Menu Close

Berita & Acara

Penerapan Internet of Things pada Dunia Bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Internet of Things (IoT) mungkin sudah tidak terdengar asing bagi para programmer. Namun bagi orang awam, hal ini masih terdengar tidak biasa. Secara umum, Internet of Things merupakan sebuah sistem yang memiliki keterikatan dan secara langsung terhubung dengan Internet. Sistem ini mampu mengumpulkan dan berbagai data melalui jaringan tanpa bantuan antar manusia ke manusia ataupun manusia ke komputer.

Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita cukup banyak menemukan sistem IoT. Contohnya seperti Smart Lamp yang dapat kita atur hanya dengan melalui suara, sensor pemadam kebakaran, atau detektor asap pada setiap gedung, dan terakhir yang paling sering Anda temui adalah pengunci pintu otomatis atau Smart Lock Key. 

Dalam era ini, sudah bukan rahasia umum lagi jika IoT seakan sudah menjadi bagian dan masuk ke dalam dunia bisnis. Perusahaan-perusahaan dalam bidang apapun tentu menggunakan sistem ini untuk memudahkan pekerjaan. 

Penerapan Internet of Things pada Dunia Bisnis

Seakan sudah menjadi bagian dari dunia bisnis, berikut beberapa penerapan Internet of Things yang akan sering Anda temukan dalam dunia bisnis saat ini. 

1. Pelacakan aset perusahaan

IoT dapat membantu suatu perusahaan untuk melakukan pelacakan aset tanpa harus melibatkan banyak orang di dalamnya. Dengan sistem ini, maka Anda dapat terbantu untuk melakukan pelacakan apabila terjadi aset yang hilang atau berpindah tempat. Biasanya pihak perusahaan akan memasang (installitem dan perangkat lunak IoT pada unit penyimpanan atau gudang. 

Dengan adanya IoT, maka akan memudahkan perusahaan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Bahkan tidak jarang, sistem pengawasan dengan bantuan IoT dapat membantu mencegah pencurian aset perusahaan sebelum terjadi. 

BACA JUGA:

2. Pengumpulan data yang akurat

Penerapan Internet of Things pada dunia bisnis selanjutnya yaitu membantu pekerja untuk melakukan pengumpulan data yang akurat. Perlu Anda ketahui, pengumpulan serta transmisi data cukup penting hampir di semua sektor bisnis, dan IoT telah membantu untuk mengubah pemprosesan data tersebut. Sebagai contoh, aplikasi berbasis IoT tentu dapat melacak pola para pengguna yang terhubung dengan perangkat.

Secara bersamaan juga, IoT juga dapat menafsirkan data-data tersebut agar dapat diperluas oleh perusahaan dengan tujuan untuk meneliti kebutuhan para pelanggan hingga menemukan strategi yang cocok untuk melakukan pemasaran akan suatu produk. 

3. Pekerjaan menjadi lebih efisien

Segala jenis pekerjaan yang bersinggungan dengan Internet tentu akan menjadi lebih efisien apabila ada sistem IoT di dalamnya. Karena terkadang, tidak semua pekerjaan dapat dilakukan oleh manusia.

Pekerjaan yang kompleks biasanya membutuhkan waktu pengerjaan yang lama apabila dilakukan oleh manusia. Namun, lain halnya apabila dikerjakan oleh sistem, Anda akan mendapatkan hasil pekerjaan secara cepat tanpa adanya batasan waktu. Sehingga, semua pekerjaan dalam berjalan dengan lancar dan efisien.

Simak artikel lengkap lainnya di sini. 

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.