Menu Close

Berita & Acara

Memahami Apa Itu Cloud Storage dan Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Data yang masuk setiap harinya dapat membuat penyimpanan pada komputer semakin penuh. Salah satu dampaknya adalah kinerja komputer dapat menjadi lambat. Maka dari itu, untuk mengatasinya kita dapat memindahkan data-data tersebut ke dalam penyimpanan internal, contohnya seperti Cloud Storage. Apa itu Cloud Storage? Pada dasarnya ini merupakan sebuah model Cloud yang mana kita dapat menyimpan segala jenis data di Internet. 

Menyimpan data pada tempat ini cukup efisien daripada harus menyimpannya pada tempat penyimpanan fisik. Kita tidak akan tahu kapan kejadian apa yang akan terjadi, mulai dari kehilangan, pencurian sampai kerusakan. Maka dari itu, penyimpanan internal ini cukup efisien apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang sekalipun. 

Apa Itu Cloud Storage dan Manfaatnya pada Dunia Bisnis

Ketika berbicara mengenai tempat penyimpanan data, maka Cloud Storage akan menjadi hal yang dibicarakan untuk pertama kalinya. Cloud Storage sendiri merupakan sebuah model dari Cloud yang mana dapat menyimpan seluruh data di Internet melalui penyedia layanan Cloud. 

Anda dapat menyimpan data pada luar situs yang Anda akses baik melalui koneksi Internet khusus maupun publik. Model layanan ini juga dapat mentransmisikan dan menyimpan data pada sistem penyimpanan jarak jauh. Hanya melalui Internet, Anda dapat memelihara, mencadangkan, dan menyediakan data. 

BACA JUGA:

Untuk menggunakan layanan penyimpanan ini, Anda harus membelinya pada pihak penyedia layanan yang memiliki kapasitas penyimpanan data, kemudian mengirimkannya melalui Internet dalam model bayar sesuai dengan pemakaian. Cloud Storage menggunakan server untuk menyimpan data. Sama seperti jaringan local storage, namun data yang terkirim ke server di lokasi berada di luar lokasi. Sebagian besar server yang Anda gunakan merupakan virtual machine yang telah terhosting oleh server fisik. 

Cloud Storage terdiri dari 3 penyimpanan berbeda, yaitu:

1. Public Cloud

Dapat diakses oleh siapapun menggunakan semua jenis perangkat. Karena memang untuk publik, maka pihak penyedia layanan yang akan bertanggung jawab atas pemeliharaan dan sebagainya. 

2. Private Cloud 

Penyimpanan ini bersifat rahasia, hanya para pelanggan yang dapat mengakses data yang tersimpan. Anda sebagai pengguna dapat mengambil kendali penuh atas penyimpanan ini. Bahkan, Anda dapat membangun Private Cloud yang hanya dapat Anda akses menggunakan jaringan pribadi. 

3. Hybrid Cloud

Penyimpanan ini merupakan gabungan antara Public dan Private Cloud. Jadi, Anda sebagai pengguna dapat menentukan sendiri ingin menyimpan data dengan menggunakan Cloud yang mana. Khusus untuk data sensitif perusahaan, Anda dapat menyimpannya pada Private Cloud, sedangkan data yang tidak bersifat rahasia, dapat Anda simpan pada Public Cloud.

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage dalam Dunia Bisnis

Banyak perusahaan memilih menggunakan penyimpanan ini lantaran dapat menghemat biaya pengeluaran perusahaan, kemudian Anda sebagai pengguna juga tidak harus melakukan pemeliharaan karena yang melakukannya adalah pihak penyedia layanan, dan terakhir yang paling penting, penyimpanan ini dapat membantu melancarkan kelangsungan bisnis yang sedang Anda jalani.

Ingin mengetahui mengenai Cloud Storage lebih dalam? klik di sini.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.