Menu Close

Berita & Acara

Keunggulan Public Cloud yang Perlu Tim IT Pahami

Keunggulan Public Cloud
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Keunggulan Public Cloud yang dapat diperoleh adalah sifatnya yang fleksibel, dan keamanan yang tinggi. Menyangkut hal ini, maka Public Cloud sebagai suatu layanan pihak ketiga yang menyediakan sumber daya seperti penyimpanan, aplikasi melalui Internet, dan mesin virtual (VM). Karena bersifat terbuka, maka banyak pelanggan yang dapat menggunakan layanan ini melalui Internet.

Selain itu, ada juga yang namanya Private Cloud. Di mana sebagai pemilik mereka yang membangun infrastruktur tersebut kemudian mengelola dan mengoperasikan semuanya secara mandiri. Hosting yang tersedia untuk Private Cloud dapat berada di lokasi yang sama, lokasi yang berbeda, atau, secara hybrid.

Sehingga Kita juga dapat mengenal yang namanya on premise, yang artinya infrastruktur untuk Cloud baik perangkat keras dan perangkat lunak berada di lingkungan fasilitas pemilik. Sedangkan off premise, maka sepenuhnya infrastruktur untuk Cloud berada di lingkungan fasilitas penyedia layanan. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa kedua dapat digabungkan dan digunakan secara bersama.

Mengingat mengenai kontrol atas infrastruktur yang ada, maka Private Cloud dikelola dan dikontrol oleh pemilik secara mandiri. Sedangkan Public Cloud, sepenuhnya dikelola dan dikontrol oleh penyedia layanan di mana mereka akan bertanggung jawab untuk memeliharanya serta keamanan yang sangat baik. Selanjutnya mari kita pelajari hal lain yang menyangkut Public Cloud.

Baca juga: Public Cloud vs Private Cloud vs Hybrid Cloud: Inilah Perbedaannya

Karakteristik Public Cloud

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Public Cloud berfungsi untuk menyediakan layanan komputasi Cloud kepada penggunanya sesuai dengan permintaan. Pada dasarnya cara kerja dari layanan tersebut adalah menawarkan solusi kepada pelanggan yang membutuhkan sebuah kapasitas lebih banyak untuk mendukung penyelenggaraan suatu kebutuhan tertentu. Dalam layanan ini terdapat beberapa karakteristik Public Cloud yang dapat kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

1. Resource Pooling System

Karakteristik ini bekerja secara dinamis dalam mengumpulkan sumber daya. Artinya, penyedia layanan dapat berbagi sumber secara real time ke banyak pelanggan yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus mereka.

2. Self-Service Available On Demand

Self service mengacu pada proses secara mandiri yang dapat dilakukan oleh konsumen tanpa melibatkan fungsionaris dari penyedia layanan untuk mengatasi keperluan seperti konfigurasi, kapasitas jaringan, dan melacak uptime server.

3. Easy Care and Maintenance

Perawatan dan pemeliharaan yang mudah adalah salah satu karakteristik Public Cloud. Kinerja server dipantau dan mudah untuk dipelihara. Selain itu, seminimal mungkin atau bahkan diupayakan  nihil terjadi downtime. Hal tersebut didukung oleh peningkatan kemampuan dan potensi untuk tetap prima.

4. Scalability and Rapid Extensibility

Karakteristik Public Cloud berikutnya adalah elastisitas terkait kapasitas Cloud untuk tumbuh dan menyusut dengan cepat sesuai kebutuhan konsumen. Di sisi lain, fitur dari Cloud ini mampu untuk memfasilitasi pengoperasian beban kerja yang hemat biaya. Misalnya ketika konsumen  membutuhkan banyak server untuk keperluan tertentu tetapi hanya digunakan dalam waktu yang singkat, seperti server database.

5. Service for Measuring and Reporting

Salah satu alasan mengapa menggunakan Public Cloud adalah pilihan ideal bagi perusahaan adalah ketersediaan layanan reporting. Fitur ini bermanfaat untuk melacak dan melaporkan layanan yang telah digunakan. Laporan ini akan menjelaskan untuk tujuan apa layanan telah digunakan dan juga memantau tagihan.

6. Security

Public Cloud menjadi layanan yang menguntungkan karena bermanfaat untuk melindungi data yang tersimpan termasuk data pribadi, data perusahaan, dan data penting lainnya. Semua data memiliki salinan cadangan untuk menghindari kerusakan atau kehilangan data. Misalnya, salah satu server sedang bermasalah dan secara tidak sengaja kehilangan data, maka versi salinannya dari server lain digunakan untuk memulihkan data yang rusak atau hilang itu.

7.  Automated Systems

Sistem otomatis memberikan kemudahan dan menghilangkan kerja fisik. Sehingga semua yang terkait Public Cloud dapat bekerja sendiri secara teratur. Tetapi, perlu diketahui bahwa untuk menerapkan sistem ini maka harus dilakukan konfigurasi dan teknologi virtual, server, serta kapasitas penyimpanan dalam jumlah besar.

Baca juga: Apa Itu Cloud Native, Karakteristik dan Kelebihannya?

Keunggulan Public Cloud

Seperti yang sudah disebutkan bahwa Public Cloud sangat ideal untuk mengelola informasi dan data. Layanan ini memberikan akses ke server, dan tempat penyimpanan data melalui Internet. Beberapa keunggulan dari layanan ini membuatnya dipilih untuk melakukan tugas pengelolaan dan pemeliharaan data. Sifatnya yang fleksibel sangat memudahkan untuk meningkatkan atau mengurangi kapasitas sesuai kebutuhan. Mari perhatikan sejumlah keunggulan yang ada pada Public Cloud.

1. Biaya yang Terjangkau

Keunggulan yang sangat signifikan dari layanan Public Cloud adalah terkait biayanya yang terjangkau. Efektivitas biayanya sangat bermanfaat untuk organisasi yang membutuhkan pengelolaan yang tidak terlalu besar tetapi ingin memanfaatkan tingkat keamanan yang baik. Sehingga mereka akan membayar sesuai dengan kebutuhan atau apa yang mereka gunakan saja.

2. Skalabilitas

Keunggulan berikutnya adalah Public Cloud dirancang agar sangat terukur. Itu artinya, daya yang diinginkan atau sebaliknya yang tidak diperlukan dapat dengan mudah dan cepat untuk ditambahkan atau dihapus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, terjadi lonjakan lalu lintas pada situs web, maka suatu organisasi dapat merespons dengan cepat agar sumber daya dapat ditingkatkan untuk menanggulangi permintaan yang sedang terjadi. 

3. Kemudahan Pemeliharaan

Salah satu kemudahan yang diterima oleh pengguna Public Cloud adalah kemudahan dalam hal pemeliharaannya. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk penggunanya lebih fokus terhadap aplikasi dan logika bisnis. Tentu saja hal ini akan menghasilkan waktu yang lebih hemat dan terhindar dari risiko maupun biaya yang signifikan.

4. Peningkatan Keamanan yang Maksimum

Kenyamanan yang diberikan oleh penyedia layanan Public Cloud adalah keamanan dari setiap informasi maupun data yang dipercayakan untuk dikelola oleh mereka. Tentu saja ketika menggunakan layanan ini secara umum infrastrukturnya lebih aman dan tepercaya. Selain itu, kecanggihan layanan ini  menawarkan beberapa fitur yang lebih lengkap untuk menambahkan keamanan maksimum.

Baca juga: Mengenal Phising, Kegiatan Kriminal di Dunia Maya

5. Redundansi Server

Menggunakan Public Cloud pastinya sebagai pengguna akan mendapatkan sejumlah manfaat yang berarti. Redundansi server memungkinkan untuk melakukan penanggulangan yang tepat ketika terjadi gangguan pada server yang mungkin mengakibatkan server tersebut berhenti beroperasi.

Ketika hal ini terjadi, secara otomatis aplikasi akan dialihkan ke server lain di Cloud sambil memastikan semua data selalu tersedia untuk digunakan.selain itu, akan bermanfaat untuk mengurangi  terjadinya  downtime sehingga operasional tetap berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cloud Storage Adalah Platform Penyimpanan, Kenali Fungsinya!

Tips Memilih Public Cloud Provider

Pada era yang makin canggih, penyedia layanan Public Cloud juga ikut berkembang dan beragam. Dalam memilih provider tentu ingin yang tepat dan cocok. Tetapi sebelum menyentuh ke arah itu sebaiknya pahami dahulu kebutuhan dan rencana yang ingin diterapkan. Agar dalam memilih provider menjadi lebih baik, berikut beberapa tips untuk menuntun dalam memilih.

1. Research

Layanan Public Cloud saat ini sudah sangat banyak, oleh karena itu untuk menemukan provider yang tepat maka lakukan research dan bandingkan satu dengan lainnya termasuk fitur, manfaat, dan keunggulannya masing-masing. Sehingga kamu dapat menyesuaikan dengan apa yang dibutuhkan untuk operasional.

2. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setelah menemukan layanan yang cocok, kamu perlu sesuaikan dengan kebutuhan serta perhatikan apakah layanan tersebut mudah untuk digunakan dan cocok dengan rencana yang akan dijalankan atau tidak.

3. Tersedia Layanan Customer Support

Terkadang kamu juga membutuhkan layanan customer support untuk beberapa bagian yang tidak dikuasai sehingga layanan Cloud yang memiliki customer support di saat kamu membutuhkan sangatlah penting. Oleh karena itu pastikan mereka memiliki layanan tersebut untuk mendukung kamu di saat tertentu.

4. Tentukan Kebutuhan dan Keamanan Data

Mempertimbangkan keamanan data sangatlah penting terutama jika kamu menerapkan on premise server sehingga membutuhkan salinan cadangan data untuk menanggulangi ketika terjadi kerusakan, atau bahkan kehilangan data penting.

5. Prediksi Pembayaran

Mengenai pembayaran tentu saja harus dipertimbangkan sejak awal. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penggunaan yang tidak terprediksi sehingga beban biaya tiba-tiba melonjak. Sebaiknya pilih provider yang menyediakan sistem pembayaran yang mudah, transparan, dan memiliki prediksi penggunaan kamu secara terperinci.

6. Reputasi

Profil dari layanan Cloud harus diketahui sejak awal sebelum menentukan memilih menggunakan provider tertentu. Pastikan mereka memiliki sertifikasi, data center, level tier bagaimana, serta level service level agreement (SLA). Hal ini agar semua informasi dan data penting terpelihara dengan baik dan ditangan yang tepat sehingga operasional kamu juga berjalan dengan baik.

Public Cloud sangat dibutuhkan dalam era digital untuk menunjang operasional sebuah organisasi atau bisnis. Manfaatnya yang diterima seperti skalabilitas yang tidak terbatas, akses yang mudah, keamanan data yang terjamin, dan meningkatkan efisiensi serta mempercepat inovasi. Layanan ini tentu saja dapat diandalkan untuk mengelola serta memelihara informasi dan data penting lainnya.

Tingkatkan inovasi dan hindari risiko keamanan data serta bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi. Cloudeka adalah Cloud Web Hosting Services yang memiliki profil tepercaya serta profesional dalam menyediakan layanan Public Cloud. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan efisiensi operasional dengan pelayanan yang andal. Hubungi sekarang untuk mendapatkan solusi terbaik.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.