Warning: Attempt to read property "home_url" on bool in /var/www/html/new/wp-content/plugins/polylang/include/links.php on line 55
Pengertian User Generated Content dan Tips Menjalankannya!
Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu User Generated Content? Ini Tips Menjalankan Strateginya

User Generated Content Adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

User generated content adalah salah satu jenis strategi marketing yang paling autentik. Mengapa demikian? Hal ini karena konten tersebut dibuat oleh pelanggan Anda secara langsung. Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mengunggah ulang konten tersebut untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan lain maupun calon pelanggan baru. Konten yang dibuat oleh pelanggan bisa dikatakan juga sebagai review atau testimoni pelanggan. 

Apa Itu User Generated Content?

User generated content merupakan konten berupa foto, video, teks, dan lain-lain yang dibuat oleh pelanggan Anda untuk diunggah dan disebarkan di media sosial. Biasanya pelanggan melakukan hal ini untuk menceritakan opini dan pengalaman mereka setelah mencoba suatu produk yang mereka sukai.

Terkadang, pelanggan menggunakan hastag dan mention brand tersebut agar pemilik produk mengetahuinya. Biasanya pihak brand akan melakukan repost konten sebagai respons cepat, sekaligus konten tersebut akan digunakan sebagai bahan marketing. 

Pelanggan membuat konten tersebut secara sukarela dan tidak dibayar. Dalam hal ini, pelanggan hanya ingin memberikan review atau testimoni terkait produk tersebut. Dari sisi bisnis, konten ini sangat penting lantaran bisa meyakinkan pembeli potensial. 

Baca juga: Pengertian Marketing Mix yang Perlu Anda Ketahui

5 Manfaat User Generated Content Bagi Bisnis

Mengapa user generated content ini memiliki peranan penting dalam perkembangan bisnis? Padahal menggunakan metode endorsement atau brand ambassador bisa terlihat lebih profesional. 

Terdapat alasan-alasan penting user generated content masih menjadi garda depan sebagai bentuk pemasaran atau promosi produk. Berikut manfaat user generated content untuk perkembangan bisnis Anda.

1. Meningkatkan Traffic Organik

User generated content termasuk strategi pemasaran yang dapat meningkatkan hasil pencarian organik di mesin pencarian Google. Selain itu, konten yang telah dibuat dapat memengaruhi keputusan pembelian serta dapat membangun kepercayaan dan komunitas brand yang lebih kuat.

2. Mempromosikan Keaslian Produk

Pelanggan dinilai lebih menyukai user generated content dibandingkan konten promosi yang dibuat oleh brand itu sendiri. Hal ini karena kontennya dianggap lebih alami dan asli. Konten yang dibuat pelanggan cenderung memperlihatkan kejujuran, apalagi ditambahkan dengan tulisan atau review pengalaman mereka setelah menggunakan produk tersebut.

Pada umumnya, terdapat dua kemungkinan pelanggan berani memberikan review sebuah produk, yaitu karena merasa puas dan merasa kecewa. Kejujuran review ini yang ditunggu oleh pelanggan lain untuk meningkatkan kepercayaan mereka atas produk tersebut.

3. Membangun Kepercayaan

Menurut Hootsuite, 70% pelanggan memercayai opini pelanggan lain yang disampaikan secara online. Bahkan survei yang dilakukan Hootsuite menyatakan, bahwa sebanyak 30% milenial tidak akan pergi ke sebuah restoran apabila lokasinya tidak terdeteksi di Instagram atau Google. Mengapa? Karena mereka tidak bisa melihat pengalaman pelanggan lain di tempat tersebut.

Pelanggan cenderung ingin mengetahui semua hal tentang sebuah brand, mulai dari produk, layanan, dan pengalaman orang lain. Sebab itu, penting bagi Anda pemilik bisnis untuk membangun kepercayaan pelanggan dengan memenuhi berbagai kebutuhannya sebaik mungkin.

4. Menuntun Keputusan Pembeli

Kepercayaan yang telah didapatkan oleh pelanggan akan menuntun mereka untuk menentukan keputusan pembelian. Setelah pelanggan mengeksplor begitu banyak konten review, biasanya pelanggan memutuskan untuk mencoba sendiri produk tersebut dan memastikan apakah pengalaman yang dibagikan itu sesuai atau tidak.

Anda dapat menyimpan konten review tersebut di story highlight apabila Anda menggunakan Instagram. Hal ini memungkinkan calon pelanggan dapat melihat konten tersebut setiap membuka profil brand tersebut.

5. Hemat Biaya Pemasaran

Pemilik bisnis dapat menghemat biaya pemasaran, lantaran konten tentang keunggulan produk telah tersebar di media sosial. Tanpa harus mengeluarkan biaya untuk memasang iklan atau membayar brand ambassador, Anda telah mendapatkan konten gratis dari pelanggan.

Baca juga: Apa Itu Affiliate Marketing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

4 Tips Menjalankan Strategi User Generated Content

Untuk menerapkan user generated content sebagai media promosi yang efektif, berikut beberapa tips yang dapat Anda aplikasikan.

1. Branding 

Anda harus menentukan guideline pembuatan konten sebagai branding dari produk Anda. Biasanya pelanggan akan membuat konten review dengan menyesuaikan content branding yang telah Anda buat. Content branding ini dapat Anda aplikasikan pada setiap konten yang diproduksi, sehingga menjadi ciri khas tertentu pada brand Anda.

2. Memahami Target Audiens

Membuat konten media sosial tentu bukan hal yang mudah, terlebih jika audiens Anda bukan seseorang yang cukup memahami fitur-fitur media sosial. Sebab itu, penting untuk memahami target audiens dalam menjalankan strategi user generated content ini. 

Apabila audiens Anda bukan milenial atau gen Z, Anda bisa mengumpulkan konten review dengan mengajak pelanggan untuk meninggalkan komentar di halaman Facebook atau Instagram. Lalu, komentar tersebut bisa Anda screenshot untuk dibuat menjadi user generated content. 

3. Selalu Meminta Izin

Sebaiknya selalu meminta izin setiap Anda mengunggah ulang konten review tersebut, lantaran konten yang diunggah milik orang lain. Anda bisa meminta izin lewat direct message atau kolom komentar pemilik konten.

4. Menawarkan Sesuatu Sebagai Timbal Balik

Untuk mendapatkan user generated content, Anda dapat menawarkan sesuatu atau hadiah  dengan sistem giveaway kepada pelanggan. Namun, jangan terlalu fokus dengan giveaway, lantaran review yang diberikan berpotensi tidak alami dan tidak jujur.

Itu dia informasi mengenai user generated content, beserta manfaat dan tips menjalankan strateginya. User generated content adalah metode yang paling mungkin dilakukan dalam membangun kepercayaan calon pelanggan lain. Konten-konten review yang telah dibuat dapat Anda unggah di media sosial atau website bisnis Anda.

Gunakan juga layanan Cloud Computing dari Cloudeka untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Pelajari lebih lanjut mengenai hal tersebut di website atau hubungi kami secara langsung untuk mendapatkan kesempatan uji coba gratis.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.