Menu Close

Berita & Acara

Memahami Profesi Content Creator yang Banyak Dicari

content creator adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Apa itu content creator? Secara sederhana, content creator adalah orang yang pandai membuat konten. Konten yang mereka buat biasanya disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti TikTok, Instagram, atau YouTube.

Makna content creator sebenarnya lebih dari itu. Mereka bukan hanya sekadar pencipta konten semata, namun kehadiran content creator berpengaruh besar dalam dunia pemasaran masa kini.

Dalam artikel ini, Cloudeka akan menjelaskan apa itu content creator, kemampuan apa yang harus dimiliki seorang content creator, dan cara sukses untuk menjadi content creator yang mumpuni.

Apa Itu Content Creator?

Seorang content creator merupakan individu yang memiliki keahlian dalam membuat berbagai jenis konten, baik itu berupa tulisan, gambar, audio, atau video. Namun, menjadi content creator ternyata tidak sekadar membuat konten. Banyak tahapan yang harus dilakukan pembuat konten, termasuk proses sebelum dan sesudah pembuatan konten dilakukan. 

Hal-hal yang perlu dilakukan ketika akan menjadi content creator:

  • Melakukan riset untuk mengetahui tren yang bisa dijadikan ide konten
  • Memastikan kebenaran ide dan informasi yang didapat
  • Mengedit konten
  • Mengelola website dan menerapkan social media marketing saat mempublikasikan konten, mengukur engagement dengan audiens, melakukan campaign promosi, dan lainnya
  • Mengevaluasi traffic konten dengan analytics tools

Baca juga: Apa Itu User Generated Content? Ini Tips Menjalankan Strateginya

Skill Wajib Content Creator

Seorang content creator membutuhkan skill atau kemampuan yang harus terus diasah agar produksi konten makin berkualitas. Berikut beberapa kemampuan yang dibutuhkan seorang content creator:

1. Mampu Menganalisis Konten

Seorang content creator harus mampu memproduksi konten yang unik, menarik, dan berkualitas agar disukai oleh audiens. Mereka memerlukan skill untuk melakukan riset terhadap audiens dan menganalisa konten yang sedang disukai agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

2. Komunikasi

Seorang content creator harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Alasannya, content creator harus mengonversi semua ide dalam sebuah konten yang mudah dipahami oleh audiens. Materi konten dalam bentuk grafis, teks, audio, atau video harus mampu tersampaikan dengan baik guna memenuhi target dari yang diharapkan oleh sebuah brand.

3. Memahami Target Audiens

Content creator perlu memahami siapa target audiens mereka agar bisa menyajikan konten yang sesuai. Dalam mencari ide pembuatan konten, seorang content creator dapat memanfaatkan informasi demografi, seperti usia, minat, pendidikan, lokasi, dan pola pembelian. 

Sebagai seorang content creator, perlu memperhatikan apa saja yang disukai oleh target audiens. Pastikan ide yang tersebut dapat menghibur, menarik, atau berguna. Selain itu, sebagai seorang content creator harus mampu mempertimbangkan bagaimana ide-ide tersebut dapat masuk ke dalam strategi pembuatan konten.

4. Menguasai Tools

Pembuatan konten tentu melibatkan berbagai tools dan aplikasi, mulai dari kamera, speaker, lighting, dan lain sebagainya. Seorang content creator tentu harus mampu menggunakan tools sebagai alat untuk memproduksi konten, contohnya: aplikasi edit foto atau video.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Artikel yang Menguntungkan untuk Bisnis

Cara Sukses Menjadi Content Creator

Setelah memahami definisi dan kemampuan yang harus dimiliki seorang content creator, selanjutnya adalah cara sukses agar menjadi content creator hebat.

1. Buat Konten yang Khas

Buat konten yang menjadi gaya dan ciri khas Anda. Gaya dan ciri khas inilah yang akan membedakan Anda dari pencipta konten yang lainnya. Akhir-akhir ini, banyak content creator yang memiliki ciri khasnya masing-masing. Jika tidak memiliki ciri khas, Anda akan terkalahkan dengan yang lain karena lebih menarik. Gunakan cara pembuatan konten yang unik, sehingga Anda akan mendapatkan gaya konten tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain.

2. Rajin Membaca

Konten yang bagus tentu memerlukan bekal yang baik. Salah satu bekal itu bisa didapat dari membaca. Anda perlu rajin membaca, khususnya mengenai soal industri yang sedang dijalani. Rajin membaca akan berpengaruh terhadap proses penciptaan konten. Konten yang dibuat akan sesuai dengan kondisi industri saat ini.  Tidak hanya itu, konten yang dibuat akan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh audiens kalau Anda rajin membaca.

3. Catat Setiap Ide

Carilah waktu sehari-hari selama 10-15 menit untuk duduk dan menuangkan segala ide dan pemikiran yang ada. Dengan menulis semua ide dan pemikiran tersebut, maka tidak akan ada ide yang terbuang sia-sia.

4. Mempelajari Audiens

Seorang pencipta konten juga mesti mempelajari audiens dari industri yang sedang dijalani nya. Hal itu dikarenakan audienslah yang akan menilai konten yang telah dibuat dan diterbitkan. Content creator yang baik umumnya mengetahui audiensnya luar dalam. Mereka bisa mengetahui usia, gender, lokasi tinggal, keluarga, pekerjaan, dan gaji dari audiensnya. Dari situ, mereka bisa membuat konten yang sesuai.

5. Berinteraksi dengan Konten Orang Lain

Content creator yang sukses tidak hanya sekadar membuat dan membagikan konten yang sesuai dengan industrinya. Sebagai content creator harus bisa berinteraksi dengan konten orang lain dan menunjukkan bahwa ia juga seorang ahli secara tidak langsung.

Hal itu akan membuat content creator menjadi lebih memiliki nilai informasi, terlebih jika dapat menambahkan fakta lain terkait unggahan orang lain tersebut. Personal branding Anda akan terbentuk juga dengan langkah ini.

6. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Seorang pembuat konten harus memiliki rasa haus akan pengetahuan. Hal ini akan membantu menciptakan konten yang bervariasi dan tidak monoton. Posisikan diri Anda sebagai orang yang tidak tahu sehingga Anda akan terus mencari tahu. Jangan pernah puas dengan ilmu yang sudah dimiliki dan tetaplah mencari ilmu-ilmu baru setiap harinya.

Selain content creator, bisnis juga membutuhkan layanan Cloud untuk mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, Cloudeka hadir untuk memenuhi kebutuhan Cloud baik pada perusahaan kecil maupun besar dan berupaya untuk meningkatkan bisnis melalui layanan Cloud tersebut. 

Untuk segala kemudahan pengelolaan data, server, dan kepentingan bisnis yang berhubungan dengan Cloud, hubungi Cloudeka sekarang juga untuk menemukan solusinya.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.