Menu Close

Berita & Acara

Contoh Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Artificial Intelligence (AI) memang memiliki peran yang cukup penting pada era ini. Apalagi seiring berjalannya waktu, akan semakin banyak inovasi-inovasi baru buatan manusia yang tentu saja akan memudahkan kehidupan sehari-hari. Terdapat beberapa contoh Artificial Intelligence yang memiliki manfaat yang cukup banyak terlebih pada dunia bisnis.

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam dunia bisnis saat ini, Artificial Intelligence juga memiliki perannya tersendiri. Ada banyak sekali contoh Artificial Intelligence yang dapat membantu menjalankan bisnis agar berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. 

Contoh Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh penerapan Artificial Intelligence dalam dunia bisnis.

1. Chatbot

Ketika masuk ke dalam situs maupun aplikasi sebuah perusahaan, Anda pasti akan disambut oleh ChatbotChatbot sendiri merupakan sebuah program Artificial Intelligence yang mana perannya adalah menjadi perantara antara pelanggan dengan penyedia layanan. Segala bentuk informasi umum yang ingin pelanggan ketahui akan terjawab dengan jelas dan singkat melalui Chatbot

Dalam dunia bisnis, tentunya Chatbot memiliki peran yang cukup penting terutama untuk memenuhi kepuasan para pelanggan. Apabila terjadi sebuah masalah yang cukup serius, biasanya Chatbot akan mengarahkan pelanggan tersebut agar langsung terhubung dengan customer service yang tersedia. 

2. Pendeteksi penipuan

Bukan menjadi hal umum lagi jika kasus penipuan cukup banyak ditemukan dalam dunia bisnis. Meskipun begitu, Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu khawatir karena dapat memanfaatkan sistem AI untuk membantu mendeteksi penipuan pada perusahaan. 

Dengan adanya pendeteksi penipuan, maka segala bentuk informasi mengenai pelanggan maupun perusahaan akan terjaga dengan aman dan tidak bocor ke pihak mana pun. Bukan hanya itu saja, dengan adanya pendeteksi penipuan ini, tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan akan meningkat. 

BACA JUGA:

3. Melakukan pemasaran berkala

Pernahkah Anda menggunakan sebuah aplikasi atau situs untuk berbelanja? Sebagian orang pasti telah menggunakan jenis aplikasi yang satu ini. Ketika masuk ke dalam aplikasi atau situs tersebut, kita akan menjelajahi produk dan tidak jarang melakukan transaksi secara langsung.

Secara tidak sadar, apa yang kita lakukan terekam dan data tersebut kemudian diolah oleh sistem. Inilah jawaban dari alasan mengapa kita sering mendapatkan rekomendasi atas produk yang pernah kita cari sebelumnya. 

Sistem Artificial Intelligence ini bukan hanya dapat membantu memasarkan suatu produk perusahaan namun juga memudahkan para pelanggan untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan tanpa harus menjelajahi seluruh situs website. 

4. Pemeliharaan prediktif

Contoh Artificial Intelligence selanjutnya cukup bermanfaat apabila kita melihatnya dari sisi perusahaan. Sistem Artificial Intelligence atau AI akan membantu perusahaan untuk memperbaiki atau bahkan mengganti mesin sebelum mesin tersebut menjadi rusak dan berhenti beroperasi. Dengan memanfaatkan sejumlah data yang kemudian diolah oleh sistem AI, maka perusahaan dapat mengambil keputusan akurat mengenai kapan alat tersebut perlu diperbaiki.

Simak artikel lengkap lainnya di sini.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.