sering terabaikan, terutama ketika bekerja dengan banyaknya sistem operasi serta aplikasi pada lingkungan perusahaan yang sedang berkembang. Padahal, lisensi VPS sangat sederhana, semua biaya yang terkait lisensi sudah masuk ke dalam biaya bulanan untuk server. Tentu saja ini akan sangat menguntungkan perusahaan agar tidak mengeluarkan biaya lebih. 

4. Meningkatkan Reliabilitas Perusahaan

Beberapa penyedia layanan hosting VPS membawa hal ini untuk menawarkan jaminan uptime 100%. Agar jaminan tersebut terpenuhi, biasanya pihak penyedia Cloud akan berinvestasi secara besar dengan tujuan untuk menjaga infrastruktur server. Tahukah Anda bahwa reliabilitas yang meningkat ini sudah mencakup pusat data dan juga wilayah yang sangat penting untuk menyimpan dan mencadangkan data?

Untuk informasi lebih lanjut mengenai VPS silahkan hubungi kami di sini.