Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu User Generated Content? Ini Tips Menjalankan Strateginya

user generated content ugc
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

User generated content adalah salah satu jenis strategi marketing yang paling autentik. Mengapa demikian? Hal ini karena konten tersebut dibuat oleh pelanggan Anda secara langsung. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mengunggah ulang konten tersebut untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan lain maupun calon pelanggan baru. Konten yang dibuat oleh pelanggan bisa dikatakan juga sebagai review atau testimoni pelanggan.

Apa Itu User Generated Content?

User generated content merupakan konten berupa foto, video, teks, dan lain-lain yang dibuat oleh pelanggan Anda untuk diunggah dan disebarkan di media sosial. Biasanya pelanggan melakukan hal ini untuk menceritakan opini dan pengalaman mereka setelah mencoba suatu produk yang mereka sukai.

Terkadang, pelanggan menggunakan hastag dan mention brand tersebut agar pemilik produk mengetahuinya. Biasanya pihak brand akan melakukan repost konten sebagai respons cepat, sekaligus konten tersebut akan digunakan sebagai bahan marketing. 

Pelanggan membuat konten tersebut secara sukarela dan tidak dibayar. Dalam hal ini, pelanggan hanya ingin memberikan review atau testimoni terkait produk tersebut. Dari sisi bisnis, konten ini sangat penting lantaran bisa meyakinkan pembeli potensial. 

Baca juga: Pengertian Marketing Mix yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat User Generated Content Bagi Bisnis

Manfaat Konten UGC User Generated Content Bagi Bisnis

Mengapa user generated content ini memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis, khususnya digital marketing? Padahal menggunakan metode iklan di sosial media, seperti endorsement atau brand ambassador bisa terlihat lebih profesional. 

Terdapat alasan-alasan penting user generated content masih menjadi garda depan sebagai bentuk pemasaran atau promosi produk. Berikut manfaat user generated content untuk perkembangan bisnis Anda.

1. Meningkatkan Traffic Organik

User generated content termasuk strategi pemasaran yang dapat meningkatkan hasil pencarian organik di mesin pencarian Google. Selain itu, konten yang telah dibuat dapat memengaruhi keputusan pembelian serta dapat membangun brand awareness dan kepercayaan serta komunitas brand yang lebih kuat.

2. Mempromosikan Keaslian Produk

Pelanggan dinilai lebih menyukai user generated content dibandingkan konten promosi yang dibuat oleh brand itu sendiri. Hal ini karena kontennya dianggap lebih alami dan asli. Konten yang dibuat pelanggan cenderung memperlihatkan kejujuran, apalagi ditambahkan dengan tulisan atau review pengalaman mereka setelah menggunakan produk tersebut.

Pada umumnya, terdapat dua kemungkinan pelanggan berani memberikan review sebuah produk, yaitu karena merasa puas dan merasa kecewa. Kejujuran review ini yang ditunggu oleh pelanggan lain untuk meningkatkan kepercayaan mereka atas produk tersebut.

3. Membangun Kepercayaan

Menurut Hootsuite, 70% pelanggan memercayai opini pelanggan lain yang disampaikan secara online. Bahkan survei yang dilakukan Hootsuite menyatakan, bahwa sebanyak 30% milenial tidak akan pergi ke sebuah restoran apabila lokasinya tidak terdeteksi di Instagram atau Google. Mengapa? Karena mereka tidak bisa melihat pengalaman pelanggan lain di tempat tersebut.

Pelanggan cenderung ingin mengetahui semua hal tentang sebuah brand, mulai dari produk, layanan, dan pengalaman orang lain. Sebab itu, penting bagi Anda pemilik bisnis untuk membangun kepercayaan pelanggan dengan memenuhi berbagai kebutuhannya sebaik mungkin.

4. Menuntun Keputusan Pembeli

Tentunya peran utama UGC dalam bisnis adalah untuk meningkatkan penjualan. Apabila pelanggan sudah percaya, maka mereka akan menuntun untuk menentukan keputusan untuk membeli suatu produk. Setelah pelanggan mengeksplor begitu banyak konten review, biasanya pelanggan memutuskan untuk mencoba sendiri produk tersebut dan memastikan apakah pengalaman yang dibagikan itu sesuai atau tidak.

Anda dapat menyimpan konten review tersebut di story highlight apabila Anda menggunakan Instagram. Hal ini memungkinkan calon pelanggan dapat melihat konten tersebut setiap membuka profil brand tersebut.

5. Hemat Biaya Pemasaran

Pemilik bisnis dapat menghemat biaya pemasaran, lantaran konten tentang keunggulan produk telah tersebar di media sosial. Tanpa harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan atau membayar brand ambassador, Anda telah mendapatkan konten gratis dari pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Affiliate Marketing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Tugas User Generated Content

Terdapat beberapa tugas dari user generated content, diantaranya adalah.

1. Mempromosikan Keaslian

Fungsi dari user generated content adalah untuk melakukan promosi dengan cara yang unik dan didasarkan pada pengalaman penggunaan produk terkait. Dengan adanya user generated content, bisnis dan produk yang dijual dapat mendapatkan keuntungan karena dapat meningkatkan kepercayaan dan popularitas produk.

Hal ini disebabkan karena pengguna lain percaya bahwa ulasan yang diberikan berasal dari pengalaman dan kejujuran pengguna tersebut. Sehingga, penggunaan user generated content menjadi sangat penting bagi pengembangan bisnis dan produk.

2. Mengelola dan Menggunakan Media Secara Bijak

Untuk menggunakan user generated content, sebuah bisnis perlu memilih konten yang paling relevan dan berkualitas untuk diunggah ke akun bisnisnya. Selain itu, bisnis tersebut juga harus memastikan bahwa pengguna yang membuat konten memberikan izin untuk penggunaan atau pengunggahan ulang konten tersebut.

3. Memilih User Generated Content yang Sesuai

Dari sudut pandang bisnis, konten yang dipilih untuk dipublikasikan harus sejalan dengan nilai dan standar yang dipegang oleh produk atau perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa konten yang dipilih aman dan tidak mengandung unsur yang merugikan, baik untuk perusahaan itu sendiri maupun orang lain.

4. Menuntun Keputusan Pembelian

User generated content bertujuan untuk mendorong pengguna lain untuk membuat keputusan pembelian produk dengan lebih mudah. Dengan mendapatkan kepercayaan dari pengguna, sebagai pembuat user generated content, Anda dapat dengan mudah meyakinkan pengguna lain untuk menggunakan produk yang sama yang telah diulas.

Baca juga: Mengenal Engagement Rate yang Menjadi Indikator Penting di Instagram

Contoh User Generated Content

Contoh User Generated Content

Ingin mencoba membuat user generated content? Berikut beberapa contoh bentuknya yang bisa Anda pilih. Pelajari penjelasan lengkapnya di bawah ini:

1. Ulasan Produk

Ulasan produk adalah contoh user generated content yang populer dimana pengguna memberikan ulasan tentang produk atau layanan yang digunakan, baik di platform media sosial maupun aplikasi e-commerce. Ulasan ini dapat membantu pengguna lain untuk memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak.

2. Foto atau Video Produk

Pengguna juga dapat membuat foto produk atau video yang menjelaskan pengalamannya saat menggunakan produk atau layanan dari sebuah perusahaan. Konten tersebut dapat dibagikan di media sosial atau platform lainnya untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang produk atau layanan tersebut kepada lebih banyak orang.

3. Konten yang Menginspirasi

User generated content dapat berupa konten inspiratif atau motivasi, seperti pengalaman pribadi dalam menggunakan produk atau layanan suatu bisnis. Konten semacam ini bisa membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dan memperkuat hubungan antara produk dengan lebih banyak khalayak.

4. Konten yang Menghibur

Banyak orang cenderung lebih menyukai jenis konten yang menghibur, bahkan jika itu berisi materi iklan. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkannya dengan membuat konten yang lucu atau kreatif ketika membagikan pengalaman penggunaan produk tertentu.

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Artikel yang Menguntungkan untuk Bisnis

5 Tips Menjalankan Strategi User Generated Content

Untuk menerapkan user generated content sebagai media promosi yang efektif, berikut beberapa tips menjalankan user generated content.

1. Branding 

Anda harus menentukan guideline pembuatan konten sebagai branding dari produk Anda. Biasanya pelanggan akan membuat konten review dengan menyesuaikan content branding yang telah Anda buat. Content branding ini dapat Anda aplikasikan pada setiap konten yang diproduksi, sehingga menjadi ciri khas tertentu pada brand Anda.

2. Memahami Target Audiens

Membuat konten media sosial tentu bukan hal yang mudah, terlebih jika audiens Anda bukan seseorang yang cukup memahami fitur-fitur media sosial. Sebab itu, penting untuk memahami target audiens dalam menjalankan strategi user generated content ini. 

Apabila audiens Anda bukan milenial atau gen Z, Anda bisa mengumpulkan konten review dengan mengajak pelanggan untuk meninggalkan komentar di halaman Facebook atau Instagram. Lalu, komentar tersebut bisa Anda screenshot untuk dibuat menjadi user generated content. 

3. Selalu Meminta Izin

Sebaiknya selalu meminta izin setiap Anda mengunggah ulang konten review tersebut, lantaran konten yang diunggah milik orang lain. Anda bisa meminta izin lewat direct message atau kolom komentar pemilik konten.

4. Menawarkan Sesuatu Sebagai Timbal Balik

Untuk mendapatkan user generated content, Anda dapat menawarkan sesuatu atau hadiah  dengan sistem giveaway kepada pelanggan. Namun, jangan terlalu fokus dengan giveaway, lantaran review yang diberikan berpotensi tidak alami dan tidak jujur.

5. Berinteraksi dengan Konten yang Dibuat oleh Pelanggan

Setelah Anda mendapatkan user generated content dari pelanggan, jangan lupakan untuk berinteraksi dengannya. Ini dapat melibatkan hal-hal seperti memberikan komentar positif, mengucapkan terima kasih atas kontribusi mereka, atau berbagi kembali konten tersebut di akun sosial media Anda.

Dengan berinteraksi secara aktif dengan konten yang dibuat oleh pelanggan, Anda dapat menciptakan rasa keterlibatan yang lebih dalam dan membangun komunitas yang loyal di sekitar produk atau brand Anda. Hal ini juga akan menginspirasi pelanggan lain untuk berbagi pengalaman mereka dan menciptakan lebih banyak konten yang dapat Anda manfaatkan dalam strategi user generated content Anda.

Itu dia informasi mengenai user generated content, beserta manfaat dan tips menjalankan strateginya.

Jadi, User Generated Content Adalah …

User generated content (UGC) adalah konten yang dibuat dari keinginan pelanggan itu sendiri dan merupakan metode yang paling mungkin dilakukan dalam membangun kepercayaan calon pelanggan lain. Konten-konten review yang telah dibuat dapat Anda unggah di media sosial atau website bisnis Anda.

Gunakan juga layanan Cloud Computing dari Cloudeka untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut mengenai hal tersebut di website atau hubungi kami secara langsung untuk mendapatkan kesempatan uji coba gratis.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.