Menu Close

Berita & Acara

3 Fungsi SSD yang Harus Anda Ketahui

fungsi ssd
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Teknologi SSD terus dikembangkan selama beberapa tahun terakhir dan teknologi ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas. Apa itu SSD? Lalu apa fungsi SSD?

Saat ini, ada begitu banyak data yang tersimpan dalam bentuk digital. Contoh data tersebut seperti dokumen, foto, video, gambar, lagu, dan masih banyak lagi. Semua data dapat disimpan di dalam gawai Anda masing-masing.

Setiap gawai seperti laptop, smartphone, hingga tablet pasti memiliki kapasitas penyimpanan internal. Namun untuk sebagian besar orang, kapasitas penyimpanan internal yang tersedia sangatlah kecil sehingga dibutuhkan penyimpanan external berukuran besar untuk menyimpan data yang dimiliki.

Dari zaman dahulu hingga sekarang, penyimpanan external yang sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah HDD atau Hard Disk Drive. Bentuk fisik dari HDD seperti kotak dan terasa berat untuk dibawa-bawa. Semakin besar ukuran media penyimpanan yang tersedia di dalam HDD tersebut, maka akan semakin besar dan berat pula bentuk fisiknya.

Melihat permasalahan ini di mana orang akan merasa repot untuk membawa HDD setiap saat bila sewaktu-waktu dibutuhkan, maka muncullah teknologi SSD. Untuk memahami perbedaan SSD dan HDD secara lengkap, Anda dapat mengunjungi artikel berikut ini “Apakah SSD dan HDD sama? Kenali Pengertian dan Perbedaannya“.

Pada artikel kali ini, Anda akan memahami informasi lengkapnya seputar SSD.

Apa Itu SSD?

SSD merupakan singkatan dari Solid-State Drive. SSD adalah sebuah perangkat penyimpanan external dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan. Banyak orang yang mulai beralih untuk menggunakan SSD karena bentuk dan ukurannya tersebut.

Meskipun ukurannya lebih kecil, namun SSD memiliki kapasitas penyimpanan yang tidak kalah besarnya seperti HDD. Selain itu, proses mekanis dari SSD ini juga cenderung lebih cepat. SSD dapat membaca dan menulis data hingga 550 MB/s.

Selain itu, SSD tidak memiliki bagian yang bergerak sehingga Anda tidak perlu khawatir karena data yang Anda miliki jauh lebih aman dari kerusakan, meskipun SSD terjatuh.

Perkembangan SSD tidak berhenti sampai di situ saja. Para inovator terus mengembangkan teknologi SSD hingga akhirnya muncul SSD Cloud Storage. Apa yang dimaksud SSD Cloud Storage?

Anda tentu sudah paham dan familier dengan teknologi cloud bukan? Cloudmerupakan simbol dari internet. Artinya, seluruh data yang disimpan ke dalam SSD Cloud Storage akan tersimpan di dalam internet.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Internet dalam Perangkat Kita?

Menurut Anda, mana yang lebih sederhana? membawa penyimpanan external yang berisikan data perusahaan dalam bentuk fisik ke mana pun Anda pergi? Atau Anda dapat mengakses data yang disimpan ke dalam SSD Cloud Storage kapan pun dan di mana pun hanya berbekal laptop atau bahkan smartphone saja?

Apa Fungsi SSD Cloud Storage?

Fungsi SSD Cloud Storage

SSD biasa memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data. Fungsinya hanya sebatas itu. Lain halnya dengan SSD Cloud Storage yang memiliki berbagai macam fungsi yang sangat dibutuhkan di dalam perkembangan bisnis.

Fungsi utama Cloud Storage bagi bisnis adalah:

1. Kemudahan Akses (Accessibility)

Fungsi SSD Cloud Storage yang pertama yaitu data dapat diakses dari mana saja dan kapan saja oleh siapa saja yang memiliki hak akses yang sesuai, sehingga memudahkan kolaborasi dan kerja tim.

2. Skalabilitas (Scalability)

Tidak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan pada saat kebutuhan perusahaan yanh terus berubah, karena

SSD Cloud storage dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang berubah-ubah, sehingga perusahaan tidak perlu khawatir kekurangan ruang penyimpanan.

3. Biaya Lebih Efisien

Fungsi SSD Cloud Storage selanjutnya perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pembelian, pemeliharaan, dan perbaikan perangkat keras penyimpanan data.

4. Backup and Recovery

Cloud Storage memberikan solusi backup dan recovery data yang handal dan terpercaya, sehingga perusahaan dapat yakin bahwa data pentingnya aman.

5. Security

Perusahaan akan semakin tenang menjalankan bisnis karena tingginya tingkat keamanan yang dimiliki SSD Cloud Storage untuk melindungi data perusahaan dari akses yang tidak sah dan kerusakan.

Pada intinya, dengan menggunakan Cloud Storage, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional dan meningkatkan efisiensi.

Baca juga: Tipe-Tipe Cloud Computing untuk Bisnis Anda

Apa Keuntungan Menggunakan SSD Cloud Storage?

Berikut ini, ada 3 keuntungan dari menggunakan SSD Cloud Storage untuk perkembangan bisnis Anda saat ini:

1. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Menyimpan data di dalam SSD Cloud Storage mampu memberikan proteksi yang tinggi terhadap seluruh data yang Anda miliki. Data-data perusahaan sangatlah krusial dan tidak boleh sampai bocor ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Anda tentu sudah memahami bahwa seiring dengan perkembangan teknologi yang terus terjadi dari waktu ke waktu, ada banyak pihak nakal seperti hacker yang sering melakukan tindak kejahatan siber atau yang biasa disebut dengan cyber crime. Tujuannya untuk mendatangkan keuntungan kepada mereka, namun memberikan kerugian kepada korbannya.

Peretas akan melakukan berbagai macam tindakan mulai dari mengirim virus ke sistem komputer, mencuri data, hingga mencemarkan nama baik perusahaan. Untuk mencegah serangan cyber crime terhadap bisnis Anda, maka salah satu langkah yang tepat adalah dengan menyimpan data perusahaan di dalam SSD Cloud Storage.

SSD Cloud Storage memiliki tingkat keamanan yang tinggi hingga mampu meminimalisir risiko terjadinya cyber crime. Data perusahaan Anda akan jauh lebih aman bila disimpan di dalam Cloud Storage.

Baca juga: Contoh Layanan Cloud Computing di Indonesia dan Tips Memilihnya

2. Kegiatan Operasional Menjadi Lebih Cepat

Kegiatan operasional perusahaan akan jauh lebih lancar dan cepat dengan penerapan SSD Cloud Storage di dalam sistem komputer. Seluruh karyawan Anda dapat mengakses data tersebut secara bersamaan.

Bila dibandingkan dengan cara terdahulu di mana data hanya tersimpan di dalam komputer masing-masing sehingga ketika dibutuhkan, Anda harus menghubungi orang yang menyimpan data tersebut untuk mengirimkannya melalui email atau USB. Ada banyak waktu yang terbuang hanya dengan melakukan serangkaian langkah tersebut, bukan?

Teknologi SSD Cloud Storage hadir untuk membantu setiap perusahaan dalam mencari jalan pintas mengenai akses data tersebut. Anda hanya perlu melakukan 1 langkah saja ketika ingin mengambil sebuah data yaitu dengan masuk ke dalam SSD Cloud Storage perusahaan. 

3. Efisiensi Pengeluaran

Berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh perusahaan Anda untuk membeli penyimpanan eksternal dalam bentuk fisik? Atau bahkan Anda memerlukan ruangan khusus untuk menyusun perangkat keras yang berfungsi sebagai server database?

Biaya yang dikeluarkan untuk menyimpan data dalam bentuk perangkat keras tentu akan jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan SSD Cloud Storage. Pengeluaran perusahaan Anda akan jauh lebih efisien dan bahkan dapat dialihkan untuk kepentingan lain seperti menyusun strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan bisnis.

Baca juga: Customer Engagement Adalah Elemen Penting dalam Bisnis

Sudahkah Anda Menggunakan SSD Cloud Storage untuk Bisnis?

Jadi, apakah Anda sudah mengerti mengenai pengertian dan juga fungsi SSD? Sudahkah Anda menggunakan SSD Cloud Storage untuk bisnis yang dijalankan saat ini? Jika belum, apakah Anda ingin mulai menerapkan SSD Cloud Storage di dalam perusahaan.

Anda dapat langsung memanfaatkan layanan Deka Box dari Lintasarta Cloudeka. Kami menyediakan layanan ini untuk seluruh pebisnis yang ada di Indonesia agar seluruh data bisnis dapat terjaga dengan baik. Hubungi Lintasarta Cloudeka sekarang juga untuk informasi lebih lanjut terkait dengan layanan Deka Box yang kami sediakan.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.