Menu Close

Berita & Acara

Kenali Jenis-Jenis Artikel yang Menguntungkan untuk Bisnis

Jenis-Jenis Artikel
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, jenis-jenis artikel memiliki peran yang cukup besar terutama dalam memperkenalkan produk. Bersamaan dengan penerbitan sebuah artikel pada website atau platform bisnis lainnya, Anda juga dapat sekaligus meningkatkan brand awareness pada pembaca. 

Artikel adalah karya tulis yang ditulis secara lengkap dengan berbagai informasi, pendapat, kritik, atau gagasan di dalamnya. Secara umum, artikel memang ditujukan untuk memengaruhi, mendidik, dan memberi tahu pembaca tentang sebuah informasi atau kejadian. 

Apabila Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis dengan artikel, ketahui jenis-jenis artikel melalui artikel di bawah ini. 

5 Jenis-jenis Artikel

Artikel memiliki beberapa jenis yang berbeda berdasarkan fungsi, isi, dan bentuk tulisannya. Dalam membuat artikel, Anda dapat membuat bacaan panjang atau singkat tergantung pada seberapa banyak informasi yang akan disampaikan. Berikut ini merupakan jenis-jenis artikel untuk Anda ketahui:

1. Artikel Narasi

Artikel narasi adalah jenis artikel yang berisi tentang cerita atas sebuah peristiwa atau pengalaman secara tersusun mulai dari awal hingga akhir. Umumnya, sebuah artikel narasi terdapat tokoh dengan alur cerita yang memiliki konflik beserta penyelesaian di dalamnya. Sebagai contoh, cerita perjalanan berlibur, biografi, kisah tentang kehidupan masa lalu, dan lain sebagainya.

2. Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi berisi tentang berbagai informasi sebuah topik atau tema yang bertujuan untuk memberikan wawasan, pengetahuan, dan menjawab pertanyaan masyarakat seputar topik terkait. Selain itu artikel eksposisi juga bertujuan untuk menjelaskan sebuah topik secara khusus dan disertai dengan gambar atau grafik.

Dalam dunia bisnis, jenis artikel eksposisi ini adalah artikel yang banyak digunakan. Informasi artikel diberikan sesuai dengan kategori brand Anda, sehingga pembaca dapat menerima informasi yang dibutuhkan sekaligus mengenal produk yang mungkin saja dapat menjadi solusi dari permasalahan yang dialami.

Baca juga: Mengenal Mind Mapping Bisnis

3. Artikel Deskripsi

Jenis artikel deskripsi umumnya menjelaskan sebuah hal yang dilihat secara langsung dengan terperinci agar pembaca dapat ikut merasakan, melihat, dan mendengar isi artikel. Informasi dalam artikel deskripsi harus berupa kejadian, peristiwa, permasalahan, dan lain sebagainya, yang nyata dan sesuai dengan fakta.

4. Artikel Ilmiah 

Di antara ketiga artikel sebelumnya, artikel ilmiah merupakan jenis artikel formal dan umumnya digunakan dalam sebuah instansi. Artikel ilmiah berisi tentang laporan sebuah hasil penelitian, penjabaran analisis serta pendapat ahli, dan lain sebagainya. Jenis artikel ilmiah dapat Anda lihat pada tugas perkuliahan, tugas akhir seperti skripsi dan tesis, dan artikel penelitian lainnya.

Penulisan artikel ilmiah tidak perlu terlalu panjang, cukup singkat namun jelas dan seluruh informasi dapat tersampaikan di dalamnya. Meski demikian, panjang pendeknya tulisan tidak memengaruhi nilai ilmiahnya.

5. Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah artikel yang ditujukan untuk menarik pembaca melakukan sesuatu. Umumnya artikel ini digunakan untuk mengarahkan pembaca melakukan pembelian sebuah produk secara terang-terangan. 

Selain itu, artikel persuasi juga dimanfaatkan untuk menulis informasi sebagai alat kampanye seperti anti narkoba, anti rokok, dan lain-lain. Artikel persuasi digunakan pada beberapa artikel bisnis penjualan untuk memperkenalkan produk secara terbuka.

Baca juga: Customer Engagement Adalah Elemen Penting dalam Bisnis

3 Manfaat Artikel untuk Bisnis Online

Berbicara mengenai perkembangan bisnis, artikel berperan penting untuk menjangkau lebih banyak pelanggan bahkan pada mereka yang belum mengetahui brand Anda sekalipun. Artikel memiliki berbagai manfaat yang dapat menjadi alasan mengapa penulisannya menjadi hal penting. Adapun manfaat artikel untuk bisnis online antara lain:

1. Mudah Dijangkau 

Membuat artikel dalam situs web dengan keyword dan informasi yang sesuai. Apabila isi ditulis sesuai dengan keyword yang direncanakan, maka artikel akan berpotensi muncul pada hasil mesin pencarian dan mudah dijangkau oleh seluruh pengguna internet. 

2. Meningkatkan Traffic 

Bisnis online yang memanfaatkan blog sebagai alat promosi dan penyedia informasi umumnya memiliki peningkatan pengunjung, sehingga semakin banyak orang yang mengetahui produk dan nama brand

Hal ini disebabkan oleh isi artikel yang relevan dengan masalah yang dihadapi oleh pengunjung beserta kebutuhan akan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. 

3. Menghemat Biaya Promosi

Memanfaatkan penulisan artikel dalam website dapat menjadi salah satu sarana pemasaran yang murah bahkan gratis. Anda tidak lagi membutuhkan biaya promosi tambahan sebab artikel yang ditulis telah membantu menyebarkan informasi seputar brand secara terselubung ataupun langsung pada informasi yang diberikan. 

Produk Anda dapat hadir dalam artikel sebagai salah satu solusi permasalahan yang dialami pengguna internet, dengan begitu pengguna dapat mulai melihat situs serta deskripsi produk dan brand.

Baca juga: Mengetahui Peranan Micro Influencer dalam Social Media Marketing

4 Tips Membuat Artikel yang Baik untuk Bisnis Online

Menulis jenis-jenis artikel harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan artikel tersebut, agar informasi di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik. Termasuk dalam menulis artikel untuk bisnis online. Berikut tips yang dapat Anda terapkan dalam menulis artikel bisnis:

1. Memilih Keyword yang Tepat

Hal utama yang harus diperhatikan adalah penggunaan keyword. Penggunaan keyword dapat membantu artikel muncul pada halaman hasil mesin pencarian, maka dari itu memilih keyword harus tepat dan sesuai dengan tema brand.

2. Fokuskan Isi Artikel

Setiap artikel yang ditulis harus fokus pada satu topik. Hal ini akan membantu pengunjung lebih mudah dalam menyerap informasi sebab penyampaian yang jelas, runtut, dan lengkap.

3. Riset 

Sebelum menentukan keyword, lakukan riset mengenai permasalahan yang paling banyak dicari pada mesin pencarian. Riset ini nantinya akan memberikan hasil yang membantu Anda memilih keyword dan menyusun struktur artikel.

4. Berikan Link Produk

Untuk membantu memudahkan pembaca menemukan produk atau kontak dari brand Anda, berikan link pada paragraf akhir artikel secara terselubung dengan menautkan link tersebut dalam kata atau kalimat yang relevan dengan produk tersebut.

Itu dia informasi mengenai tips dan jenis-jenis artikel yang dapat Anda manfaatkan dalam memasarkan produk melalui website. Dalam menulis sebuah artikel untuk iklan, arahkan pembaca untuk menggunakan produk Anda sebagai solusi dengan berbagai kelebihan brand

Selain artikel dalam website, sebuah bisnis juga membutuhkan layanan Cloud untuk mengembangkan bisnis. Maka dari itu, Cloudeka hadir untuk memenuhi kebutuhan Cloud baik pada perusahaan kecil maupun besar dan berupaya untuk meningkatkan bisnis melalui layanan Cloud tersebut. 
Untuk segala kemudahan pengelolaan data, server, dan kepentingan bisnis yang berhubungan dengan Cloud, hubungi Cloudeka sekarang juga untuk menemukan solusinya.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.