Menu Close

Berita & Acara

Meta Tag: Fungsi, Jenis, Contoh, Dan Cara Memasangnya

meta tag adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Meta tag adalah aspek penting dari Search Engine Optimization (SEO) yang sering terabaikan. Banyak pemilik website yang fokus membuat konten bagus dan membangun backlink, tetapi sering melupakan pentingnya mengoptimasi meta tag suatu halaman website-nya. Meta tag pada dasarnya merupakan kode HTML yang berperan penting dalam membantu mesin pencarian untuk memahami isi konten website Anda.

Website Anda tidak akan menempati halaman pertama hasil mesin pencarian atau Search Engine Result Page (SERP) apabila tidak menerapkan meta tag pada halaman konten. Alhasil, website akan mendapatkan traffic yang lebih rendah sehingga angka konversi (conversion rate) juga berkurang. Masalah ini tentu berdampak pada pendapatan bisnis yang lebih sedikit dari penjualan di website e-commerce.

Artikel ini akan mengulas tentang meta tag dan cara memasangnya untuk hasil SEO yang lebih baik. Anda akan mendapatkan wawasan berharga yang bisa meningkatkan peringkat website di SERP. Mari simak ulasannya sampai selesai!

Baca juga: Apa Itu SEO? Memahami Pengertian, Cara Kerja, Hingga Kegunaannya dalam Bisnis

Mengenal Meta Tag

Meta tag adalah kode HTML yang mendefinisikan metadata tentang suatu konten website. Metadata ini tidak akan ditampilkan pada halaman website, tetapi diolah dengan mesin untuk optimasi SEO. Browser menggunakan metadata untuk menampilkan konten atau memuat ulang (refresh) halaman. Sedangkan mesin pencarian menggunakan metadata untuk mengindeks kata kunci yang digunakan pada suatu halaman konten.

Meta tag merupakan bagian dari strategi SEO on-page yang berfungsi untuk memberikan informasi singkat mengenai isi halaman website kepada mesin pencarian. Meta tag bukan satu-satunya faktor penentu peringkat di mesin pencarian, tetapi Anda harus menggunakannya dengan tepat agar bisa dipahami oleh mesin pencari. 

Terdapat tiga jenis meta tag yang penting untuk SEO, yaitu meta title, meta description, dan meta keyword. Bagaimana fungsi masing-masing meta tag tersebut dalam optimasi SEO on-page?

1. Meta Keyword

Meta keyword berguna untuk mendeskripsikan kata kunci atau topik utama dari suatu halaman website. Meta keywords biasanya ditulis dengan huruf kecil dan dipisahkan oleh koma. Anda perlu memilih kata kunci yang relevan dengan halaman tersebut dalam membuat meta keyword agar bisa dipahami oleh mesin pencarian.

Seiring berkembangnya algoritma mesin pencarian, penggunaan meta keyword saat ini sudah tidak terlalu penting lagi. Google bahkan tidak lagi mempertimbangkan meta keyword dalam menentukan peringkat suatu halaman website di SERP.

2. Meta Title

Meta title adalah judul halaman website yang muncul di SERP dan bisa diklik. Fungsinya adalah memberikan informasi tentang topik utama dari sebuah halaman dan isinya bagi mesin pencari dan pengguna Internet. Oleh karena itu, judul halaman sebaiknya ditulis dengan tepat, unik, dan menarik. 

Meta title sangat penting bagi mesin pencari untuk memahami isi halaman Anda. Selain itu, tag ini juga memberikan kesan pertama pada pembaca saat mencari sebuah topik. Meta title yang menarik mampu mendorong pembaca untuk mengunjungi halaman tersebut.

3. Meta Description

Meta description adalah penjelasan singkat tentang suatu halaman website. Meta description terletak di bagian bawah meta title ketika dilihat pada SERP. Walaupun tidak memengaruhi peringkat Google, meta description ini sangat penting karena bisa meningkatkan Click-Through Rate (CTR). Pengunjung akan memiliki gambaran konten melalui meta description

Meta description harus singkat, jelas, dan kreatif agar bisa menarik perhatian pengunjung. Kolom deskripsi ini tidak terlalu panjang. Pasalnya, mesin pencari seperti Google membatasi jumlah karakter meta description menjadi sekitar 155-160 saja.

Fungsi Meta Tag

Meta tag berperan penting dalam optimasi website. Salah satu fungsinya adalah memudahkan Google dalam mengindeks halaman website. Google akan mencocokkan keyword yang digunakan pada halaman tersebut dengan hasil pencarian. Selain itu, meta tag juga memberikan informasi atau gambaran tentang isi konten website secara umum kepada pengguna Internet.

Meta description dan meta title juga berguna untuk menarik perhatian pengguna agar mengeklik website Anda. Traffic website Anda bisa meningkat dengan penulisan meta description dan meta title yang menarik. Perlu diingat bahwa meta tag bukanlah satu-satunya faktor penentu peringkat di hasil pencarian Google, melainkan ada faktor SEO off-page yang juga harus dioptimalkan.

Google memang menyatakan bahwa kata kunci atau meta keyword tidak lagi menentukan peringkat website di SERP. Namun, beberapa ahli SEO masih menyarankan agar Anda tetap menambahkan meta keyword agar optimasi website lebih maksimal.

Cara Memasang Meta Tag dengan Mudah 

Anda pasti sudah memahami bahwa meta tag berperan besar dalam optimasi SEO setelah membaca penjelasan di atas. Namun, Anda perlu memasang meta tag dengan benar dan sesuai panduan agar memberikan hasil maksimal. Berikut adalah panduan cara memasang meta tag untuk website Anda yang terdiri dari tiga jenis meta tag: meta title, meta description, dan meta keyword. 

1. Kode Meta Tag

Sekilas dijelaskan bahwa meta tag merupakan kode HTML. Anda perlu menghafal masing-masing susunan kode ini:

  • Meta title: <Title>Title Website Anda</Title>
  • Meta description: <Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>
  • Meta keyword: <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>

Untuk memasang meta tag, Anda bisa menggunakan plugin SEO yang ada di dashboard WordPress.

2. Buat Meta Title

Mulailah dengan menambahkan meta title untuk halaman website. Isi kolom ‘SEO Title’ pada pengaturan Yoast SEO dengan judul yang unik dan menarik. Pastikan jumlah karakter pada judulnya tidak terlalu panjang atau di bawah 60 karakter, tetapi masih mengandung target keyword yang digunakan.

3. Buat Meta Description

Google masih menggunakan meta description untuk snippet suatu halaman website yang ditampilkan pada SERP. Untuk itu, Anda tetap perlu menambahkan meta description. Buatlah meta description yang relevan dengan isi konten, tetapi tetap menarik, tidak terlalu pendek atau panjang, dan mengandung target keyword.

4. Tambahkan Meta Keyword

Anda tetap perlu menambahkan meta keyword jika website-nya masih baru dibuat. Alasannya, meta keyword dapat membantu Google dalam mengidentifikasi website Anda. Cukup tambahkan meta keyword dengan mengisi kolom ‘Meta Keyword’ pada pengaturan Yoast SEO.

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa meta tag adalah elemen penting dalam strategi SEO website Anda. Website Anda akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencarian dan mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam hasil SERP. Anda perlu memahami dan memasang meta tag dengan benar dan mengikuti panduan yang telah diuraikan sebelumnya.

Selain meta tag, Anda juga perlu mengoptimasikan website melalui strategi SEO off-page. Salah satunya, Anda perlu menggunakan layanan Cloud Hosting yang aman dan memiliki kapasitas mumpuni untuk memastikan website tetap berjalan.

Tidak perlu bingung lagi mencari Cloud Hosting Indonesia karena ada Cloudeka yang bisa menjadi pilihan Anda. Cloudeka dapat membantu Anda dalam memberikan performa website yang lebih cepat, stabil, dan aman. Jangan ragu untuk memilih Cloudeka sebagai mitra hosting Anda. Hubungi kami segera untuk berkonsultasi mengenai kebutuhan Cloud Anda dan nikmati layanan terbaik dari Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.