Menu Close

Berita & Acara

Mengenal Perkembangan Cloud Computing Saat Ini

Cloud Computing Adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Cloud Computing adalah sebuah teknologi yang terus dikembangkan selama beberapa tahun terakhir untuk membantu perkembangan bisnis. Pernahkah Anda mendengar istilah Cloud Computing?

Anda mungkin hanya sering mendengar istilah Cloud saja. Cloud sendiri merujuk pada kumpulan server yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan pengolahan data. Seluruh data yang tersimpan dalam bentuk digital akan masuk dan disimpan di sana.

Bagi Anda yang memiliki website perusahaan, pasti sudah tidak asing dengan konsep Cloud. Seluruh data yang dibutuhkan untuk memuat website Anda akan dimasukkan ke dalam server yang ada di Cloud.

Sebelum adanya Cloud, Anda membutuhkan server sendiri dalam bentuk perangkat keras untuk dapat mengelola website bisnis. Perangkat keras memang masih digunakan untuk sebagian server, akan tetapi server Cloud akan jauh memberikan banyak kelebihan bagi bisnis Anda.

Lalu, apa yang dimaksud dengan Cloud Computing? Anda dapat langsung menyimak pembahasan lengkapnya di bawah ini seputar Cloud Computing mulai dari pengertian, perkembangannya di Indonesia, hingga manfaatnya bagi bisnis. Informasi ini tentu saja sangat berguna bagi Anda yang juga merupakan seorang pebisnis.

Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing memiliki artian secara harfiah yaitu komputasi awan. Cloud Computing adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyampaikan segala sesuatu yang terhubung melalui Internet.

Ada begitu banyak layanan Cloud Computing yang tersedia saat ini untuk memberikan kesempatan bagi setiap orang agar lebih fleksibel dalam melakukan pengolahan data. Seluruh data yang masuk ke dalam Cloud Computing akan disimpan dalam sebuah server virtual dengan skala yang besar.

Anda mungkin pernah melihat ruangan database di perusahaan besar yang penuh dengan berbagai perangkat keras. Jika bisnis Anda berhubungan dengan pengolahan data, tentu saja di kemudian hari Anda akan membutuhkan ruangan database seperti itu untuk menyimpan seluruh data yang masuk.

Anda pastinya ingin mengembangkan bisnis yang dijalankan saat ini, bukan? Di saat bisnis sudah mulai berkembang, ada lebih banyak data yang masuk ke dalam sistem Anda sehingga membutuhkan tempat penyimpanan seperti ruangan database tersebut.

Untuk membuat sebuah ruang database, lengkap dengan perangkat kerasnya, Anda perlu mengeluarkan anggaran yang sangat besar. Hal ini belum terhitung dengan biaya maintenance bulanan untuk membayar listrik yang sangat besar, perawatan perangkat keras, dan sebagainya.

Setelah membaca informasi tadi, Anda mungkin mulai bertanya-tanya bagaimana cara untuk bisa menyimpan data dalam jumlah besar tanpa harus mengeluarkan anggaran yang berlebih. Tentu saja caranya adalah dengan menggunakan Cloud Computing di mana seluruh data Anda dapat disimpan langsung di dalam cloud.

Cloud Computing dapat menjadi sebuah investasi yang membuat Anda mampu membawa bisnis yang dijalankan saat ini menuju ke langkah selanjutnya. Adanya Cloud Computing tidak hanya mengurangi anggaran saja, namun Anda juga tidak perlu repot-repot membuat ruang database karena semua data telah disimpan di dalam cloud atau server Internet. Mungkin ini saat yang tepat bagi bisnis Anda untuk mulai menerapkan Cloud Computing?

Baca juga: Kontainerisasi, Salah Satu Tren Cloud Computing 2022

Perkembangan Cloud Computing di Indonesia

Cloud Computing memang baru sering terdengar selama beberapa tahun terakhir. Akan tetapi, konsepnya sendiri sudah lahir sejak tahun 1960-an ketika muncul teknologi yang bernama Intergalactic Computer Network. Teknologi tersebut ditemukan oleh JCR Licklider.

Anda tentu tidak menyangka bahwa konsep tersebut sudah ada sejak zaman dahulu kala, bukan? Pada tahun tersebut, para ilmuwan memiliki gagasan bahwa jaringan komputasi dapat berkembang di mana semua orang dapat saling terhubung seperti jaringan listrik dan telepon.

Pada akhirnya, konsep tersebut telah direalisasikan dan hingga saat ini terus dikembangkan. Bahkan di Indonesia sendiri, teknologi Cloud Computing terus bertumbuh dengan persentase gabungan 48% selama 5 tahun terakhir.

Meningkatnya penggunaan teknologi Cloud Computing ini juga disertai dengan pertumbuhan bisnis di Indonesia, khususnya perusahaan-perusahaan startup yang terus berinovasi dengan memanfaatkan teknologi terkini. Hadirnya perusahaan startup di Indonesia tidak hanya membantu permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat saja, namun juga membantu perekonomian di negara kita sendiri.

Jenis Jenis Cloud Computing

Pada dasarnya Cloud Computing terbagi ke dalam berbagai jenis layanan, diantaranya:

  1. Infrastructure as a Service (IaaS), yaitu tipe layanan yang mana Anda dapat menyewa infrastruktur IT ini dengan sistem pembayaran sesuai dengan penggunaan yang telah terpakai. 
  2. Platform as a Service (PaaS), yaitu tipe layanan yang menyediakan lingkungan sesuai dengan permintaan pengguna untuk mengembangkan, menguji, mengirimkan, dan mengelola aplikasi perangkat lunak.
  3. Severless Computing, yaitu tipe layanan yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi dan/atau website tanpa perlu lagi memikirkan bagaimana server harus dioperasikan. Serverless Computing diibaratkan seperti hosting cPanel.
  4. Software as a Service (SaaS), yaitu tipe layanan terakhir yang dapat mengirimkan aplikasi perangkat lunak melalui Internet, sesuai permintaan, dan berdasarkan tipe langganan.

Selain terbagi berdasarkan jenis layanan, Cloud Computing juga memiliki jenis yang sesuai dengan karekteristik yang dimilikinya. Berikut ini penjelasannya:

  1. Public Cloud, yaitu jenis Cloud yang dapat diakses oleh publik tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. 
  2. Private Cloud, yaitu jenis Cloud yang tidak bisa diakses sembarangan sebab layanan ini terkunci dan hanya dapat digunakan oleh perusahaan yang menyewa atau berlangganan. 
  3. Hybrid Cloud, jenis Cloud yang satu ini merupakan perpaduan dari Public dan Private Cloud. Jadi dengan kata lain, data dapat berpindah dari Public ke Private Cloud, dan dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan perusahaan yang menyewa.
  4. Multi Cloud, yaitu jenis yang terdiri dari beberapa Cloud Computing yang berbeda, baik berupa vendor (karakteristik) maupun layanannya.

Untuk memehami lebih detail mengenai jenis/tipe-tipe Cloud Computing yang sering diguakan untuk menunjang kelangsungan bisnis, Anda dapat membacanya di artikel berikut iniTipe-Tipe Cloud Computing untuk Bisnis Anda“.

Bagaimana Cara Kerja Cloud Computing?

Pada dasarnya layanan Cloud Computing dapat mulai bekerja saat penggunanya telah terhubung dengan jaringan internet. Fungsi jaringan internet adalah untuk mengakses file atau data dan aplikasi.

Saat terhubung dengan internet, pengguna harus login ke dalam sistem komputasi dan permintaan layanan akan diteruskan ke server Cloud Computing. Nantinya, pengguna dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh Cloud Computing sesuai kebutuhan, baik untuk mengakses, mengedit bahkan memperbaharui data sesuai keinginan pengguna.

Baca juga: Apa Itu Server dan Seberapa Penting Peranannya?

3 Manfaat Penggunaan Cloud Computing untuk Bisnis Anda

Apakah Anda merupakan seorang pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya di kancah nasional atau bahkan internasional? Anda perlu menerapkan Cloud Computing untuk mampu bersaing dan berkembang secara global. Untuk itu, berikut ini 3 manfaat penggunaan Cloud Computing di dalam bisnis yang perlu Anda ketahui.

1. Tidak Membutuhkan Sumber Daya yang Besar

Penggunaan Cloud Computing dapat membantu Anda dalam menghemat pengeluaran sumber daya. Sumber daya yang dimaksudkan di sini tidak hanya dalam bentuk uang saja. Ada berbagai macam sumber daya yang dikeluarkan oleh perusahaan mulai dari sumber daya manusia, waktu, operasional, dan lainnya.

2. Mengakses Data Secara Real-Time

Seluruh data yang masuk ke dalam Cloud Computing akan diolah secara real-time sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan pun dibutuhkan. Bahkan, Anda dapat mengaksesnya melalui perangkat jenis apapun.

3. Meningkatkan Kolaborasi Antar Tim

Manfaat Cloud Computing yang selanjutnya adalah meningkatkan kolaborasi antar tim. Hal ini dapat terjadi karena kemudahan Cloud Computing dalam memberikan akses data secara real-time, maka karyawan antar divisi pun dapat berkolaborasi dengan mudah. Dengan demikian, kerjasama yang terbangun akan semakin efektif dan efisien.

4. Tingkat Keamanan yang Tinggi

Keamanan data harus dijaga dengan baik untuk mencegah risiko terjadinya pencurian data yang dapat disalahgunakan oleh berbagai pihak. Cloud Computing memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terjadi pencurian data.

Jadi, Cloud Computing Adalah …

Cloud Computing adalah sebuah metode yang digunakan untuk menyampaikan segala sesuatu yang terhubung melalui Internet yang memiliki berbagai manfaat seperti lebih fleksibel dalam melakukan pengolahan data yang besar.

Apakah Anda sudah ingin menerapkan Cloud Computing di dalam bisnis yang dijalankan saat ini? Anda dapat menggunakan Cloud Computing dari penyedia layanan Cloud tepercaya di Indonesia ‘Lintasarta Cloudeka‘ untuk mengembangkan bisnis. Ingin tahu lebih lanjut seputar layanan tersebut? Hubungi Lintasarta Cloudeka sekarang juga dan tim kami siap membantu untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda di era teknologi yang terus berkembang.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.