Menu Close

Berita & Acara

Internet Service Provider (ISP): Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

internet service provider adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Apa yang dimaksud dengan ISP? Pernahkah Anda mendengar istilah ISP di dalam dunia Internet? Singkatnya, ISP atau Internet Service Provider adalah layanan koneksi Internet yang diberikan kepada masyarakat luas agar dapat terhubung secara daring di dunia digital.

Seperti yang telah Anda ketahui, kita saat ini hidup di era digital di mana segala hal terhubung dengan Internet. Penggunaan Internet tidak lagi hanya sekadar untuk mencari informasi, namun juga Anda dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis.

Apa jadinya jika di dunia ini tidak ada ISP? Tentu saja Anda tidak dapat mengakses segala hal yang terhubung dengan Internet seperti media sosial. Anda juga tidak mungkin dapat membaca artikel ini jika tidak ada ISP.

Mengingat pentingnya fungsi ISP, Anda perlu memahaminya secara lebih mendalam melalui pembahasan yang akan kami sampaikan di bawah ini. Anda akan mendapatkan informasi seputar pengertian ISP, cara kerjanya, dan juga fungsi ISP dalam perkembangan bisnis.

Apa Itu Internet Service Provider (ISP)?

ISP merupakan singkatan dari Internet Service Provider. Internet Service Provider adalah sebuah layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan tertentu untuk memberikan suplai Internet kepada masyarakat luas. ISP juga memiliki nama lain yaitu Internet Access Provider atau yang bisa disingkat dengan IAP.

Di Indonesia sendiri, ISP lebih sering dikenal dengan provider Internet atau penyedia Internet. Contoh dari perusahaan penyedia Internet seperti FirstMedia, IndiHome, BizNet, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Internet dalam Perangkat Kita?

Bagaimana Cara Kerja ISP?

ISP memiliki cara kerja yang sangat sederhana. Anda hanya perlu menghubungi pihak provider Internet untuk memasangkan layanan ISP baik di rumah maupun perusahaan. Pihak provider internet akan mendatangi tempat Anda untuk memasang router jaringan.

Contoh router jaringan yang tentu sudah Anda kenal salah satunya adalah modem. Namun untuk di perusahaan, biasanya Anda perlu membagi-bagi router jaringan tersebut ke banyak komputer, khususnya jika area perusahaan memiliki luas yang besar atau bahkan terdiri dari beberapa lantai.

Semua kebutuhan internet di perusahaan Anda akan langsung ditangani oleh pihak provider internet. Jadi, Anda tidak perlu pusing memikirkan proses instalasi jaringan internet di kantor.

Setelah proses pemasangan jaringan selesai, pihak ISP akan melakukan serangkaian tes untuk menguji apakah internet di perusahaan Anda sudah terhubung ke jaringan internet atau belum dapat diakses. Jika internet sudah berhasil untuk digunakan, maka kegiatan operasional perusahaan Anda bisa langsung dihubungkan dengan internet.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Internet dalam Perangkat Kita?

Jenis-Jenis ISP (Internet Service Provider)

Setelah memahami pengertian ISP dan cara kerjanya. Selanjutnya kita akan membahas berbagai jenis-jenis layanan ISP.

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau organisasi yang menyediakan akses internet kepada pelanggan. Ada beberapa jenis ISP yang tersedia, diantaranya:

1. Dial-Up Connection ISP

Jenis ISP yang pertama ini menyuplai akses internet melalui jaringan telepon dan modem. Namun, kecepatan akses internet yang ditawarkan terbilang rendah. Oleh karena itu, pemakaiannya disarankan hanya untuk kondisi darurat.

2. Cable ISP

Sebagaimana namanya, jenis ISP ini menyediakan akses internet melalui jaringan kabel TV. Untuk kecepatan akses internet yang disediakan lebih tinggi dibandingkan dengan dial-up connection ISP.

3. DSL (Digital Subscriber Line) ISP

Selanjutnya ada DSL yang menyediakan akses internet melalui jaringan teleponuntuk mengirimkan data digital. Kecepatan akses internet yang disediakan lebih tinggi dibandingkan dengan dial-up ISP, namun masih di bawah cable ISP .

4. Wireless ISP

Jenis ISP ini menyediakan akses internet tanpa kabel dan hanya melalui jaringan wireless, Contohnya jaringan microwave atau jaringan Wi-Fi. Kecepatan internet yang ditawarkan pun cukup tinggi dan sangat cocok digunakan di area yang tidak terjangkau oleh jaringan telepon ataupun jaringan kabel.

5. Fiber ISP

Jenis ISP ini dapat mengakses internet yang sangat tinggi dan stabil karena aksesnya melalui jaringan fiber optik yang menggunakan serat optik untuk mentransmisikan data. Selain menyediakan layanan internet, ISP ini juga biasanya memberikan layanan telepon, dan televisi berlangganan (triple play) kepada pelanggannya.

6. Satellite ISP

Jenis ISP yang terakhir adalah ISP yang menyediakan akses internet melalui satelit. Pada umumnya, ISP satelit menyediakan akses internet di daerah yang tidak dapat dijangkau oleh jaringan DSL atau kabel, seperti daerah terpencil (remote area).

Adapun kecepatan internet yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan dengan jaringan kabel atau DSL, namun jauh lebih baik dibandingkan dengan dial-up atau jaringan tanpa kabel.

Baca juga: 5 Perbedaan Internet dan Intranet yang Wajib Diketahui

Apa Fungsi ISP untuk Bisnis Anda?

ISP memiliki berbagai peranan penting untuk bisnis Anda. Berikut ini, ada 5 fungsi ISP yang perlu Anda pahami:

1. Menyuplai Jaringan Internet 

Fungsi pertama dari ISP untuk bisnis adalah untuk menyuplai jaringan internet ke dalam perusahaan Anda. Fungsi ini merupakan fungsi umum yang manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas, tidak hanya kepada para pebisnis saja, namun juga pengguna internet lainnya.

2. Meningkatkan Efektivitas Kegiatan Operasional Perusahaan

ISP memiliki fungsi yang sangat penting di dalam perkembangan bisnis Anda. Adanya ISP di dalam perusahaan akan meningkatkan efektivitas kegiatan operasional. Mengapa demikian?

Saat ini kita hidup di era digital yang hampir setiap harinya, aktivitas Anda pasti akan terhubung dengan internet seperti menggunakan email, media sosial, atau sekadar membaca berita secara online. Akses internet tersebut sangat berguna bagi para karyawan untuk dapat saling mengirimkan email, data, hingga mencari informasi yang dibutuhkan dalam menyusun strategi perkembangan bisnis yang tepat.

Baca juga: Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perusahaan

Coba Anda ingat kembali masa-masa di mana penggunaan internet masih minim. Seluruh informasi tersimpan dalam bentuk lembaran kertas yang bertumpuk dalam jumlah yang banyak. Ketika Anda membutuhkan data tersebut, dibutuhkan waktu yang lama untuk mencari data yang dibutuhkan dalam tumpukan dokumen kertas tersebut.

Setelah internet hadir, Anda cukup menyimpannya dalam bentuk digital dan siapa pun dapat langsung mengakses datanya melalui internet. Kegiatan operasional akan berjalan secara lebih efektif sehingga Anda dapat mengalihkan tenaga kerja yang ada untuk hal lainnya yang berfokus dalam memajukan perusahaan.

3. Memberikan Proteksi untuk Seluruh Aset Digital

Anda tentu tahu bahwa ada banyak sekali oknum tak bertanggung jawab yang dapat melakukan peretasan komputer. ISP dapat membantu Anda untuk melindungi seluruh aset digital yang tersimpan di dalam komputer perusahaan Anda.

Apabila komputer Anda memiliki sistem keamanan yang rendah, data-data tersebut dapat hilang atau bahkan disalahgunakan untuk hal-hal yang menguntungkan pihak lain. Tentunya hal ini akan merugikan Anda.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Data di Era Digital

4. Meningkatkan Kualitas Customer Relationship

Kehadiran ISP dapat membantu perkembangan perusahaan dari segi customer relationship. Sebagai seorang pebisnis, Anda harus memahami bahwa hubungan dengan pelanggan harus terus dijaga. Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan akan membuat mereka ingin terus membeli produk atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

ISP dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas hubungan dengan pelanggan. Bagaimana caranya? Ada begitu banyak platform online yang dapat Anda manfaatkan untuk berkomunikasi dengan pelanggan seperti aplikasi untuk bertukar pesan, media sosial, website, dan juga email.

Baca juga: Customer Engagement Adalah Elemen Penting dalam Bisnis

5. Sebagai Wadah Penyimpanan Data Penting Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki berbagai data penting yang tidak boleh sampai bocor ke tangan orang yang salah. Untuk menyimpan data penting tersebut, Anda perlu memasang ISP agar dapat terhubung dengan internet. Kemudian, data-data Anda dapat disimpan di dalam internet atau yang biasa disebut juga dengan Cloud.

Contoh ISP di Indonesia

Penyedia layanan ISP di Indonesia berjumlah ratusan berdasarkan data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), baik yang menyediakan jasa untuk pengguna individu maupun untuk skala korporasi. Berikut ini beberapa nama penyedia jasa layanan internet (internet service provider) yang populer di Indonesia:

  • Telkom indonesia
  • Indihome
  • Biznet
  • First Media
  • MNC Play
  • D-Net
  • GMedia
  • PadiNet
  • Indosat Ooredoo
  • XL Axiata

Meskipun Anda telah terhubung ke jaringan internet melalui perusahaan jasa internet, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah soal keamanan data, terlebih untuk penggunaan skala korporasi/bisnis.

Oleh karena itu, Anda perlu perangkat tambahan yang khusus melindungi keamanan data Anda seperti menggunakan layanan cloud sebagai basis penyimpanan dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan layanan Cloud Computing dari Cloudeka untuk menjaga keamanan data perusahaan dan meningkatkan kegiatan operasional bisnis saat ini.

Hubungi Cloudeka sekarang juga untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait layanan yang diberikan kepada Anda.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.