Menu Close

Berita & Acara

Apa itu CAPTCHA Serta Fungsinya pada Sebuah Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Ketika membuka sebuah situs web, terkadang kita membutuhkan verifikasi CAPTCHA dengan beberapa pilihan verifikasi mulai dari angka, abjad bahkan sampai gambar yang harus kita isi sesuai dengan instruksi yang ada. Terlepas dari hal ini, tahukah Anda apa itu CAPTCHA? 

CAPTCHA sendiri merupakan singkatan dari Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart. Ini merupakan bagian dari keamanan website dengan memanfaatkan bot. Untuk penjelasan lebih lanjut simak artikel berikut ini.

Apa itu CAPTCHA pada Sebuah Website

captcha, recaptcha, bots

CAPTCHA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk membedakan manusia dengan komputer. Dengan adanya CAPTCHA, situs tersebut dapat mengetahui apakah pengguna adalah manusia asli atau tidak. 

CAPTCHA sendiri biasanya tersedia dalam berbagai jenis mulai dari mengidentifikasi gambar sesuai dengan instruksi atau menulis ulang abjad dan angka. Hal ini tidaklah sulit dan dapat dilakukan oleh manusia, namun tidak bisa untuk robot atau komputer. Maka dari itu, inilah alasan sebenarnya mengapa CAPTCHA tersebut ada dalam sebuah website

Baca juga: Pengertian Serta Fungsi DNS pada Website

Bagaimana cara kerja CAPTCHA? Ketika Anda menemukan sebuah pop up, maka Anda harus mengisi atau memilih sesuai dengan instruksi yang tersedia. Setelah selesai, Anda dapat melanjutkan kembali untuk menjelajahi situs tersebut. Dengan mengerjakan tes ini, maka situs tersebut telah mengetahui bahwa Anda asli dan bukan robot.

Fungsi CAPTCHA pada Sebuah Website

Bukan hanya sekadar sebuah tes untuk memverifikasi, namun CAPTCHA juga memiliki beberapa fungsi untuk website, yaitu:

  1. CAPTCHA hadir untuk memblokir bot otomatis pada sebuah situs. 
  2. Mencegah munculnya pesan atau komentar spam secara otomatis.
  3. Sebuah tindakan keamanan yang cukup efisien untuk melindungi situs dari berbagai jenis virus berbahaya dalam dunia maya. 
  4. Berguna untuk mencegah bot melakukan spam pada sistem pendaftaran untuk membuat akun palsu pada situs. 
  5. Mengurangi serta mencegah masuknya komentar-komentar palsu yang dikirim secara otomatis oleh bot. 

Baca juga: Apa Itu CMS dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jenis-jenis CAPTCHA

Ada beberapa jenis tes CAPTCHA yang mana dalam beberapa jenis di bawah ini mungkin sudah pernah Anda coba, berikut 7 jenis tes CAPTCHA yang biasa Anda temukan pada website yaitu:

1. Text Captcha

Pada jenis CAPTCHA yang satu ini terdapat sebuah gambar berkotak-kotak yang mana Anda harus memilih salah satu sesuai dengan instruksi yang ada. Contoh, apabila instruksi menyebutkan untuk meng-klik gambar kapal, maka yang harus Anda pilih hanyalah gambar kapal saja. 

2. Picture Recognition Captcha

Jenis CAPTCHA selanjutnya berupa angka. Jenis ini biasanya terdapat beberapa angka yang mana Anda harus mengetik kembali angka-angka tersebut pada kotak yang tersedia. 

3. Abjad Captcha

Hampir sama dengan angka, yang mana Anda harus mengetik ulang potongan Abjad pada kotak yang tersedia. 

4. Audio Captcha

CAPTCHA audio melibatkan penerimaan instruksi melalui suara. Pengguna harus mendengarkan dan memasukkan teks yang mereka dengar.

5. Math Captcha

Pada jenis CAPTCHA jenis ini, pengguna diberikan pertanyaan matematika sederhana yang harus mereka selesaikan untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia.

6. ReCaptcha

ReCAPTCHA melibatkan pengguna dalam mengidentifikasi objek atau teks di gambar yang kurang jelas bagi komputer. Ini membantu dalam proyek pengenalan optik karakter (OCR) dan pengindeksan buku.

7. jQuery Slider Captcha

jQuery Slider Captcha adalah bentuk Captcha yang menggunakan pustaka JavaScript jQuery untuk mengimplementasikan penggeseran (slider) sebagai uji keamanan. Pengguna dihadapkan pada tampilan yang memuat gambar atau elemen lain yang harus mereka geser atau pindahkan ke posisi tertentu untuk membuktikan bahwa mereka adalah manusia, bukan bot.

Itu dia sedikit penjelasan mengenai apa itu CAPTCHA sebenarnya yang sering kita temui pada situs-situs website tertentu.

Baca juga: 13 Cara Menjaga Keamanan Jaringan Komputer dengan Efektif

Kesimpulan

Jangan biarkan potensi ancaman keamanan mengancam bisnis Anda. Keamanan jaringan adalah langkah krusial dalam era digital ini. Dengan solusi Next Generation Firewall (NGFW) yang canggih dari Cloudeka, Anda memiliki pertahanan terdepan yang tak boleh diabaikan.

Dengan NGFW kami, Anda bisa meraih tingkat keamanan jaringan yang lebih tinggi, dan melindungi data berharga yang terjaga di dalamnya. Keamanan adalah investasi terbaik untuk masa depan bisnis Anda.

Jangan tunda lagi. Segera hubungi kami untuk menggali lebih dalam tentang beragam solusi bisnis yang tak hanya memberikan keamanan, tapi juga memacu pertumbuhan bisnis Anda. Jadikan Cloudeka mitra dalam mengelola data berharga Anda mulai dari sekarang.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.