Menu Close

Berita & Acara

Key Opinion Leader sebagai Kunci Keberhasilan Social Media Marketing

key opinion leader adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Tentu Anda ingin memanfaatkan media sosial semaksimal mungkin dalam mempromosikan merek, bukan? Anda juga perlu merekrut seorang Key Opinion Leader (KOL) agar potensi keberhasilan pemasarannya makin meningkat. Key Opinion Leader adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan dapat membantu bisnis Anda mencapai tujuannya melalui strategi pemasaran media sosial yang efektif.

Anda mungkin pernah mempertimbangkan untuk menggunakan jasa KOL, tetapi masih belum yakin karena belum memahami maksudnya. Cloudeka akan menjelaskan tentang seluk-beluk KOL yang bisa menjadi panduan bisnis Anda dalam menjalankan social media marketing. Mari simak selengkapnya dalam artikel ini.

Memahami Key Opinion Leader (KOL)

Key Opinion Leader (KOL) adalah individu atau kelompok yang memiliki pengaruh besar serta menjadi sumber referensi bagi masyarakat karena keahliannya di bidang tertentu. KOL memiliki kemampuan untuk memengaruhi keputusan pembelian dan opini publik melalui aktivitas mereka di media sosial. Biasanya, KOL mempunyai jumlah pengikut yang cukup besar serta tingkat engagement yang tinggi dari pengikut mereka.

Seorang KOL biasanya mempunyai spesialisasi dalam berbagai bidang, seperti kecantikan, teknologi, kuliner, gaya hidup, otomotif dan sebagainya. Mereka bisa berasal dari latar belakang pekerjaan yang berbeda, seperti selebriti, influencer, pakar dalam bidang tertentu, atau individu yang memiliki minat dan keahlian khusus. 

KOL memiliki pengaruh besar di mata masyarakat. Mereka dianggap memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang tertentu sehingga masyarakat menganggap mereka sebagai sumber referensi yang bisa diandalkan.

Perbedaan KOL dan Influencer

Salah kaprah yang sering terjadi yaitu KOL dan influencer merupakan istilah yang sama. Walaupun sama-sama memiliki pengaruh di media sosial, KOL dan influencer alias pemengaruh memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaannya?

1. Keahlian

Influencer hanya memiliki keahlian dalam memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran, tetapi tidak di bidang tertentu. Mereka hanya bertugas mempromosikan produk barang atau jasa di media sosial. Sementara itu, KOL haruslah orang yang mempunyai ahli pada bidang yang spesifik. Banyak pengguna media yang percaya dengan opini dan informasi KOL karena lebih valid.

2. Cara Berkomunikasi

Influencer cenderung terlibat dalam komunikasi dua arah karena mereka berinteraksi dengan pengikutnya. KOL hanya memiliki komunikasi satu arah dalam menyampaikan informasi dan jarang merespons komentar dari pengikutnya. Namun, ada pula beberapa KOL yang menyempatkan waktu untuk berinteraksi dengan pengikutnya.

3. Media yang Digunakan

Influencer cenderung menggunakan media sosial atau website pribadi mereka sebagai sarana promosi. KOL juga eksis di media sosial, tetapi mereka aktif pula mengisi acara (event) baik secara langsung maupun media massa seperti radio dan televisi.

Baca juga: Apa itu Content Creator? Pahami Skill dan Tugasnya

Alasan Bisnis Anda Memerlukan KOL

Ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan jasa KOL untuk social media marketing. Berikut penjelasan mengenai manfaatnya.

1. Lebih Efisien Menjangkau Pelanggan

Walaupun tidak sebanyak influencer, KOL sudah memiliki basis pengikutnya. KOL bisa membantu Anda dalam menjangkau lebih banyak pelanggan melalui media sosial mereka. Pangsa pasar pun meningkat karena Anda mendapatkan pelanggan dari kelompok pasar yang berbeda.

2. Meningkatkan Angka Penjualan

Pelanggan cenderung membeli produk berdasarkan rekomendasi atau opini dari KOL. Jadi, tidak ada salahnya menggunakan KOL untuk meningkatkan angka penjualan produk Anda. KOL juga memahami tren industri yang sedang dijalankan serta memiliki keterlibatan dengan pasar sehingga mereka bisa menangkap peluang kesuksesan untuk mempromosikan produk.

3. Memperluas Jaringan Informasi Produk

KOL juga membuat bisnis Anda makin dikenal luas oleh masyarakat. Alhasil, Anda akan mendapatkan jaringan informasi yang lebih luas dalam waktu yang relatif singkat daripada tanpa menggunakan KOL. Banyak pengikut dari KOL yang mulai mengenal produk Anda serta merekomendasikannya kepada orang di sekitarnya.

4. Memperkuat Brand Awareness

KOL dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) bisnis Anda di mata calon pelanggan. Merek Anda pun makin dikenal luas melalui konten yang disajikan KOL dalam media sosialnya. Potensi ini makin meningkat apabila masyarakat mulai menganggap seorang KOL sebagai bagian spesifik dari brand bisnis Anda.

5. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Bisnis yang menggunakan KOL juga mengalami peningkatan reputasi sehingga lebih dipercaya oleh banyak orang. Masyarakat menganggap bahwa bisnis yang menggunakan KOL berani membayar harga lebih tinggi agar mereknya bisa dipercaya.

Baca juga: Apa Itu PPC? Bagaimana Cara Kerjanya?

Jenis-Jenis Key Opinion Leader

KOL mempunyai jenis yang mirip seperti influencer. Kategori jenis KOL dibedakan berdasarkan jumlah pengikutnya di media sosial. Ada empat jenis KOL yang perlu Anda pertimbangkan, yaitu:

1. Nano Influencer

Nano influencer baru terjun dan memulai kariernya di media sosial. Mereka mulai bisa disebut influencer kalau memiliki minimal 1.000 pengikut.

2. Micro Influencer

Seorang KOL bisa disebut micro influencer setelah berhasil mendapatkan minimal 10.000 pengguna sebagai pengikutnya. Mereka harus memiliki hubungan yang erat dengan pengikut agar engagement rate-nya meningkat.

3. Macro Influencer

Jenis KOL ini menempati posisi kedua tertinggi. Macro influencer memiliki jumlah pengikut minimal 100.000 pengikut di salah satu akun media sosialnya.

4. Mega Influencer

Mega influencer merupakan jenis KOL dengan pengaruh terbesar. Mereka telah berhasil membangun kariernya sebagai pemengaruh dan mendapatkan 1.000.000 pengikut di media sosialnya.

Tips Memilih Key Opinion Leader

Penting sekali untuk memilih KOL yang tepat agar strategi pemasaran media sosial Anda lebih potensial. Lantas, bagaimana caranya? Ikuti empat tips di bawah ini.

1. Pilih KOL yang Relevan dengan Brand

KOL harus memiliki keahlian yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Apabila perusahaan Anda memproduksi bumbu masak siap saji, carilah KOL seperti koki ternama yang ahli di bidangnya. Pastikan pula KOL yang Anda pilih mempunyai basis penggemar yang relevan dengan target pasar Anda.

2. Analisis Jumlah Pengikutnya

Jumlah pengikut juga menjadi patokan penting dalam memilih seorang KOL. KOL yang mempunyai lebih banyak pengikut lebih berpotensi meningkatkan angka konversi strategi pemasaran Anda.

3. Analisis Tingkat Engagement Rate

Tidak hanya jumlah pengikut, Anda juga harus memperhatikan tingkat keterlibatan (engagement rate) KOL di media sosialnya. Engagement rate dihitung dari jumlah komentar dan suka (likes) dibagi jumlah pengikut media sosialnya, kemudian dikali 100%. KOL yang memiliki engagement rate tentu akan membuat penyampaian brand Anda di media sosial mereka menjadi lebih efektif.

4. Gunakan Bantuan Deka Sense

Anda mungkin masih merasa ragu dalam memilih KOL karena takut hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Solusinya, gunakan aplikasi Deka Sense untuk membantu memilih KOL yang potensial untuk brand.

Deka Sense merupakan aplikasi berbasis social intelligence yang bermanfaat untuk menganalisis tren dan isu terkini dari media massa maupun media sosial. Cara kerjanya tidak rumit, Anda cukup memantau perkembangan tentang merek atau isu sosial lainnya hanya dalam dashboard. Hasil dari data tersebut bisa Anda gunakan untuk mencari KOL yang relevan dengan bisnis.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba cara ini? Hubungi kami segera untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Deka Sense dan cara menggunakannya untuk kebutuhan strategi pemasaran Anda. Tingkatkan keberhasilan strategi KOL Anda hanya dengan layanan terbaik dari Cloudeka!

Kesimpulannya, Key Opinion Leader adalah kunci penting keberhasilan strategi pemasaran media sosial. Jangan ragu untuk berinvestasi menggunakan KOL agar lebih banyak orang yang mengenal bisnis Anda.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.