Berita & Acara

Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Ketika kita ingin membuat sebuah situs, kita akan memerlukan web hosting. Layaknya sebagai tanah di mana kita membangun rumah, maka dari web hosting sangat penting keberadaannya. Pada dasarnya, ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda pilih sesuai berdasarkan kebutuhan bisnis Anda seperti Cloud hosting.

Baik Cloud hosting maupun shared hosting, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Maka dari itu, ketika memilih web hosting pastikan Anda sudah mengetahui lebih jauh mengenai dua jenis hosting yang paling umum ini. 

Memahami Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Sebelum membahas mengenai perbedaan Cloud dan shared hosting, tahukah Anda mengenai pengertian keduanya? Mari membahasnya secara singkat.

Cloud hosting merupakan jenis layanan hosting yang mana Anda dapat memperoleh sumber daya komputasi dengan bantuan fasilitas cloud. Jenis hosting ini juga merupakan cara hosting web secara modern, yang mana terdapat beberapa situs web yang dapat ter-hosting bersamaan.

Kemudian data pada situs tersimpan pada beberapa server, tidak hanya bergantung pada satu server. Di Cloud hosting, terdapat fasilitator sumber daya yang dapat mengawasi penyiapan, keamanan, dan pemeliharaan. Apabila salah satu server tidak berfungsi, data tetap dapat dipulihkan dari server lain. 

BACA JUGA:

Apa itu CAPTCHA Serta Fungsinya pada Sebuah Website

Pengertian Serta Fungsi DNS pada Website

Cara Membuat Website untuk Pemula

Shared hosting merupakan jenis layanan hosting yang mana memungkinkan banyak situs untuk berbagi server web fisik dan sumber dayanya. Dengan menggunakan shared hosting, maka dalam satu server akan terbagi untuk beberapa pengguna dan setiap penggunanya mendapatkan jumlah bandwidth tertentu. Ini merupakan jenis layanan hosting yang paling banyak tersedia dan cukup terjangkau dalam segi biaya. 

Perbedaan Cloud Hosting dan Shared Hosting

Setelah mengetahui apa definisi dari kedua jenis layanan hosting ini, mari selanjutnya bahas mengenai apa saja perbedaan dari Cloud hosting dan shared hosting.

1. Performa Situs

Performa suatu web berkaitan dengan performa server itu sendiri. Pada umumnya, Cloud hosting memiliki performa situs yang lebih cepat karena data-data yang tersimpan dapat Anda akses melalui beberapa server dalam sebuah situs. Lain halnya dengan shared hosting yang memiliki kecepatan situs yang lebih rendah. Hal ini lantaran dalam satu server akan terbagi untuk beberapa pengguna di dalamnya. 

2. Keamanan

Dalam segi keamanan, Cloud hosting tergolong lebih aman karena jenis hosting ini menggunakan pencerminan data yang cukup efisien. Cloud hosting memiliki beberapa solusi anti-malware dan lapisan opsi pemulihan.

Sedangkan shared hosting cukup rentan dalam segi keamanan. Hal ini lantaran alamat IP yang sama dalam satu situs, sehingga keamanan situs pun akan menjadi rentan. Meskipun begitu, biasanya pihak penyedia hosting memiliki langkah-langkah berupa tindakan pencegahan. Mereka lah yang akan bertanggung jawab terhadap keamanan situs. 

3. Biaya

Cloud hosting memiliki harga yang cukup mahal, namun fitur-fitur yang akan Anda dapatkan pada jenis hosting ini setimpal dengan biaya yang akan Anda keluarkan. Sedangkan shared hosting memiliki harga yang cukup terjangkau. Jenis hosting ini cocok bagi pebisnis baru maupun sejenisnya. 

4. Reliabilitas

Dalam segi keandalan, jika Anda ingin menyimpan data pada beberapa server dan apabila terjadi kegagalan, dapat pulih dengan cepat maka Anda dapat memilih Cloud hosting. Sedangkan untuk shared hosting memiliki reliabilitas yang rendah karena banyaknya sumber daya yang digunakan secara bersamaan

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.