Menu Close

Berita & Acara

Pengertian Serta Fungsi DNS pada Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

DNS atau Domain Name System adalah sistem yang bisa membuat pengguna terhubung ke sebuah situs web dengan mencocokkan nama domain yang bisa dibaca manusia seperti www.cloudeka.id ke alamat IP yang bisa dibaca mesin misalnya 192.2.199. Singkatnya, fungsi DNS adalah untuk menerjemahkan nama domain ke alamat IP.

Pengertian dan Fungsi DNS

DNS juga bisa dikatakan sebagai buku telepon Internet. Di mana DNS berfungsi untuk mencantumkan nama domain dengan pengidentifikasi yang sesuai dengan alamat IP. Jadi saat pengguna memasukkan suatu nama domain atau website seperti cloudeka.id pada perangkat yang mereka gunakan, maka DNS akan mencari alamat IP dan menghubungkannya dengan lokasi tempat situs itu disimpan.

Perangkat apa pun yang terhubung ke Internet baik itu smartphone, tablet, maupun komputer, memiliki alamat IP yang berbeda-beda. Alamat IP atau IP address berisi serangkaian angka yang berfungsi sebagai identitas bagi setiap perangkat yang terhubung ke Internet.

Dalam hal ini, DNS akan membantu manusia untuk bisa terhubung ke situs tanpa harus mengingat alamat IP. Karena berisi sekumpulan angka, ada kemungkinan banyak orang yang sulit untuk mengingatnya.

BACA JUGA:

Keuntungan Penggunaan DNS

Setelah membahas pengertian dan fungsi DNS, sekarang saatnya membahas apa saja keuntungan dari penggunaan DNS tersebut. Berikut penjabarannya.

1. Memudahkan Berselancar di Internet

Bayangkan jika DNS tidak ada, dan Anda harus mengingat sejumlah angka dari alamat IP untuk bisa terhubung ke setiap website seperti Google, Facebook, Wikipedia, hingga website-website lainnya. Anda mungkin membutuhkan buku atau catatan khusus untuk bisa mencatat alamat IP dari setiap website.

Belum lagi jika website tersebut menggunakan IP versi 6 atau IPv6 dengan domain seperti 4552:0db8:83a6:0000:11111:8a4e:0370:7334. Namun berkat DNS, Anda tidak perlu repot-repot mencatat setiap alamat IP. Dengan DNS, Anda bisa berinternet dengan lebih mudah tanpa harus mengingat serangkaian angka.

2. Aman

Server DNS khusus dirancang untuk memberikan keamanan pada website. Jadi saat peretas mencoba meretas sebuah server, maka DNS akan mencegahnya untuk mendapatkan akses ke sistem. Namun, jika Anda memiliki perusahaan besar dengan informasi penting yang cukup banyak, Anda membutuhkan lapisan keamanan tambahan.

3. Stabilitas

Alamat IP sebuah situs bisa berubah untuk berbagai alasan. Meski alamat IP berubah, Anda tetap bisa menggunakan domain yang sama. Selain itu, pengguna juga tidak perlu mencari informasi mengenai alamat IP atau domain yang baru.

4. Kecepatan Internet

Salah satu keunggulan dari DNS adalah mereka menawarkan koneksi Internet berkecepatan tinggi. Hal ini tentu akan memudahkan pengguna saat ingin membuka suatu website tanpa harus menunggu lama.

Keunggulan dan fungsi DNS memang cukup menguntungkan untuk pengguna. Namun, ada beberapa kelemahan dari DNS yaitu karena registry dari DNS dikendalikan oleh ICANN, sehingga tidak ada perusahaan lain yang bisa mengendalikannya.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.