Berita & Acara

Ini Alasan Mengapa Sebuah Perusahaan Harus Memiliki Sistem Cyber Security yang Andal

0613- Kenapa Perusahaan Harus Memiliki Sistem Cyber Security_BLog
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Pertumbuhan angka pengguna Internet di dunia, khususnya di Indonesia, semakin meningkat setiap harinya. Pada bisnis contohnya, hal ini lantaran segala jenis sektor dapat memanfaatkan Internet demi kelancaran bisnisnya. Di satu sisi, ini merupakan hal yang bagus namun juga buruk secara bersamaan. Banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk melakukan kejahatan sehingga dibutuhkan sistem Cyber Security

Salah satu kejahatan yang paling terkenal di dunia maya adalah serangan siber atau Cyber Attack. Para hacker atau peretas memanfaatkan teknologi dan Internet untuk melakukan tindak kriminal dengan menembus sistem sensitif suatu website. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi, perusahaan-perusahaan wajib memiliki sistem Cyber Security yang andal.

Pentingnya Sebuah Perusahaan Memiliki Cyber Security

Cyber Security atau keamanan siber merupakan sebuah penerapan teknologi yang berperan untuk melindungi komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan, dan data diri dari berbagai jenis serangan dunia maya. Secara singkat, Cyber Security juga dikenal dengan sistem keamanan teknologi informasi dan elektronik. Keamanan Siber bertujuan untuk mengurangi risiko serangan dunia maya dari para hacker, dan melindungi seluruh data dan informasi pada suatu website

Sampai saat ini, telah terjadi ribuan atau bahkan lebih kejahatan yang terjadi di dunia maya. Pihak yang dirugikan dari adanya serangan ini bukan hanya para perusahaan, namun juga para pelanggan yang menggunakan layanan dari perusahaan tersebut. Maka dari itu, keamanan siber wajib dimiliki oleh seluruh perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk kelancaran bisnisnya. 

BACA JUGA;

Alasan Perusahaan Wajib Memiliki Cyber Security

Berikut beberapa alasan mengapa perusahaan wajib memiliki sistem Cyber Security:

1. Terhindar dari serangan siber

Alasan utama yang harus dipertimbangkan oleh banyak perusahaan untuk memiliki Cyber Security adalah agar terhindar dari adanya ancaman serangan siber. Kita tidak akan pernah tahu kapan serangan tersebut akan datang. Sebagai antisipasinya, perusahaan harus memiliki keamanan siber untuk menjaga keamanan data tetap terjamin. 

2. Melindungi perusahaan dari kerugian besar

Apabila situs website perusahaan terkena serangan siber, maka segala jenis data perusahaan akan ikut tercuri oleh para peretas. Data perusahaan yang sangat fatal apabila tercuri adalah mengenai informasi para pelanggan. Karena bagaimanapun juga, pihak perusahaan nantinya harus bertanggung jawab apabila terjadi kerugian para pelanggan. Tentunya kerugian tersebut tidaklah kecil, maka dari itu untuk melindungi perusahaan dari kerugian besar, perusahaan harus menerapkan langkah-langkah keamanan siber dengan baik dan benar. 

3. Teknologi semakin maju

Tidak dapat kita pungkiri bahwa dari tahun ke tahun teknologi semakin maju. Hal ini memang baik, namun sayangnya dari kemajuan teknologi tersebut ada banyak para peretas yang memanfaatkan keadaan ini. Berkembangnya teknologi membuat mereka para peretas semakin pintar dalam memainkan teknologi. Sehingga, kejahatan siber akan terus semakin banyak dan tidak akan pernah pergi. Untuk menyiasatinya, mau tidak mau perusahaan harus memiliki keamanan siber agar perusahaan terlindung dari adanya ancaman serangan siber. 

4. Mempertahankan pelanggan

Apabila sebuah perusahaan terkena serangan siber, tentunya rasa kepercayaan pelanggan akan memudar. Akibatnya, para pelanggan akan pergi dan risiko terbesar yang akan terjadi perusahaan akan sangat mudah untuk gulung tikar. Demi mempertahankan pelanggan dengan baik, perusahaan tentunya harus memberikan yang terbaik, salah satunya adalah dengan memiliki Cyber Security dengan tujuan untuk memberikan rasa kepercayaan yang tinggi kepada para pelanggan.