Menu Close

Berita & Acara

Contoh Penggunaan RPA (Robotic Process Automation) untuk Membantu Kehidupan Manusia

contoh rpa
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Dunia teknologi memang seakan tidak akan pernah berhenti dan akan terus mengembangkan inovasi baru di dalamnya. Salah satu inovasi yang masih terus berkembang adalah RPA atau Robotic Process Automation.

Apa Itu RPA?

Robotic Process Automation (RPA) for Manufacturing

RPA sendiri merupakan sebuah transformasi dalam operasi industri yang mana teknologi ini akan banyak membantu manusia dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Keberadaan Robotic Process Automation semakin popular karena memiliki banyak kelebihan yang tentunya akan sangat membantu manusia untuk lebih produktif dalam kegiatan sehari-hari.

Salah satunya adalah dalam hal bekerja. Banyak orang terutama perusahaan-perusahaan tertarik menggunakan RPA, alasannya karena cukup efisien dan dapat mengurangi pengeluaran atau biaya yang sebenarnya tidak diperlukan. 

BACA JUGA: Augmented Reality, Dunia Baru yang Harus Anda Pahami

Peran dan Manfaat RPA

Peran RPA dalam kehidupan manusia

Robotic Process Automation (RPA) adalah teknologi yang digunakan untuk mengautomatisasi proses bisnis yang berulang dan menghemat waktu. Beberapa manfaat dari RPA adalah:

  • Mengurangi biaya: RPA dapat mengurangi biaya operasional dengan mengautomatisasi tugas yang biasa dilakukan oleh karyawan, seperti data entry.
  • Meningkatkan efisiensi: RPA dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan dalam menyelesaikan tugas, sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.
  • Meningkatkan kualitas data: RPA dapat membantu meningkatkan kualitas data dengan mengurangi kesalahan manusia dan memastikan bahwa data yang dimasukkan sesuai dengan format yang ditentukan.
  • Meningkatkan kapasitas tanggapan: RPA dapat memungkinkan perusahaan untuk merespon lebih cepat terhadap permintaan pelanggan atau perubahan pasar.
  • Meningkatkan kontrol dan pemantauan: RPA dapat membantu perusahaan untuk mengontrol dan memantau proses bisnis secara real-time, sehingga dapat mengidentifikasi dan memperbaiki masalah segera.

BACA JUGA: Apa Itu IoT? Seperti Apa Penerapannya?

Contoh Penggunaan Robotic Process Automation (RPA) dalam Kehidupan Manusia

Secara fisik, Robotic Process Automation memang berbentuk selayaknya robot namun dengan rupa yang bermacam-macam. Tujuannya tetap sama, yaitu dapat mencerminkan bagaimana cara manusia berinteraksi dan melakukan tugas secara berulang dalam aplikasi, salah satu contohnya seperti memasukkan data.

Ketika mengotomatisasi tugas secara berulang, nantinya skrip, makro, algoritma, dan evolusi akan masuk. Teknologi ini memungkinkan mereka mereplikasi atau mencerminkan bagaimana cara manusia berkomunikasi.

Namun, yang perlu digaris bawahi adalah RPA diciptakan bukan untuk mengganti peran manusia, namun untuk membantu manusia dalam menjalankan tugas-tugasnya. Tentunya dengan adanya teknologi ini, manusia akan sangat terbantu dalam menjalankan kegiatan. Berikut beberapa contoh penggunaan RPA atau Robotic Process Automationdalam kehidupan manusia pada saat ini.
 

1. Robot Pengantar Makanan

Pernahkah Anda mendengar berita mengenai sebuah restoran di Jepang yang menggunakan sebuah robot untuk mengantarkan makanan kepada para pelanggan? Berita ini memang benar adanya, ini adalah salah satu contoh pekerjaan dari RPA dalam kehidupan sehari-hari. 

Dengan adanya bantuan robot ini, maka para staf restoran akan merasa terbantu terutama ketika restoran sedang ramai. Selain itu, ini juga menjadi daya tarik para pelanggan untuk mencoba pengalaman baru yang mana mereka akan dilayani oleh sesosok robot buatan manusia. 

BACA JUGA: Apa Itu Teknologi Artificial Intelligence?

2. Help Desk

Help Desk memiliki peran yang cukup penting pada sebuah situs. Pada awalnya yang berada di balik layar adalah orang-orang yang memang bekerja untuk melayani segala macam keluhan pelanggan. Namun semenjak ada teknologi RPA ini, para pekerja merasa terbantu karena mereka tidak harus menangani permasalahan yang sama secara berulang. 

3. Aplikasi Kartu Kredit

RPA memang sengaja diprogram untuk membantu menangani semua pemeriksaan mengenai pengumpulan informasi berupa dokumen penerima kartu kredit dan memvalidasinya. Dengan adanya teknologi ini, akan mempercepat dan mempermudah masyarakat yang mengajukan permohonan kartu kredit hanya dengan melalui aplikasi. 

4. Pembayaran Tagihan Sehari-hari

Bukan tidak mungkin kita tidak memiliki tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Meskipun begitu, membayar tagihan tidaklah sulit seperti dulu. Sekarang, kita dapat mengandalkan smartphone milik kita untuk melakukan pembayaran di mana saja dan kapan saja. Hanya dengan mengaktifkan fitur fingerprint, maka kita dapat membayarkan semua tagihan hanya melalui smartphone. Dan inilah contoh RPA yang paling dekat dengan keseharian kita.

5. Membantu Meringankan Pekerjaan di Kantor

Tahukah Anda bahwa Robotic Process Automation juga dapat berkontribusi dalam dunia perkantoran? Seperti yang kita ketahui bahwa membuat sebuah laporan pastinya membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun dengan adanya implementasi RPA, maka laporan yang harusnya selesai dalam waktu berjam-jam dapat selesai dalam kurun waktu kurang dari setengah jam. Jadi dengan kata lain, RPA dapat menangani jenis laporan yang kompleks secara otomatis.

Demikianlah penjelasan terkait Robotic Process Automation (RPA) berserta contoh penggunaan software otomatisasi-nya dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda tertarik untuk mengotomatisasi tugas dan laporan bisnis Anda, Cloudeka punya solusinya yaitu Deka Sense.

Segera rasakan kecanggihan software dari Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.