Menu Close

Berita & Acara

Mengenal Cara Kerja Cloud Storage yang Sangat Menarik

Cara Kerja Cloud Storage
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Di era digital yang terus berkembang secara dinamis dapat kita lihat bahwa segala sesuatu berubah dengan cepat. Data adalah salah satu kebutuhan banyak pihak dan merupakan aset penting yang harus dikelola. Dalam mengelola data tersebut dibutuhkan sebuah infrastruktur yang memadai dan aman sebagai tempat penyimpanannya. Beruntungnya kita memiliki teknologi yang sangat baik untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Cloud Storage memainkan peran vital dalam pengelolaan data. Teknologi ini menyediakan akses cepat, kemudahan penggunaan, serta kapasitas penyimpanan yang besar. Di samping itu, keamanan maksimum yang diberikan memastikan data selalu aman dan tersedia ketika dibutuhkan. Agar makin baik dalam memahami cara kerja Cloud Storage Anda bisa mempelajarinya melalui artikel yang kami susun di bawah ini.

Mengenal Cloud Storage

Cloud Storage merupakan satu layanan penyimpanan data secara online yang fleksibel, aman, dan praktis. Infrastruktur dan teknologi yang dibangun oleh penyedia layanan dapat diandalkan untuk memudahkan setiap akses data dengan menggunakan Internet dari lokasi mana saja. Tidak hanya itu, data yang tersimpan dapat dikelola sesuai dengan kebutuhan penggunanya, tetapi berdasarkan hak aksesnya.

Mengenai hak akses, tidak semua pengguna memiliki otoritas yang sama sehingga keamanan data tetap terjaga dan tidak disalahgunakan. Itulah alasan mengapa Cloud Storage diandalkan untuk menangani kebutuhan pelbagai pihak dalam urusan pengelolaan data.

Data yang tersimpan dikelola oleh penyedia layanan sehingga Anda sebagai pengguna sangat menikmati pengalaman luar biasa dalam menggunakan Cloud Storage. Bagian yang paling menarik adalah ketika semua pengguna dengan perangkatnya baik komputer, laptop, tablet, atau smartphone dapat digunakan untuk mengakses data dalam Cloud Storage.

Cloud Storage juga mendukung kolaborasi yang tinggi karena pengguna dari lokasi mana saja dapat menggunakan data yang sama secara bersamaan. Selain daripada itu, biaya yang diperlukan untuk menggunakan infrastruktur dan teknologi ini lebih terjangkau. Secara menyeluruh Cloud Storage memungkinkan pengguna untuk mendapatkan value yang praktis serta efisien.

Baca juga: Jenis Cloud Storage dan Penyedia Cloud Storage Terbaik di Indonesia

Bagaimana Cara Kerja Storage?

Cara kerja Cloud Storage sepenuhnya berlangsung secara online dan bergantung dengan koneksi jaringan Internet. Pada tahap awal yang dilakukan adalah pengelompokan data seperti penyimpanan secara fisik. Setiap data yang ingin dipindahkan ke Cloud Storage harus sudah  diklasifikasikan terlebih dahulu berdasarkan jenisnya, seperti file teks, audio, maupun video. Tujuannya agar penyimpanannya sesuai dengan jenis dan memudahkan dalam sistem direktori.

Selain pengelompokan berdasarkan jenisnya, data juga perlu diberikan atribut atau deskripsi agar memudahkan pencarian dalam direktori. Atribut tersebut bisa berupa nama file, ukuran, jenis, serta hal lain yang penting untuk disematkan pada data yang ingin disimpan. Langkah selanjutnya adalah mengorganisasi data secara keseluruhan.

Data diunggah ke dalam sistem Cloud Storage dengan menggunakan koneksi jaringan Internet. Dalam prosesnya, semua data harus terenkripsi sebelum disimpan ke dalam sistem. Proses enkripsi inilah yang memastikan keamanan data secara keseluruhan. Di samping itu, redudansi dan keamanan data berguna untuk menjaga keutuhan dari keseluruhannya. Caranya bisa dimulai dengan membuat salinan data agar ketika server tidak dapat diakses pengguna tidak perlu repot karena masih memungkinkan untuk mendapatkan seluruh informasi yang dibutuhkan.

Begitulah cara kerja dari Cloud Storage, setelah semua data telah tersimpan tentu pengguna bisa mengaksesnya kembali melalui antarmuka yang disediakan oleh penyedia layanan. Tentu semuanya bisa diakses melalui situs web atau aplikasi khusus dari penyedia layanan.

Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Kemajuan teknologi selalu menawarkan solusi terhadap kebutuhan sehari-hari di dalam satu lingkungan bisnis atau lembaga tertentu yang menggunakan layanan tersebut. Berdasarkan tujuan tersebut di bawah ini adalah sejumlah keuntungan yang didapatkan oleh setiap pengguna yang menggunakan Cloud Storage.

1. Skalabilitas

Cloud Storage memudahkan lembaga atau institusi serta bisnis yang membutuhkan kapasitas sangat besar untuk penyimpanan data-data penting mereka. Infrastruktur dan teknologi yang tersedia dalam Cloud Storage memungkinkan pengguna untuk mengatur kebutuhan ruang penyimpanan sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan. Berdasarkan kemudahan tersebut sangat tepat untuk memilih Cloud Storage sebagai bagian dari pengelolaan data-data penting.

2. Kolaborasi yang Mudah

Di dalam satu ruang lingkup pekerjaan keakuratan serta kecepatan adalah aspek yang paling diutamakan. Pengguna Cloud Storage dapat dengan mudah mengakses data dari lokasi mana saja berdasarkan hak akses yang dimilikinya. Di samping itu, satu data dapat diakses oleh beberapa pengguna sekaligus dalam waktu yang sama.

3. Keamanan Data

Beberapa data tentu memiliki tingkat kerahasiaan yang berbeda-beda dan tentu saja untuk menjaga keamanannya dibutuhkan langkah-langkah yang tepat. Penyedia layanan Cloud Storage menyediakan keamanan yang kuat untuk melakukan perlindungan data dari serangan siber. Selain itu, setiap data selalu melalui proses enkripsi sebelum disimpan di dalam Cloud Storage.

Ancaman data tidak hanya datang dari luar, tetapi bisa dari kekeliruan atau pengguna yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat menyebabkan kehilangan atau kerusakan. Mencegah hal tersebut, maka dilakukan salinan data serta pembatasan hak akses.

Baca juga: Cloud Security: Pengertian, Fungsi dan Contoh Penerapannya

4. Pemulihan dan Cadangan Otomatis

Kelebihan dalam menggunakan Cloud Storage adalah pemulihan data pencadangan secara otomatis. Setiap data dibuat salinannya dan disimpan di beberapa server dengan lokasi yang berbeda. Hal ini sangat berguna karena ketika ada salah satu server yang bermasalah data masih bisa diakses dengan baik dan utuh. Kekhawatiran terkait kekeliruan yang menyebabkan kehilangan data dapat teratasi oleh kinerja Cloud Storage yang maksimal dengan melakukan semua pemulihan dan pencadangan secara otomatis.

5. Biaya yang Terjangkau

Melalui penggunaan Cloud Storage tentu setiap kebutuhan dalam melakukan pengelolaan data dapat dilaksanakan secara maksimal dan pastinya biaya yang juga terjangkau. Dalam hal ini pihak penyedia layanan telah menyediakan infrastruktur dan teknologi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Akhirnya, tidak ada biaya yang kurang atau terlalu banyak dan mengenai operasional tidak membutuhkan pengeluaran khusus karena telah dilakukan secara otomatis.

6. Integrasi dengan Aplikasi Lain

Dalam upaya untuk mempercepat kinerja keandalan dari Cloud Storage sangat berguna. Teknologi tersebut menawarkan kolaborasi aplikasi yang terintegrasi sehingga memudahkan pemindahan data dan menghemat waktu kerja secara keseluruhan.

Rekomendasi Cloud Storage bagi Bisnis

Cloud Storage adalah solusi tepat dalam era digital yang serba dinamis. Memanfaatkan teknologi storage berguna untuk kepentingan pengelolaan data di perusahaan Anda. Salah satu rekomendasi Cloud Storage yang dapat memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan Anda adalah Deka Box dari Cloudeka. Kemampuan penyimpanan Deka Box sangat andal dalam menangani data yang rumit serta dapat melakukan pemrosesan data secara real -time membuat Cloud Storage service providers ini tepat untuk hampir setiap kegiatan bisnis saat ini.

Memanfaatkan fleksibilitas dan aksesibilitas Deka Box sangat memungkin Anda sebagai pengguna untuk melakukan penyimpanan serta mengakses data dari mana saja. Hubungi kami sekarang dan manfaatkan kemampuan Deka Box untuk menangani data penting serta membawa perubahan besar bagi kebutuhan bisnis atau layanan Anda.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.