Menu Close

Berita & Acara

Peran Data Science di Dunia Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Dalam dunia bisnis, Data Science memiliki peran yang cukup penting. Data Science atau ilmu data merupakan sebuah proses untuk membangun, menyusun, dan memberikan informasi mengenai pengambilan keputusan dalam bisnis. Semua ini dilakukan oleh Data Scientist atau seorang ilmuwan data dengan tujuan untuk kelancaran bisnis ke depannya. 

Selain itu, ilmu data juga ikut menggabungkan serangkaian analisis mulai dari statistik, numerik, prediktif untuk mengekstrak nilai dari data yang diambil melalui web, perangkat seluler IoT Object, dan sumber data lainnya dapat ditindaklanjuti.

Pentingnya Data Science dalam Dunia Bisnis

Karena keberadaannya cukup penting, berikut penjelasan mengenai betapa pentingnya peran Data Science dalam dunia bisnis pada masa ini. 

1. Meningkatkan Keamanan Data

Peran Data Science yang paling utama adalah untuk membantu meningkatkan keamanan data bisnis Anda. Hal apapun yang menyangkut data, baik yang termasuk kedalam data sensitif maupun tidak, tetap harus terjaga keamanannya untuk menghindari kejadian tidak terduga. Maka dari itu, inilah salah satu peran adanya Data Science yang dijalankan oleh para data scientist

Para data scientist atau ilmuwan data dapat bekerja pada sistem pencegahan penipuan. Contohnya untuk menjaga informasi mengenai pelanggan perusahaan Anda lebih aman. Di sisi lain, para data scientist juga dapat mempelajari pola perilaku yang berulang dalam sistem perusahaan untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya kelemahan arsitektur.

2. Memahami Para Pengguna

Anda sebagai pelaku bisnis tentu ingin memahami para pelanggan dengan baik. Dengan Data Science, Anda dapat memahami mereka dengan mengumpulkan data pelanggan setiap kali mereka berkunjung ke suatu situs, melakukan transaksi, berlangganan dan sebagainya. 

Selanjutnya, ketika semua data terkumpul, data-data tersebut akan dapat digabungkan oleh para ilmuwan data dengan tujuan untuk menarik kesimpulan dan mengidentifikasi tren perilaku para pelanggan. Dengan demikian, Anda sebagai pelaku bisnis menjadi paham mengenai karakteristik para pelanggan maupun pengguna produk Anda. 

BACA JUGA:

Jenis CMS Terbaik untuk Website

Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Disaster Recovery

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perusahaan

3. Memprediksi Tren di Masa Depan

Peran yang paling penting dari adanya Data Science dalam suatu bisnis adalah untuk memprediksi tren yang akan muncul di masa depan. Anda dapat mendapatkan prediksi mengenai tren-tren yang akan muncul dengan mengumpulkan data-data dalam skala yang lebih besar.

Mulai dari data pembelian para pelanggan, produk apa yang paling diminati para pelanggan sampai melacak data pembelian. Perusahaan dapat melakukan itu semua dengan menggabungkan data-data yang sudah tersedia yang nantinya akan diolah oleh para ilmuwan data. 

Tidak berhenti disitu saja, perusahaan juga dapat menganalisis tren untuk membuat keputusan penting yang akan melibatkan pelanggan agar dapat menjadi lebih baik, meningkatkan kinerja perusahaan, dan meningkatkan profitabilitas. 

4. Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Dengan bantuan Data Science, produktivitas perusahaan akan meningkat terutama dalam mengidentifikasi inefisiensi dalam proses manufaktur. Nantinya, mesin manufaktur akan mengumpulkan seluruh data dari proses produksi yang kemudian akan dianalisis secara manual. Jadi, dengan menggunakan Data Science, produktivitas perusahaan akan meningkat seiring berjalannya waktu. 

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.