Berita & Acara

Apa Itu Server dan Seberapa Penting Keberadaannya?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Siapa pun pasti pernah mendengar apa itu Server. Saat kita menggunakan Internet, secara tidak sadar kita telah menggunakan server. Keberadaannya pun cukup penting karena berhubungan langsung dengan jaringan Internet. 

Terlepas dari itu semua, tahukah Anda apa definisi lebih dalam mengenai server? Mari kita bahas di bawah ini.

Apa Itu Server dan Seberapa Penting Keberadaannya?

Server merupakan komputer atau perangkat yang bertujuan untuk mengelola sumber daya jaringan. Server juga menyediakan layanan ke program komputer lain dan penggunanya yang biasa disebut dengan klien. Secara sederhananya, server adalah mesin yang menggerakkan organisasi dengan menyediakan perangkat serta sistem jaringan dengan sumber daya yang memadai.

Apa sebenarnya tujuan dari penggunaan server? Bukan tidak lain untuk mengelola sumber daya jaringan, mulai dari mengirimkan data, mengontrol akses, menerima dan mengirim email, dan beberapa hal lainnya. Dengan jaringan lokal, server terhubung ke router yang digunakan oleh semua komputer lain di jaringan, yang mana dapat digunakan untuk mengakses beberapa fitur sampai layanan server

Cara Kerja Server

Server bekerja apabila ada permintaan khusus dari klien yang terhubung dalam satu jaringan yang sama. Klien akan mengirim permintaan ke server, apabila permintaan tersebut telah diterima selanjutnya server akan memprosesnya hingga selesai.

Setelah itu, server akan mengembalikannya lagi kepada klien yang telah mengirimkan permintaan. Server juga dapat mengelola sumber daya jaringan dan melakukan perhitungan yang intens. Bahkan beberapa server telah berkomitmen untuk melakukan beberapa tugas tertentu. 

Karena bertugas untuk menyediakan lingkungan dengan semua persyaratan yang diperlukan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi, maka dari itu server terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  1. Cloud Server, yaitu server virtual yang berjalan pada lingkungan Cloud..
  2. Web Server, pada umumnya web server merujuk pada hardware, yang mana komputer lah yang akan menyimpan perangkat lunak server web dan file komponen situs web. Dari segi software atau perangkat lunak, mencakup beberapa bagian yang mengontrol bagaimana pengguna web mengakses file yang di-hosting.
  3. Mail Server, yaitu sistem komputer yang dapat mengirim dan menerima email.
  4. Application Server, sistem perangkat lunak atau software yang berada di antara sistem operasi (OS), sumber daya eksternal, dan aplikasi pengguna. 
  5. DNS atau Domain Name Services, yaitu sistem yang dapat mengubah nama domain menjadi alamat IP, yang browser gunakan untuk memuat halaman pada Internet.

BACA JUGA:

Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Apa itu CAPTCHA Serta Fungsinya pada Sebuah Website

Pengertian Serta Fungsi DNS pada Website

Meskipun terbagi menjadi beberapa jenis, pada umumnya semua server menawarkan beberapa fitur ke jaringan yang mereka layani, antara lain yaitu:

  1. Melayani sejumlah perangkat, pengguna, yang akan terus bertambah.
  2. Memberikan kekuatan pemrosesan tinggi dengan spesifikasi RAM dan CPU yang meningkat dengan tujuan untuk meringankan beban kerja jaringan. 
  3. Memastikan sistem tetap online atau tersedia.
  4. Menghemat biaya dari waktu ke waktu, karena pada dasarnya server dapat membantu mengurangi tekanan pada sebuah perangkat jaringan. 

Server dapat melakukan semua yang dapat komputer desktop standar lakukan dan banyak lagi. Sebaliknya, komputer dapat menjalankan proses server, tetapi sejauh ini kurang produktif. Umumnya, server menawarkan fitur berikut ke jaringan yang mereka layani.
Itu dia penjelasan mengenai apa itu server dan seberapa penting keberadaannya.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.