Berita & Acara

Tiga Manfaat Cloud Container untuk Bisnis Sehari-hari

0603-3 Keuntungan Kontainerisasi untuk Aplikasi_BLog
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Kontainer merupakan tren terkini dalam pengembangan aplikasi. Gartner meramalkan bahwa pada tahun 2022 ini, sekitar 75% organisasi global akan menjalankan aplikasi terkontainerisasi. Ini merupakan lonjakan drastis, dibandingkan 30% pada tahun 2020.

Meningkatnya adopsi teknologi kontainer ini tidak mengherankan, karena kontainer memiliki serangkaian kelebihan dibandingkan alternatif seperti mesin virtual. Ukuran kontainer yang lebih ringkas (sekitar puluhan megabyte) membuatnya lebih efisien dalam konsumsi sumber daya, dan dapat diluncurkan dengan lebih cepat. 

Teknologi kontainer memungkinkan pengembang untuk memaketkan semua komponen dan dependensi aplikasi di dalam satu kemasan. Kemasan ini bisa dijalankan di mana pun tanpa perubahan, mulai dari komputer pribadi milik pengembang sampai ke sistem produksi. Namun, bagaimana sebenarnya keuntungan kontainerisasi dalam bisnis sehari-hari?

Sebuah survei IBM pada 2020 lalu mengungkapkan berbagai manfaat bisnis yang bisa didapatkan dengan mengadopsi kontainer. Tiga manfaat bisnis tertinggi adalah peningkatan kualitas aplikasi, lebih tanggap terhadap perubahan di pasar, serta lebih cepat dalam peluncuran produk baru di pasar. 

Melihat manfaat bisnis ini, tidak mengherankan bila sebagian besar para responden yang telah mengadopsi kontainer (61%) menggunakannya untuk sebagian besar aplikasi baru mereka (50% aplikasi atau lebih). Mereka juga berencana untuk melakukan kontainerisasi aplikasi lebih lanjut. Sekitar 64% akan menerapkan kontainerisasi terhadap 50% atau lebih aplikasinya yang sudah ada saat ini.

Meningkatkan Kualitas Aplikasi dengan Kontainer

Salah satu dampak positif kontainerisasi aplikasi adalah kemudahan dalam pengujian perangkat lunak (software testing), serta penjaminan kualitas. Proses pengujian menjadi lebih mudah karena tidak perlu lagi memperhitungkan perubahan lingkungan yang mungkin terjadi ketika aplikasi dialihkan dari lingkungan pengembangan ke pengujian dan produksi. 

BACA JUGA:

Kontainer juga merupakan teknologi yang memudahkan arsitektur microservice. Dengan microservice, suatu aplikasi kompleks dipecah-pecah menjadi komponen yang lebih sederhana, yang bisa dikembangkan dan diperbarui secara terpisah. Arsitektur seperti ini selain lebih stabil juga lebih mudah dikembangkan. Kestabilan dan kemudahan pengembangan ini pada gilirannya meningkatkan kualitas aplikasi.

Lebih Cepat Meluncurkan Produk Baru

Untuk mempercepat proses pengembangan produk, semakin banyak bisnis yang mengadopsi metode yang disebut sebagai Continuous Integration atau Continuous Delivery/Deployment (CI/CD). Metode ini memanfaatkan otomasi untuk mempercepat proses kompilasi, pengujian, sampai ke tahap akhir (produksi). 

Meskipun metode CI/CD ini bisa digunakan dengan mesin virtual, kontainer lebih optimal digunakan untuk mempercepat metode pengembangan produk. Karena itu, penggunaan kontainer dalam pengembangan produk baru akan mempercepat peluncurannya di pasar.

Cepat Tanggap Terhadap Perubahan di Pasar

Dalam pasar yang kompetitif, tim pengembangan produk perlu lebih responsif terhadap perubahan dan tuntutan dari pelanggan. Bisnis tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan dan menanggapi situasi pasar dengan cepat akan ketinggalan dibandingkan pesaing yang lebih lincah. 

Agar dapat lebih cepat tanggap, tim produk harus mampu mengembangkan fitur baru, melakukan pengujian dan peluncuran dalam siklus yang lebih pendek. Seperti juga dalam peluncuran produk baru, kontainer merupakan teknologi dasar untuk mencapai kemampuan ini.

Perusahaan yang ingin mendapatkan manfaat bisnis dari teknologi kontainer seperti diuraikan di atas dapat memanfaatkan layanan Deka Harbor dari Lintasarta Cloudeka. 

Deka Harbor adalah solusi Managed Container as a Service yang dapat membantu pengembang aplikasi untuk mengelola aplikasinya di layanan Cloud. Dengan Deka Harbor, pengembang aplikasi akan lebih mudah mengunggah, meluncurkan, dan mengelola aplikasi yang dikemas dalam kontainer. 

Ingin tahu lebih lanjut tentang manfaat Deka Harbor untuk bisnis Anda, silakan hubungi kami.