Menu Close

Berita & Acara

Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perusahaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Tahukah Anda bahwa transformasi digital cukup penting bagi sebuah perusahaan untuk menjalankan bisnisnya. Karena tidak dapat kita pungkiri bahwa persaingan bisnis di dunia cukup ketat. Bukan hanya itu saja, transformasi digital juga memiliki manfaat tersendiri khususnya bagi sebuah perusahaan. 

Daripada hanya melakukan migrasi data ke Cloud, memanfaatkan transformasi lebih efektif untuk mengevaluasi ulang, mengoptimalkan sistem dan proses Anda. Memastikan bahwa keduanya dapat beroperasi dan cukup fleksibel untuk memberikan kecerdasan bisnis yang kuat dan membantu agar perusahaan mendapatkan kesuksesan di masa depan.

Alasan Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perusahaan

1. Luasnya wawasan berbasis data

Data dapat menjadi kunci untuk membuka wawasan pelanggan. Dengan lebih memahami pelanggan dan kebutuhan mereka, Anda sebagai pelaku bisnis dapat membuat strategi bisnis yang lebih berpusat terhadap pelanggan.

Hal ini karena menggunakan data terstruktur seperti informasi mengenai pelanggan pribadi dan data tidak terstruktur seperti metrik media sosial. Wawasan inilah yang nantinya dapat membantu mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan Anda.

Pada saat Anda beralih ke dunia digital, Anda dapat melacak metrik serta melakukan analisis data selama Anda melakukan upaya pemasaran digital. Wawasan berbasis data juga dapat membantu Anda dalam memahami pelanggan dengan lebih baik. Bukan hanya itu saja, ini juga dapat membantu Anda memikirkan kembali mengenai strategi bisnis, membantu pengambilan keputusan yang lebih baik, dan membuka jalan menuju ROI yang lebih tinggi.

2. Memberikan pengalaman yang baik kepada pelanggan

Pada dasarnya, poin dari transformasi digital ini adalah mengenai pengalaman pengguna. Semakin berkembangnya teknologi, semakin banyak perusahaan yang sadar bahwa strategi transformasi digital yang maju dapat membantu meningkatkan pengalaman pengguna. 

Anda sebagai pelaku bisnis juga harus mempertimbangkan bahwa pelanggan tentu saja memiliki harapan yang tinggi mengenai dunia digital ini. Karena ini tidak hanya bersifat efisien pada perusahaan Anda namun juga kepada pelanggan agar pengalaman mereka menjadi lebih luas dan cukup intuitif. 

BACA JUGA:

3. Meningkatkan kelincahan dan produktivitas

Transformasi ini dapat meningkatkan kelincahan serta produktivitas apalagi jika dibarengi dengan teknologi yang tepat. Apabila hal ini terjadi, maka akan sangat memungkinkan inovasi berjalan lebih cepat sebagaimana mestinya. Bukan hanya itu saja, produktivitas alur pekerjaan akan meningkat seiring berjalannya waktu. 

Transformasi digital merupakan peluang bagus untuk bisnis perusahaan Anda. Membangun pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan dan karyawan dengan bantuan teknologi inovatif akan membantu perusahaan agar dapat bergerak lebih cepat dan mudah bersaing untuk dengan perusahaan lainnya. 

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.