Menu Close

Berita & Acara

Alasan Mengapa Perusahaan Membutuhkan Disaster Recovery

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

4 Alasan Perusahaan Membutuhkan Disaster Recovery

Secara harfiah, pemulihan bencana merupakan sebuah kebijakan yang dapat membantu Anda dalam memulihkan data, perangkat keras yang keberadaannya cukup penting bagi kelangsungan bisnis. Apabila pemulihan bencana tidak ada, maka akan berdampak cukup besar bagi perusahaan seperti menurunnya produktivitas hingga pendapatan perusahaan. 

Maka dari itu setiap perusahaan pastinya akan membutuhkan pemulihan bencana ini. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan singkat mengenai alasan mengapa sebuah perusahaan membutuhkan Disaster Recovery. 

1. Mengurangi dampak negatif pada perusahaan 

Dengan adanya pemulihan bencana, maka sebuah perusahaan dapat mengurangi dampak negatif apabila terjadi sebuah bencana yang tidak terduga. Bencana tersebut biasanya meliputi bencana alam (Natural Disaster), kesalahan manusia (Human Error) hingga serangan siber (Cyberattack). Dampak dari bencana-bencana itu cukup besar baik untuk perusahaan kecil maupun besar.

Meskipun Anda memiliki tindakan-tindakan untuk melindungi aset, Anda tetap harus mempertimbangkan skenario terburuk yang bisa terjadi kapan saja. Anda harus bersiap untuk meminimalkan dampak ketika hal-hal buruk itu terjadi dan dengan cepat mengembalikan keadaan tersebut menjadi normal kembali sehingga kerugian pun dapat diminimalisir.

2. Mempertahankan pengguna

Bisnis yang kita jalankan tidak akan berjalan dengan sempurna apabila tidak ada pengguna ataupun pelanggan. Setiap pengguna maupun pelanggan pasti memiliki harapan untuk mendapatkan pelayanan yang baik dari perusahaan. Apabila perusahaan mengalami sebuah gangguan layanan karena masalah TI, maka tentu perusahaan akan kehilangan pengguna setia. Meskipun hal ini terjadi sekalipun, Anda dapat langsung memulihkannya kembali sehingga tidak akan terjadi gangguan yang berkepanjangan. 

BACA JUGA:

3. Mengurangi pengeluaran biaya tidak terduga

Kebanyakan perusahaan masih belum memahami apa arti penting dari pemulihan bencana. Inilah sebabnya mengapa setiap perusahaan yang mengalami bencana akan mudah untuk gulung tikar. Hal ini disebabkan karena adanya pengeluaran biaya yang tidak terduga dalam jumlah besar. Karena bagaimanapun, perusahaan harus menanggung kerugian meskipun hal tersebut terjadi di luar kendali perusahaan maupun tim yang menanganinya. 

Perlu Anda ketahui bahwa tidak ada satupun bisnis yang terhindar dari risiko kehilangan data dan aplikasi. Dengan adanya Disaster Recovery, maka perusahaan dapat dengan mudah memulihkan keadaan seperti semula, sehingga kerugian yang ditanggung akibat dari bencana tersebut tidak terlalu besar. 

4. Meningkatkan Reputasi Perusahaan 

Para klien maupun pengguna pastinya akan memiliki pandangan yang baik terhadap perusahaan yang memiliki Disaster Recovery. Mereka tidak akan ragu untuk menggunakan serta bekerja sama karena mereka sudah menaruh rasa kepercayaan terhadap perusahaan Anda. Hal ini lantaran mereka menganggap bahwa perusahaan Anda sudah menyiapkan diri dengan baik apabila suatu saat terjadi hal-hal yang tidak terduga, contohnya seperti serangan siber. Tidak berhenti di situ saja, mereka akan menyebarkan komentar positif mengenai perusahaan sehingga reputasi perusahaan Anda akan terlihat baik.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.