Menu Close

Berita & Acara

Apa Itu SEO? Memahami Pengertian, Cara Kerja, Hingga Kegunaannya dalam Bisnis

Sudah Tahu Apa Itu SEO?
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Apakah Anda pernah mendengar istilah SEO? dan terkadang diplesetkan menjadi CEO? Bagi Anda yang baru memasuki dunia digital marketing akan sering mendapati penggunaan istilah SEO tersebut.

Sebagai salah satu strategi dalam memasarkan produk secara online (digital marketing), maka SEO memainkan peran yang sangat vital bagi sebuah bisnis dalam jangka panjang. Penasaran seperti apa itu SEO? bagaimana cara kerjanya hingga manfaat SEO? Silahkan baca hingga tuntas artikel ini.

Apa Itu SEO?

Search Engine Optimization alias SEO merupakan langkah optimasi website supaya berhasil muncul di hasil pencarian (Search Engine Result Page) dan mencapai ranking teratas. Website Anda akan dioptimasi agar sesuai kaidah dan algoritma mesin pencari (search engine) yang berlaku. Penerapan strategi SEO dengan baik akan menentukan keberhasilan sebuah website sebagai sarana promosi sebuah bisnis.

Artinya jika website bisnis Anda dapat menduduki peringkat teratas, maka peluang penjualan (konversi) produk bisnis Anda semakin besar.

Pada dasarnya, SERP hanya menampilkan website yang relevan dan sesuai kaidah SEO di halaman pertama. Salah satu kaidahnya adalah menggunakan kata kunci yang relevan dalam satu halaman produk atau artikel blog. Selain itu, ada pula faktor lainnya untuk meningkatkan peluang munculnya website di peringkat teratas SERP.

Pemilik website harus bersaing dengan ribuan website lainnya agar bisa mendapat peringkat teratas di mesin pencari. Peluang keberhasilannya makin besar apabila mereka menggunakan strategi SEO dengan tepat. Jika situsnya berhasil muncul di peringkat teratas, traffic yang berdatangan pun makin bertambah disertai jumlah pembelian dan konversi. Itulah alasan website membutuhkan SEO demi meningkatkan popularitasnya.

Jenis-Jenis SEO (Search Engine Optimization)

Membahas tentang optimasi SEO, Anda perlu memahami cara kerja SEO secara garis besar sehingga memudahkan perumusan strategi apa yang tepat untuk meningkatkan kualitas halaman website bisnis Anda. Setidaknya ada 3 jenis optimasi SEO, yakni:

1. SEO On Page

On page SEO adalah kerja SEO yang berfokus pada optimalisasi konten yang ada dalam sebuah website bisnis. Singkatnya, pengunjung website Anda merasa terbantu dengan isi konten artikel website karena menjawab apa yang dicari (keyword) oleh si pengunjung dan juga algoritma mesin pencari (search engine).

Adapun Aspek-aspek dari SEO On-Page yang perlu Anda optimasi di antaranya elemen halaman web seperti judul halaman (title), deskripsi halaman (meta description), struktur konten (penggunaan heading dan sub-heading), penggunaan kata kunci (keyword) yang tepat, hingga yang paling utama adalah isi artikel tersebut.

Mengenai penentuan kualitas artikel ditentukan oleh sejauh mana konten tersebut relevan dengan apa yang dicari oleh pengunjung website, keakuratan isi konten, dan juga keahlian atau pengalaman dari si penulis konten. Di kalangan pekerja spesialis SEO biasa dikenal dengan istilah E-E-A-T untuk mengukur sejauh mana sebuah artikel itu berkualitas.

2. SEO Off Page

SEO Off-page adalah teknik optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization) yang dilakukan di luar halaman website. Tujuannya adalah untuk membantu algoritma mesin pencari memahami relevansi dan otoritas situs web terhadap kueri pencarian (keyword) pengguna.

Adapun aspek yang menjadi bagian dari optimasi SEO Off-page meliputi peningkatan jumlah backlink yakni tautan dari situs web lain ke situs Anda. Selain itu, aspek sosial media share juga penting untuk dioptimasi yakni seberapa banyak konten Anda dibagikan ke media sosial.

Namun, harus dicatat bahwa teknik optimasi SEO Off-page harus sesuai dengan kaidah mesin pencari dan tidak berdasarkan taktik yang merugikan, seperti membeli tautan atau mengirimkan spam. Strategi ini biasanya dikenal dengan istilah black-hat strategy.

3. Tehnical SEO

Technical SEO adalah bagian dari optimasi mesin pencari (Search Engine Optimization) yang fokus pada aspek teknis situs web dan juga bangunan infrastrukturnya (web development) untuk memastikan bahwa algoritma mesin pencari dapat mengakses dan memahami konten situs dengan benar.

Teknik SEO ini meliputi optimasi struktur URL, penggunaan sitemap XML, pengaturan redirect, optimasi kecepatan situs, Keamanan situs (SSL), optimasi mobile, dan masih banyak lagi.

Optimasi teknik SEO ini sangat penting untuk memastikan bahwa situs web memiliki infrastruktur yang solid dan bisa diakses dengan benar oleh mesin pencari dan pengguna. Ini mendorong situs web Anda mencapai peringkat yang lebih baik dalam hasil pencarian (SERP) dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan (User Interface/User Experience).

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Untuk memahami SEO lebih jauh, Anda perlu memahami bagaimana cara kerjanya sehingga halaman website bisnis Anda dapat menduduki peringkat teratas di dalam SERP.

Setidaknya ada 3 konsep mesin pencari (search engine) yang perlu dipahami:

1. Crawling

Crawling website adalah proses dimana mesin pencari (search engine) seperti Google, Bing, dan Yahoo menjelajahi halaman-halaman situs web untuk mengindeks konten yang telah dirilis (publishing).

Mesin pencari (search engine) menggunakan software yang disebut “spider” atau “robot” untuk menjelajahi situs web dan mengambil informasi seperti judul halaman, deskripsi halaman, konten, dan meta data.

Setelah informasi dikumpulkan, mesin pencari menggunakan algoritma kompleks untuk mengelompokkan dan menilai relevansi konten untuk kata kunci tertentu.

2. Indexing

Setelah mesin pencari mengambil informasi konten melalui proses crawling, informasi tersebut akan disimpan dalam database mereka. Informasi ini bisa dipakai oleh mesin pencari untuk menempatkan halaman web dalam hasil pencarian yang tepat saat pengguna mencari informasi tertentu.

Indexing website adalah bagian penting dari proses pencarian karena membantu mesin pencari memahami dan mengklasifikasikan konten website sehingga mereka dapat menempatkan halaman website dalam hasil pencarian yang relevan dan tepat.

3. Ranking

Ranking website adalah proses menentukan posisi sebuah halaman web dalam hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo. Halaman web yang muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian dianggap memiliki relevansi dan kualitas yang lebih baik dibandingkan halaman web yang muncul di bawahnya.

Mesin pencari menentukan posisi halaman web dalam hasil pencarian berdasarkan serangkaian faktor, termasuk relevansi konten terhadap kata kunci pencarian, popularitas situs web, dan tingkat autentisitas dan keandalan informasi yang disediakan. Mesin pencari menggunakan algoritma kompleks untuk menilai dan menentukan posisi halaman web dalam hasil pencarian.

Dalam hal SEO (Search Engine Optimization), proses peningkatan ranking website adalah salah satu fokus utama. SEO Specialist menggunakan berbagai strategi untuk meningkatkan relevansi dan kualitas situs web dan meningkatkan posisi situs web dalam hasil pencarian. Ini melibatkan hal-hal seperti keyword research, SEO on-page dan off-page optimization, serta technical SEO.

Apa Saja Manfaat SEO?

Tidak bisa dimungkiri bahwa SEO membawa banyak manfaat bagi website bisnis Anda. Manfaat SEO tersebut memang tidak bisa dirasakan langsung pada awal menerapkan strateginya. Pengusaha pun harus menunggu beberapa saat hingga strategi SEO yang dijalankan mulai menunjukkan hasilnya.

Berikut ini adalah manfaat dari penerapan strategi SEO dalam website bisnis yang bisa Anda rasakan.

1. Website Mudah Ditemukan Target Audiens

Target audiens Anda cenderung mengklik website yang berada di halaman pertama SERP dan malas membuka halaman berikutnya. SEO memungkinkan website berada di halaman pertama sehingga lebih mudah dicari oleh target audiens Anda. Jumlah traffic website pun bertambah jika Anda mengimplementasikan strategi SEO secara tepat baik secara off-page maupun on-page.

Baca juga: Apa Itu CMS dan Bagaimana Cara Kerjanya?

2. Mendapatkan Target Audiens yang Tepat

SEO bisa mempertemukan bisnis Anda dengan target audiens yang sesuai. Penggunaan kata kunci (keyword) sesuai search intent (tujuan pencarian) audiens dalam konten atau halaman produk dapat meningkatkan peluang website Anda lebih mudah ditemukan target pasar. Algoritma mesin pencari juga memunculkan hasil pencarian sesuai karakteristik audiens, seperti demografis, histori penelusuran, dan sebagainya.

3. Meningkatkan Brand Awareness

Mesin pencari merupakan sarana praktis dalam membangun brand awareness bisnis. Ketika pengguna hendak mencari produk yang dibutuhkan, mereka langsung membuka mesin pencari dan mencari informasi tentang produk tersebut. Besar kemungkinan mereka akan menemukan website Anda di SERP kemudian membukanya. Keuntungan tersebut hendaknya dimanfaatkan untuk membuat atau mengoptimasi konten dan halaman produk di website agar sesuai kaidah SEO.

Baca juga: Apa Itu FAQ? Pentingkah untuk Sebuah Website?

4. Meningkatkan Angka Penjualan atau Konversi

SEO membuat website Anda mampu menjangkau target audiens lebih luas, bahkan bisa menyasar pengguna media sosial. Traffic website pun makin bertambah jika berhasil menembus ranking teratas di SERP. Alhasil, bisnis Anda memiliki angka penjualan dan konversi yang bertambah sehingga pendapatan (revenue) juga meningkat. Manfaat terakhir ini tentu bisa meningkatkan level bisnis Anda pada masa depan.

Apa Pentingnya Cybersecurity dalam Menjaga Ranking SEO?

Website harus memenuhi sejumlah indikator penting agar strategi SEO-nya berhasil. Indikator tersebut bisa berupa kecepatan website, penggunaan keyword, konten berkualitas, optimasi gambar, desain website, dan sebagainya. Di antara faktor tersebut, tidak sedikit orang mengabaikan pentingnya penerapan keamanan siber (cybersecurity) dalam website-nya.

Penggunaan cybersecurity bisa meningkatkan ranking SEO website di mesin pencarian (search engine). Alasannya, mesin pencari berusaha menampilkan halaman website yang aman dikunjungi untuk kenyamanan pengunjungnya. Apalagi website yang dicari merupakan situs jual-beli (marketplace), fitur keamanan sangat diutamakan karena melibatkan transaksi keuangan di dalamnya.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Sebuah Perusahaan Harus Memiliki Sistem Cyber Security yang Andal

Serangan siber (cyberattack) juga bisa memengaruhi SEO website bisnis Anda. Mesin pencari bisa memberikan penalti kepada website yang rentan mengalami cyberattack berupa penurunan ranking SEO di SERP.

Selain itu, cyberattack juga membuat website Anda menjadi down dan tidak bisa diakses untuk sementara waktu. Hacker juga bisa mencuri data pelanggan di website dan mengubah konten-konten di dalamnya. Semua masalah tersebut berujung pada penurunan ranking SEO website di SERP dalam jangka panjang.

Solusi Mengatasi Serangan Siber pada Website

Masalah di atas tentu berpengaruh pada reputasi bisnis Anda di dunia digital. Untuk menghindarinya, Anda perlu memasang sertifikat Secure Socket Layer/Transport Layer Securirty (SSL/TLS) untuk melindungi seluruh data dalam suatu website. Sertifikat SSL/TLS ini bisa digabungkan dengan layanan web-hosting yang digunakan atau Anda bisa membelinya sendiri secara terpisah.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Keamanan Data di Era Digital

Sertifikat SSL saja tidak cukup untuk melindungi aktivitas dalam website. Anda membutuhkan firewall agar keamanan website makin bertambah. Sesuai namanya, firewall bekerja sebagai tembok untuk membatasi aktivitas website dari koneksi Internet sehingga terhindar dari serangan. Firewall memungkinkan Anda mengatur data, informasi, atau aktivitas traffic yang boleh dilakukan dalam suatu website.

Salah satu software firewall yang bisa digunakan pada website Anda adalah Web Application Firewall (WAF) dari Cloudeka. WAF akan melindungi website Anda secara otomatis dari Distributed Denial-of-Service (DDoS) attack yang sangat berbahaya sehingga memengaruhi ranking SEO-nya. Fitur DataSafe di dalamnya melindungi informasi pelanggan sehingga bebas dari pencurian data. 

Selain memahami apa itu SEO dan manfaatnya, Anda perlu menjaga keamanan website agar ranking-nya naik di SERP Google. Gunakan software firewall tepercaya dari Cloudeka agar keamanan website Anda terjaga lebih sempurna. Hubungi Cloudeka sekarang juga untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Deka WAF.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.