Menu Close

Berita & Acara

Bagaimana Cara Menyimpan Video Dari Facebook?

cara menyimpan video dari fb
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Tren bermedia sosial makin marak ketika Facebook muncul pertama kali. Kemudian hadirlah sederet media sosial lainnya dengan keunikannya masing-masing. Facebook yang sederhana lama kelamaan mengalami perubahan dan penambahan pada fiturnya, salah satunya adalah fitur video.

Facebook memiliki fitur video dalam bentuk unggahan di album, story, dan reels. Ketika melihat video yang menarik, Anda tentu ingin menyimpannya, bukan? Lalu, bagaimana cara menyimpan video dari FB? Silahkan baca artikel ini hingga tuntas.

Sekilas tentang Perjalanan Berdirinya Facebook

Cara Menyimpan Video Facebook

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara menyimpan video dari FB, ada baiknya jika mengenal lebih dekat dengan media sosial yang satu ini. Platform biru dengan logo F sebagai ciri khasnya ini merupakan sebuah terobosan pada tahun 2000-an. Meskipun banyak media sosial lain sebelum Facebook pada tahun itu yang menawarkan tujuan yang sama dengan konsep berbeda, Facebook tetap menunjukkan keberadaannya yang paling dilihat masyarakat dunia. 

Semenjak kemunculannya pada tahun 2004, Facebook terus membuktikan dirinya tetap eksis di tengah-tengah banyaknya media sosial lainnya yang baru muncul dengan ciri khasnya. Sampai sekarang, Facebook masih tetap eksis dan malah mengembangkan sayapnya lebih luas dengan fasilitas beragam. 

Social media platform yang satu ini memiliki perusahaan yang sama dengan nama jejaring sosialnya. Namun, pada tahun 2021 Mark Zuckerberg sebagai CEO Facebook memperkenalkan Meta sebagai perusahaan yang menaungi Facebookdan aplikasi media sosial lainnya.  

Selama perjalanannya, Facebook mengalami berbagai macam perubahan dan perbaikan. Perubahan dan perbaikan ini terjadi dari interface aplikasi dan situs web hingga fitur yang ditawarkan oleh Facebook kepada penggunanya. Facebook menambahkan berbagai macam fitur seperti story yang diadopsi dari media sosial yang sedang menjadi tren saat itu. Selain itu, Facebook juga menambahkan fitur video pendek atau akrab disebut Reels seperti beberapa aplikasi yang sedang ramai beberapa tahun terakhir. 

Facebook yang awalnya hanya sebagai jejaring sosial dengan tujuan utama untuk berkomunikasi dan menambah pertemanan dengan siapa pun dan di mana pun, akhirnya menambahkan kegunaannya untuk menjadi tempat untuk melakukan bisnis. Facebook menyediakan fasilitas marketplace agar penggunanya dapat melakukan kegiatan jual beli dengan orang di dalam lingkup Facebook itu sendiri. 

Tidak hanya menambah fitur-fitur saja, namun sejauh yang diketahui Facebook sendiri telah melakukan merge dengan beberapa perusahaan media sosial untuk menjaga eksistensinya. Maka dari itu, saat ini Anda sebagai pengguna Facebook dapat menikmati fitur-fitur baru tersebut salah satunya adalah fitur video.

Cara Menyimpan Video dari FB

Hadirnya fitur video pada Facebook membuat banyak penggunanya berlomba-lomba untuk menciptakan video semenarik mungkin agar banyak yang melihat hasil karya tersebut. Alhasil, dampak yang didapatkan adalah makin banyak tawaran pertemanan pada akun si pembuat video tersebut atau mendapatkan spotlight dari para pengguna Facebook. 

Apabila Anda pengguna setia Facebook dan menikmati konten-konten video yang biasa dilihat setiap harinya, pastinya akan terpikir untuk menyimpan beberapa konten yang menarik perhatian. Entah hanya sekadar menyimpan atau ingin Anda tunjukkan ke orang-orang terdekat. 

Facebook sendiri tidak menyediakan opsi untuk mengunduh konten video yang Anda inginkan. Namun, Facebook menyediakan fitur save untuk menyimpan video yang ingin Anda sendirikan agar bisa dilihat lagi lain waktu. Fitur save ini perlu diketahui bahwa tidak bisa diakses apabila perangkat Anda tidak dialiri jaringan Internet. Sehingga, tetap saja apabila ingin melihat video yang Anda sisihkan pastikan untuk memiliki jaringan Internet aktif.

Baca juga: 5 Perbedaan Internet dan Intranet yang Wajib Diketahui

Apabila Anda masih bersikukuh untuk menyimpan video-video tersebut, namun Facebook tidak menyediakan solusinya, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali solusi yang bisa Anda gunakan untuk mengunduh dan menyimpan video dari Facebook ke galeri Anda.

Cara Menyimpan Video dari FB dengan Aplikasi

Cara Menyimpan Video FB menggunakan Video Downloader (Aplikasi)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengunduh video dari Facebook adalah dengan menggunakan aplikasi ketiga (third party) pada perangkat yang digunakan. Jika Anda termasuk orang yang sering mengunduh video dari media sosial seperti Facebook, maka cara ini sangat efektif.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk cara menyimpan video dari FB menggunakan aplikasi.

1. Unduh Aplikasi Pihak Ketiga di Perangkat

Bukalah official store pada perangkat Anda. Setelah itu, cari aplikasi yang berfungsi sebagai downloader atau pengunduh untuk video pada aplikasi media sosial. Lalu, klik unduh atau download yang otomatis akan ter-install pada perangkat.

Beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan diantaranya VidMate, Snaptube, dan Friendly for Facebook.

2. Buka Aplikasi Pihak Ketiga

Saat Anda membuka aplikasi yang telah terinstall pada perangkat. Aplikasi tersebut sebagai alat pengunduh kebanyakan akan menyambut penggunanya dengan link bar. Link bar ini yang mengharuskan Anda untuk mengisi dengan link URL video yang ingin diunduh dan disimpan.

3. Buka Aplikasi atau Situs Web Facebook

Tujuan dari membuka kembali aplikasi atau situs web Facebook adalah untuk menyalin link URL dari video yang Anda inginkan. Pastikan bahwa link URL yang disalin sesuai dengan kemauan Anda. 

4. Paste Link URL pada Link Bar

Kemudian Anda harus kembali lagi pada aplikasi pihak ketiga tersebut untuk menempelkan atau paste link URL yang sudah disalin sebelumnya. Aplikasi pihak ketiga kemudian akan memproses link URL tersebut untuk mencari video yang Anda maksud.

Baca juga: Apa Itu URL? Ini Fungsi dan Panduan Struktur URL yang Baik

5. Pilih Kualitas Video lalu Unduh Video

Aplikasi pihak ketiga akan menawarkan berbagai macam kualitas video yang bisa diunduh. Namun, tidak semua aplikasi pihak ketiga memiliki penawaran ini. Setelah Anda memilih kualitas video yang mana, klik langkah selanjutnya yang mengisyaratkan untuk mengunduh seperti, unduh, save, atau download. Tunggulah beberapa saat kemudian jika sudah selesai video dapat Anda tonton di folder pengunduhan pada perangkat.

Cara Menyimpan Video dari FB Tanpa Aplikasi (Web)

Cara Download Video Facebook Tanpa Aplikasi (Web)

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, mengunduh dan menyimpan video dari FB bisa dilakukan melalui browser. Cara ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara menyimpan video dari FB dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Bedanya terletak pada alat pengunduhnya saja.

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan apabila mengunduh dan menyimpan video dari FB melalui situs web.

1. Salin tautan atau Link URL Video dari FB

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk menyalin tautan atau link URL yang ingin diunduh dan disimpan ke perangkat. Tautan atau link URL video ini berfungsi sama seperti mengunduh video melalui aplikasi.

2. Search Situs Web untuk Mengunduh Video

Jika Anda sudah memiliki beberapa daftar tautan dari situs web yang berfungsi sebagai pengunduh video, langsung saja ketikkan pada search bar dan buka situs web tersebut. Namun, apabila Anda masih tidak tahu situs web mana, coba ketikkan kata kunci pada search bar untuk mencari situs tersebut dan search engine akan memberikan beberapa rekomendasi situs web yang bisa Anda gunakan.

3. Menempelkan Tautan pada Link Bar di Situs Web

Sama seperti menggunakan aplikasi, tempel atau paste tautan yang sudah Anda salin ke link bar yang tersedia pada situs web. Kemudian klik tombol yang mengarahkan Anda untuk mengunduh video.

4. Pilih Tempat Penyimpanan

Apabila Anda menggunakan komputer, maka browser akan menanyai di mana tempat untuk video tersebut disimpan. Atur tempat untuk mengumpulkan video-video dari FB tersebut yang akan Anda unduh. Kemudian, klik simpan atau save, maka video akan terunduh dan tersimpan di tempat penyimpanan yang sudah Anda kehendaki. 

Buka tempat penyimpanan tersebut dan temukan video dari FB yang sudah Anda unduh. Setelah itu, Anda tinggal menikmati video dan dapat menontonnya berulang-ulang.

Apa Saja Situs Web yang Bisa Digunakan untuk Menyimpan Video dari Facebook?

Berikut adalah beberapa situs web yang dapat digunakan untuk menyimpan video dari Facebook:

  1. SaveFrom.net: Situs web ini memungkinkan Anda untuk mengunduh video Facebook dengan cara yang mudah. Anda cukup menyalin URL video Facebook yang ingin Anda unduh, lalu tempelkan di halaman utama SaveFrom.net. Kemudian, pilih format video yang diinginkan dan klik “Download“.
  2. Getfvid: Situs web Getfvid juga menyediakan layanan pengunduhan video Facebook. Caranya mirip dengan SaveFrom.net. Copy link video Facebook yang ingin Anda unduh, tempelkan di halaman Getfvid, lalu pilih format video yang diinginkan dan klik “Download“.
  3. FBdown.net: Situs ini juga dapat digunakan untuk menyimpan video Facebook. Langkah-langkahnya serupa dengan situs lainnya. Cari video menarik yang ingin Anda simpan. Salin URL-nya, tempelkan di halaman FBdown.net, pilih format video, dan klik “Download“.

Apabila penyimpanan Anda pada perangkat tidak mencukupi, segeralah mencari solusi untuk penyimpanan yang disertai teknologi mutakhir dan tawaran jangka panjang yang menarik. Salah satu solusi yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan layanan penyimpanan Deka Box dari Lintasarta Cloudeka untuk penyimpanan data Anda termasuk video-video yang telah diunduh.

Lintasarta Cloudeka merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Cloud Computing di mana kami memiliki beragam layanan yang dapat digunakan untuk membantu Anda dalam melakukan pengoptimalan platform maupun situs bisnis yang sedang berlangsung. Ingin tahu apa saja layanan yang kami sediakan? Hubungi kami sekarang juga dan tim Lintasarta Cloudeka siap untuk membantu segala kebutuhan bisnis Anda dengan memberikan solusi digital yang tepat dan terbaik.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.