Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu SSL dan Pentingkah untuk Website?

SSL Website
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Berselancar di situs website memang memberi peluang terjadinya pencurian data seperti identitas pribadi atau terkena malware bahkan ransomware. Maka dari itu, biasanya beberapa website tertentu akan menggunakan SSL. Apa itu SSL? Secara singkat, SSL (Secure Sockets Layer) merupakan protokol jaringan yang akan membantu mencegah insiden yang tidak diinginkan melalui website, salah satunya adalah pencurian data. 

Apabila Anda menemukan sebuah website dengan alamat URL dimulai dengan HTTPS, maka bisa dipastikan bahwa website tersebut menerapkan SSL di dalamnya.  

Apa Itu SSL dan Pentingkah untuk Website?

Pada tahun 1995, Netscape untuk pertama kalinya mengembangkan SSL dengan tujuan untuk memastikan privasi, otentikasi, dan integritas data pada Internet. Hingga pada akhirnya, SSL tergantikan dengan TSL atau Transport Layer Security

Lalu, apa itu SSL? SSL merupakan sebuah protokol jaringan keamanan Internet berbasis enkripsi. Protokol jaringan ini dirancang untuk mengamankan data yang dikirim dari browser web ke server. Nantinya, SSL akan mengenkripsi URL browser web menjadi server web dengan tujuan agar semua data yang telah terkirim tetap berada pada jalur pribadi dan terhindari dari segala macam serangan.

BACA JUGA:

Pernahkah Anda berkunjung ke salah satu website dan menemukan adanya ikon gembok berwarna hijau pada alamat URL bagian awal? Ini merupakan SSL yang dapat membantu Anda terhindar dari berbagai kejahatan di website tersebut. Dengan begitu, Anda dapat aman melakukan pencarian data atau transaksi apa pun melalui URL tersebut karena adanya keamanan yang terjamin.

Jika Anda memiliki bisnis dengan memanfaatkan website, maka Anda harus menggunakan SSL agar data pribadi pelanggan Anda tidak mudah dicuri oleh para oknum tidak bertanggung jawab. Namun, sebelum menerapkan SSL pada website, Anda harus memiliki sertifikat SSL dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pengguna dan browser web yang mereka gunakan bahwa mereka berinteraksi dengan server web yang mereka inginkan dan bukan dengan penipu dunia maya. 

Apakah SLL Penting untuk Website?

Ini merupakan pertanyaan yang sering sekali muncul, apakah SSL cukup penting untuk sebuah website? Jawabannya adalah Ya. Ketika Anda berbelanja melalui website, tentu kemungkinan besar Anda juga akan melakukan transaksi melalui online, bukan? Anda pasti akan memasukkan beberapa identitas pribadi, salah satunya adalah informasi kartu kredit. 

Nah, di sinilah sumber masalahnya. Apabila situs tersebut tidak menggunakan SSL, maka data pribadimu akan mudah terlihat dan tidak bisa terhindari dari adanya serangan dunia maya. SSL memang dirancang untuk memperbaiki masalah ini dengan cara memastikan bahwa tidak ada satu pun yang dapat melihat data pribadi Anda selain situs belanja tempat Anda melakukan transaksi. 

Jadi dengan kata lain, SSL sangat penting bagi suatu website untuk mencegah adanya serangan dunia maya. Karena sampai dengan saat ini, kasus kejahatan di dunia maya tergolong hampir sama dengan kejahatan di dunia nyata. Namun, tidak perlu khawatir karena sekarang Anda sudah mengetahui dan memahami apa itu SSL atau Secure Sockets Layer.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.