Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu DaaS Cloud Computing? Arti dan Bedanya dengan CaaS

DaaS Cloud Computing
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Pernahkah Anda mendengar istilah DaaS Cloud Computing? Istilah ini merujuk pada proses manajemen data yang populer digunakan pada saat ini, seiring dengan berkembangnya teknologi Cloud. DaaS juga merupakan salah satu jenis layanan Cloud Computing bersamaan dengan IaaS, SaaS, maupun PaaS.

Banyak perusahaan mulai mempertimbangkan penggunaan DaaS Cloud Computing karena kelebihan yang ditawarkannya, mulai dari waktu proses pengaturan yang tidak memakan banyak waktu, fleksibilitas dalam peningkatan kualitas layanan, hingga biaya yang lebih ekonomis.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan DaaS Cloud Computing itu? Apa saja kelebihan yang dimiliki teknologi ini? Mari kita kupas tuntas lebih dalam tentang DaaS Cloud Computing melalui ulasan lengkap berikut ini.

Apa Itu DaaS dalam Cloud Computing?

Data-as-a-Service atau yang sering disingkat sebagai DaaS adalah strategi manajemen data berbasis Cloud untuk menyediakan penyimpanan data, integrasi, pemrosesan, dan layanan analitik melalui koneksi jaringan.

Dalam layanan DaaS, perusahaan tidak perlu memiliki infrastruktur dan resource yang rumit untuk mengelola data. Namun, mereka bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh provider DaaS untuk mengolah dan menganalisis data yang diperlukan, baik data pelanggan, data keuangan, maupun data perusahaan lainnya.

Baca juga: Pengenalan Database-as-a-Service (DBaaS): Definisi dan Konsep

Apa Saja Kelebihan DaaS Cloud Computing?

DaaS memberikan beberapa kelebihan dari segi kecepatan dan kinerjanya. Beberapa kelebihan DaaS Cloud Computing adalah:

1. Waktu Pemasangan yang Lebih Singkat

Proses pemasangan (setup) DaaS tidak memakan waktu yang lama. Anda hanya memerlukan waktu singkat untuk mengatur infrastruktur dan menginstal software sehingga layanan ini bisa segera dimanfaatkan.

2. Fungsionalitas

Infrastruktur Cloud yang digunakan dalam DaaS memiliki tingkat kegagalan yang lebih rendah dibandingkan dengan infrastruktur on-premise. Artinya, beban kerja DaaS memiliki risiko downtime atau gangguan yang lebih rendah. Tingkat keandalan DaaS yang tinggi tentu memberikan performa yang lebih baik dan bisa digunakan dengan lancar oleh penggunanya.

3. Fleksibilitas

DaaS menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan alternatif onpremises. Dalam DaaS, sumber daya Cloud dapat dialokasikan secara instan untuk memenuhi kebutuhan workload data yang sering berubah. Apabila Anda membutuhkan peningkatan kapasitas penyimpanan atau pemrosesan data, prosesnya bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu lama.

4. Penghematan Biaya

DaaS memberikan keuntungan berupa pengelolaan dan pengolahan data dengan biaya yang lebih efisien. Anda hanya perlu membayar untuk resource yang dibutuhkan sehingga bisa menghindari penggunaan sumber daya yang dianggap kurang perlu. Selain itu, pengelolaan biaya DaaS lebih mudah karena Anda dapat menyesuaikan alokasi resources sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berubah seiring berjalannya waktu.

5. Pemeliharaan Otomatis

Dalam platform DaaS, perangkat dan layanan tersedia akan dikelola dan diperbarui secara otomatis oleh provider DaaS. Anda maupun tim IT perusahaan tidak perlu mengelola perangkat DaaS apabila belum memiliki kemampuan yang memadai untuk mengoperasikannya. Otomatisasi dalam pemeliharaan ini akan membantu Anda agar tetap fokus pada pekerjaan lainnya.

6. Mengurangi Kebutuhan Tenaga IT

Dengan menggunakan platform DaaS, Anda tidak perlu memiliki karyawan yang ditugaskan khusus untuk mengelola dan mengatur infrastruktur data. Tugas tersebut akan ditangani oleh provider DaaS sehingga Anda bisa mengurangi kebutuhan akan karyawan yang mahir di bidang ini. Tentunya Anda bisa menghemat biaya tenaga kerja serta memberi kesempatan kepada karyawan internal untuk fokus pada tugas yang lebih penting untuk dikerjakan.

Baca juga: PaaS vs IaaS vs SaaS: Kenali Karakteristik dan Kapan Harus Menggunakannya

Apa Saja Perbedaan DaaS dan CaaS dalam Layanan Cloud Computing?

Data-as-a-Service (DaaS) sekilas terlihat mirip seperti Communication-as-a-Service (CaaS) karena sama-sama berbasis Cloud, padahal keduanya merupakan layanan yang berbeda. Seperti apa perbedaan antara DaaS dan CaaS? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Fokus Layanan

DaaS berfokus pada penyediaan layanan terkait manajemen, penyimpanan, integrasi, dan pemrosesan data melalui Cloud. Selain itu, DaaS bertujuan untuk memudahkan akses dan pengelolaan data bagi pengguna. Sedangkan CaaS berfokus pada penyediaan layanan komunikasi berbasis Cloud yang mencakup beberapa fitur komunikasi, seperti panggilan suara (voice call), panggilan konferensi (conference call), dan instant messaging yang memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan efisien melalui platform Cloud.

2. Jenis Layanan

Layanan yang disediakan oleh DaaS berkaitan dengan pengelolaan data, seperti penyimpanan, integrasi, pemrosesan, dan analitis data. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengelola dan memanfaatkan data secara lebih efisien. Sementara itu, CaaS menyediakan layanan komunikasi, seperti layanan VoIP (Voice over Internet Protocol), conference call, maupun messaging. Tujuannya yaitu memfasilitasi komunikasi dan kolaborasi yang lancar di antara pengguna yang terhubung dalam satu layanan Cloud.

3. Tujuan Penggunaan

DaaS digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan memanfaatkan data secara efektif. Alhasil, perusahaan bisa mengakses, mengintegrasikan, serta menganalisis data dengan lebih mudah untuk memperoleh informasi dan pengambilan keputusan yang tepat. Sedangkan CaaS bertujuan untuk meningkatkan efisiensi komunikasi dan kolaborasi secara internal maupun eksternal.

4. Contoh Penggunaan

Lebih baik Anda memahami perbedaan DaaS dan CaaS melalui contoh penggunaannya. Contoh aplikasi DaaS adalah ketika perusahaan menyimpan dan menganalisis data pelanggan melalui platform Cloud yang disediakan oleh provider DaaS. Perusahaan bisa mengoptimalkan database yang tersedia untuk pengambilan keputusan atau menentukan strategi berdasarkan data yang ada.

Sedangkan CaaS lebih digunakan untuk kolaborasi. Contohnya, karyawan yang sedang bekerja dari rumah (Work From Home). Mereka menggunakan platform CaaS agar bisa saling terhubung secara online, baik itu mengadakan rapat, membagikan dokumen, maupun berkomunikasi secara real-time. Karyawan tetap bisa terhubung dan bekerja sama dengan baik tanpa harus khawatir karena keterbatasan infrastruktur komunikasi tradisional

Baca juga: Memilih IaaS dan PaaS: Mana yang Paling Cocok untuk Aplikasi Anda?

Singkatnya, DaaS berbeda dengan CaaS dari segi layanan yang disediakan serta tujuan penggunaannya. DaaS digunakan untuk manajemen data, sedangkan CaaS diimplementasikan pada penyediaan alat komunikasi agar karyawan yang terlibat dalam pekerjaan bisa saling terhubung.

Setelah mengenal tentang DaaS Cloud Computing, apakah Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini? Kini, Anda bisa memperoleh layanan DaaS Cloud Computing dengan mudah hanya di Cloudeka. 

Ada banyak layanan Cloud Computing yang kami sediakan, mulai dari Deka Prime dan Deka Flexi yang merupakan Public Cloud serta Deka Vault yang berfungsi sebagai Cloud Backup and Disaster Recovery. Tidak hanya itu, kami juga menyediakan layanan keamanan perangkat seperti Next Generation Firewall, Deka Web Application Firewall, dan Load Balancer untuk menghindari potensi kerugian akibat penyalahgunaan data yang tersimpan dalam layanan Cloud Computing yang Anda gunakan.
Anda bisa berkonsultasi bersama kami untuk mencari tahu layanan Cloud yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut tentang layanan yang tersedia di Cloudeka. Tingkatkan efisiensi manajemen data perusahaan Anda hanya dengan layanan Cloud Computing andalan dari Cloudeka sebagai penyedia Cloud Hosting Indonesia.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.