Menu Close

Berita & Acara

Cloud Storage Adalah Platform Penyimpanan, Kenali Fungsinya!

cloud storage adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Cloud storage adalah sebuah wadah penyimpanan data digital yang tentu sudah sering Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Teknologi ini bahkan dapat ditemukan di dalam smartphone yang Anda gunakan saat ini.

Ada berbagai manfaat yang Anda rasakan dari menggunakan cloud storage. Anda dapat menggunakan cloud storage untuk menyimpan data seperti dokumen, foto, video, lagu, dan lainnya. 

Mayoritas gadget, mulai dari smartphone, tablet, hingga laptop memiliki memori penyimpanan internal yang terbatas. Akibat keterbatasan memori tersebut, banyak orang yang harus membeli hard disk tambahan untuk menyimpan data lainnya. Apalagi, semakin berkembangnya teknologi, ukuran file seperti foto dan video semakin besar karena menyesuaikan dengan kualitasnya sehingga Anda tidak dapat lagi mengandalkan memori internal.

Penggunaan hard disk memang dapat membantu Anda untuk mendapatkan memori penyimpanan tambahan. Selain itu, hard disk juga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam waktu yang lama.

Namun, bagaimana jika hard disk tersebut hilang atau rusak? Bagaimana nasib data-data yang Anda simpan di dalamnya? Tentu saja data tersebut dapat hilang dan kemungkinan besar Anda tidak bisa mendapatkan data itu kembali.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perkembangan teknologi terus dilakukan sehingga muncul inovasi cloud storage. Anda sudah tidak lagi memerlukan hard disk untuk menyimpan data karena semuanya sudah dapat tersimpan di cloud storage.

Lalu, apa sebenarnya cloud storage itu? Simak pembahasan lengkapnya melalui pembahasan di bawah ini. Anda akan memahami pengertian cloud storage. Selain itu, apabila Anda merupakan seorang pebisnis, ada juga informasi tambahan seputar fungsi cloud storage untuk perkembangan bisnis.

Apa Itu Cloud Storage?

cloud storage atau penyimpanan awan

Cloud bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya awan dan storage merupakan ruang penyimpanan. Jadi, jika diartikan secara harfiah, cloud storage merupakan ruang penyimpanan di awan. Apa maksudnya dari ruang penyimpanan di awan?

Anda perlu memahami bahwa cloud atau awan merupakan simbol dari internet. Sederhananya, cloud storage adalah tempat penyimpanan data yang dimasukkan ke dalam server virtual atau internet (cloud).

Di dalam sektor industri sendiri, khususnya perusahaan yang bergerak di bidang teknologi seperti Google, Microsoft, Facebook, dan lainnya, Anda pasti sering melihat foto ruang database yang terdiri dari banyak perangkat keras. Perangkat keras tersebut disusun di dalam banyak lemari berukuran tinggi dan diletakkan berjajar satu sama lain.

Anda bisa melihat sebuah ruangan yang penuh dengan lampu-lampu yang berasal dari seluruh perangkat keras yang tersimpan di dalamnya. Perangkat keras tersebut merupakan server yang digunakan untuk menyimpan data yang masuk ke dalam sistem mereka.

Baca juga: Apa Itu Server dan Seberapa Penting Keberadaannya?

Ruangan database ini sendiri tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Harga untuk setiap perangkat kerasnya saja sudah tergolong mahal. Belum lagi biaya yang dikeluarkan untuk maintenance dan listrik karena ruangan ini harus berada dalam kondisi yang dingin sehingga AC akan terus menyala 24 jam tanpa henti.

Oleh karena tidak semua perusahaan memiliki ruang database, saat ini hampir sebagian besar pebisnis mulai memanfaatkan cloud storage sebagai tempat penyimpanan data. Anda pun juga bisa mulai menerapkan cloud storage di dalam bisnis yang dijalankan saat ini.

Apa Saja Jenis-Jenis Cloud Storage?

Berikut ini beberapa jenis cloud storage, yaitu:

1. Private Cloud Storage

Jenis cloud storage yang pertama ini merupakan sebuah layanan penyimpanan yang disediakan oleh vendor hanya untuk satu perusahaan/organisasi tertentu. Karena bersifat privat, maka hanya penggunanya yang bisa mengakses data yang tersimpan di cloud storage ini.

2. Public Cloud Storage

Berbeda dengan private cloud storage, jenis cloud storage yang satu ini justru disediakan oleh vendor (penyedia layanan) untuk banyak pengguna. Jadi, penggunanya hanya perlu membayar layanan yang ingin digunakan dan dibutuhkan saja.

3. Hybrid Cloud Storage

Seperti nanamnya, jenis cloud storage ini menggabungkan fitur private dan public cloud storage dan private cloud storage. Dengan demikian, Pengguna dapat memilih untuk menyimpan data di salah satu atau bahkan di kedua jenis cloud storage sesuai kebutuhannya.

4. Community Cloud Storage

Jenis yang terakhir adalah cloud storage yang dibuat dan disediakan oleh vendor untuk memenuhi kebutuhan perusahaan yang sama. Contohnya perusahaan yang berada dalam industri yang memiliki kepentingan yang sama.

Apa Fungsi Cloud Storage untuk Bisnis Anda?

Fungsi Cloud Storage untuk Bisnis

Mengingat pentingnya cloud storage untuk perkembangan bisnis, berikut ini beberapa manfaat dari cloud storage yang perlu Anda ketahui.

1. Membantu Proses Pengolahan Data

Anda pasti sering merasakan repotnya mengolah data yang dimasukkan secara manual. Bahkan, mungkin Anda masih menggunakan Microsoft Excel untuk memasukkan dan mengolah data.

Cara tersebut memang terkesan mudah karena Anda sudah sangat familier dengan apa yang harus dilakukan dalam proses pengolahan data. Namun, dari segi waktu yang dikeluarkan, tentu saja Anda dapat mengalokasikan waktu untuk hal lain daripada sekadar memasukkan dan mengolah data dengan menggunakan cara manual saja.

Cloud storage tidak hanya bermanfaat sebagai tempat penyimpanan data saja. Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk proses pengolahan data. Bahkan, data yang dimasukkan ke dalam storage dapat di-update secara real-time dan hal ini tentu saja sangat menguntungkan Anda.

2. Dapat Berfokus Pada Perkembangan Bisnis

Melanjutkan pembahasan dari poin sebelumnya, waktu yang tadinya Anda keluarkan hanya untuk mengolah data dapat dialihkan ke hal lain. Anda dapat lebih berfokus pada perkembangan bisnis.

Alokasikan waktu yang Anda miliki dengan efektif untuk menyusun rencana pengembangan bisnis yang tepat. Tentukan juga tujuan jangka pendek serta jangka panjang perusahaan agar Anda dapat mengetahui langkah apa yang harus diambil untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Tipe-Tipe Cloud Computing untuk Bisnis Anda

3. Anggaran yang Dikeluarkan Menjadi Lebih Efektif

Dalam menjalankan bisnis, Anda pasti akan memikirkan cara yang paling tepat untuk menghasilkan keuntungan yang tinggi. Akan tetapi, tidak jarang pebisnis yang lupa bahwa keuntungan bukan hanya didapat dari pemasukan saja namun juga perhitungan anggaran yang dikeluarkan setiap bulannya.

Salah satu cara untuk mengurangi anggaran pengeluaran setiap bulan adalah dengan menggunakan cloud storage. Layanan ini membutuhkan anggaran yang tidak terlalu besar dibandingkan jika Anda membuat ruangan server sendiri untuk menyimpan database perusahaan.

4. Data Tersimpan dengan Aman

Data perusahaan Anda harus disimpan dengan baik untuk menghindari terjadinya pencurian atau kehilangan data. Penyimpanan data dengan cara lama rentan akan terjadinya kehilangan data. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kesalahan pada pengolahan data yang disebabkan oleh human error.

Cloud storage memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa data yang disimpan di dalamnya akan hilang. Layanan ini juga memudahkan Anda dalam mengolah data dan meminimalisir terjadinya human error.

5. Memudahkan Kegiatan Operasional Perusahaan

Cloud storage bermanfaat untuk memudahkan kegiatan operasional perusahaan di mana banyak orang dapat mengakses data yang mereka butuhkan di dalam server secara bersamaan. Jika dibandingkan dengan cara manual, Anda harus mengirimkan data yang telah disimpan secara offline melalui email terlebih dahulu dan semua orang harus meminta akses untuk dapat melihat data tersebut.

Jadi, Cloud Storage Adalah …

Cloud storage atau penyimpanan cloud adalah suatu media penyimpanan data yang dimasukkan ke dalam server virtual atau internet (cloud).

Banyak sekali fungsi cloud storage yang dapat bermanfaat di dalam bisnis Anda, bukan? Oleh karena itu, Anda dapat langsung menggunakan layanan Deka Box dari Cloudeka.

Layanan Cloud Storage Deka Box yang kami sediakan dapat membantu seluruh pebisnis dalam melakukan penyimpanan dan pengolahan data dengan tepat dan efektif. Selain itu, ada fitur tambahan yang jarang ditemukan di Cloud pada umumnya yaitu Deka Box dilengkapi langsung dengan SSD storage sehingga untuk mengoptimalkan performa storage Anda. Silakan hubungi Cloudeka sekarang juga untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait layanan tersebut.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.