Menu Close

Berita & Acara

Pahami Apa Itu Hyperlink, Fungsi dan Cara Membuatnya

apa itu hyperlink
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Aktivitas browsing makin mudah apabila Anda membuat hyperlink dalam satu halaman website. Hyperlink juga menunjang website Anda agar bisa mendapat peringkat teratas di halaman hasil pencarian. Namun, sudahkah Anda mengetahui apa itu hyperlink dan apa saja fungsinya dalam sebuah website? Simak artikel ini untuk memahami tentang apa itu hyperlink beserta cara membuatnya dalam website Anda.

Mengenal Apa itu Hyperlink

Hyperlink adalah bagian teks, gambar, atau artikel yang bisa diklik karena memiliki link atau tautan di dalamnya. Biasanya, hyperlink memiliki tampilan berupa teks berwarna biru dan bergaris bawah, tetapi bisa pula disesuaikan dengan pengaturan font pada masing-masing website. Intinya, teks hyperlink terlihat lebih berbeda agar lebih menonjol dan bisa dikenali oleh pengunjung website

Tautan dalam hyperlink tersebut bisa mengarah ke halaman lain dalam website yang sama atau berbeda. Hyperlink bisa membantu pembaca untuk menjelajahi bagian lain dalam suatu website tanpa perlu mencarinya. Ada pun halaman lain dalam website tersebut bisa berupa artikel dengan topik yang terkait atau halaman produk.

Contohnya sering ditemukan pada artikel yang telah diterbitkan di website Cloudeka. Di bagian akhir artikel, Cloudeka selalu merekomendasikan produk yang terkait dengan artikel untuk menjawab kebutuhan Anda. Nama produk tersebut dibuat dalam bentuk hyperlink sehingga Anda bisa mengeklik dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Apa itu URL

Fungsi Hyperlink

Sekilas dijelaskan bahwa hyperlink berfungsi untuk membantu pengunjung untuk mengakses informasi atau halaman terkait dalam website. Hyperlink merupakan salah satu fungsi dalam HTML (Hypertext Markup Language) yang memudahkan pembaca untuk mencari informasi lainnya.

Namun, hyperlink juga bisa meningkatkan ranking SEO (Search Engine Optimization) website Anda. Pasalnya, algoritma mesin pencari tidak hanya melihat kualitas konten dan jumlah keyword, tetapi penggunaan hyperlink pula. Namun, Anda perlu menggunakan strategi hyperlink dengan tepat agar ranking website-nya tidak turun.

Strategi hyperlink yang bisa meningkatkan ranking website yaitu tidak menggunakan terlalu banyak link dalam satu halaman website karena dapat membuat pengunjung merasa tidak nyaman saat membaca artikelnya. Hyperlink juga tidak boleh diletakkan secara berdekatan supaya pengunjung tidak salah mengeklik anchor text yang diinginkan.

Selain itu, Hyperlink juga bisa berfungsi untuk meningkatkan traffic dan kredibilitas suatu website. Contohnya, ada website yang membuat hyperlink ke website Anda dalam kontennya. Pengunjung website akan mengeklik hyperlink dalam artikel tersebut sehingga traffic kunjungan website Anda pun bertambah. Hyperlink juga ideal untuk membuat call-to-action sehingga angka konversi pembelian pun bertambah.

Baca juga: Apa Itu FAQ? Manfaat, Contoh dan Tips Membuatnya!

3 Jenis-Jenis Hyperlink

Ada beberapa jenis hyperlink yang lazim digunakan dalam website. Apa saja? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Absolute Address

Absolute address merupakan jenis hyperlink yang mengarahkan pengunjung ke alamat website tertentu sehingga membutuhkan koneksi Internet untuk mengekliknya. Alamat website atau URL yang digunakan mencakup network location, protocol, path, atau nama file tertentu. Jenis inilah yang paling sering ditemukan di beberapa website. Fungsinya yaitu menghubungkan pengunjung ke halaman tertentu atau sebagai sumber tulisan.

Hyperlink jenis absolute address dipasang agar pengunjung tidak berhenti mengakses satu halaman website saja. Hal ini tentu bermanfaat pada peningkatan traffic website, terutama pada halaman tertentu.

Baca juga: Apa itu CAPTCHA Serta Fungsinya pada Sebuah Website

2. Relative Address

Relative address memiliki fungsi yang sama dengan absolute address, yaitu menghubungkan ke halaman tertentu. Perbedaannya terletak pada cara penerapannya. URL yang digunakan dalam jenis ini berbentuk alamat yang relatif. Artinya, URL tersebut tidak mencantumkan network location dan network protocol, tetapi nama file dan path saja.

3. Link Section

Jenis hyperlink ini tidak hanya digunakan pada website, tetapi juga dokumen. Link section merupakan hyperlink yang mengarah pada bagian atau paragraf tertentu dalam halaman website tujuan. Pengunjung pun akan lebih mudah melakukan pencarian mengenai bagian artikel yang terkait tanpa perlu membaca keseluruhan artikelnya.

Cara Membuat Hyperlink

Ada dua cara membuat hyperlink dalam website tergantung dari platform yang digunakan. Apabila menggunakan Content Management System (CMS), Anda cukup memblok bagian teks tertentu, kemudian masukkan hyperlink melalui menu yang tersedia. Cara lainnya, Anda bisa membuat hyperlink dengan kode HTML berbentuk tag <a>.

Rumus untuk membuat hyperlink yaitu <a href=”URL situs Anda”>Anchor Text yang ingin dibuat</a>. Lihat contoh di bawah ini agar lebih jelas.

  • <a href=”https://www.cloudeka.id/blog/news/web-development/what-is-a-faq-does-a-website-really-need-it/”>What Is FAQ</a>. 

Hyperlink tersebut akan menampilkan tulisan ‘What is FAQ’ dengan format yang berbeda dan akan mengarah ke URL tersebut.

  • <a href=”https://www.cloudeka.id/contact-us”>Hubungi kami</a>.

Hyperlink tersebut menampilkan tulisan ‘Hubungi kami’ dan mengarah ke halaman berisi formulir yang bisa diisi sesuai kebutuhan Anda.

Tentunya Anda perlu membuat artikel terlebih dahulu sebelum memasukkan hyperlink dalam bagian teksnya. Anda pun harus menentukan topik yang relevan dan diminati oleh pengunjung website terlebih dahulu sebelum membuat artikelnya. Kini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk brainstorming dan mencari topik artikel karena Deka Sense yang sangat membantu untuk pekerjaan ini.

Deka Sense juga bisa melacak popularitas perusahaan atau merek dagang Anda di dunia maya. Aplikasi ini dibekali pula dengan PCI DSS Cloud yang bisa menjaga kerahasiaan data pelanggan Anda agar tidak terjadi insiden kebocoran data. Aplikasi yang multifungsi untuk perusahaan Anda, bukan? Hubungi kami dan rasakan manfaat Deka Sense sekarang juga. Mudahkan proses pengerjaan artikel untuk website Anda hanya dengan produk andalan Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.