Menu Close

Berita & Acara

Bagaimana Cara Membuat Artikel yang Baik dan Benar?

cara membuat artikel yang baik dan benar
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Cara membuat artikel yang baik dan benar untuk bisnis online sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Namun, diperlukan banyak latihan menulis sebelum mendapatkan artikel bisnis yang berkualitas. 

Salah satu rahasia mengubah pengunjung website menjadi pembeli yaitu dengan memproduksi artikel yang persuasif. Sebisa mungkin artikel tersebut tidak hanya menarik, tetapi dapat mempengaruhi pembaca dengan menggunakan pendekatan emosi agar membeli produk yang ditargetkan.

Mengenal Artikel untuk Bisnis Online

Artikel untuk kebutuhan bisnis perlu dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik membeli produk Anda. Selain itu, artikel tersebut harus efektif lantaran akan menjadi jembatan antara pembeli dan penjual. 

Cara membuat artikel yang efektif harus sesuai antara judul dengan isi artikel. Apabila tidak ada kesesuaian, maka pembaca cenderung meninggalkan website Anda dan potensi sebagai pembeli pun hilang. 

Dalam setiap artikel, sebaiknya sisipkan Call To Action (CTA) yang mengajak pembaca mengeksplorasi lebih jauh bisnis Anda. Misalnya artikel yang Anda tulis adalah layanan web hosting, maka Anda dapat menautkan link menuju halaman produk tersebut.

Jenis-jenis Artikel

Anda perlu memahami jenis-jenis artikel agar Anda dapat menulis artikel sesuai dengan tujuan penulisannya. Berikut adalah beberapa jenis-jenis artikel.

1. Artikel Deskripsi

Artikel deskripsi adalah jenis tulisan yang memaparkan objek secara terperinci. Tujuan penulisan artikel ini adalah agar pembaca dapat membayangkan dengan jelas apa yang dijelaskan oleh penulis.

2. Artikel Narasi

Artikel narasi adalah jenis tulisan yang mengisahkan sebuah peristiwa nyata atau fiksi. Dalam tulisan narasi, biasanya terdapat hubungan sebab-akibat antara setiap kejadian yang disampaikan. Artikel narasi berusaha untuk menyampaikan topik tulisan secara jelas kepada pembaca. Umumnya, jenis tulisan narasi lebih sering ditemukan pada karya sastra seperti novel, cerpen, dan hikayat.

3. Artikel Persuasi

Artikel persuasi adalah jenis tulisan yang bertujuan untuk menjelaskan suatu topik dan mengajak pembaca untuk setuju dengan pandangan atau pendapat penulis. Agar dapat mempengaruhi pembaca, tulisan persuasif harus menarik perhatian dan meyakinkan pembaca dengan memberikan alasan atau argumen yang diyakini benar. Fakta dan pendapat yang disajikan dalam artikel akan membantu pembaca untuk memahami dan mengerti pandangan penulis dengan didukung oleh data yang valid.

4. Artikel Eksposisi

Artikel eksposisi ditulis dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan, menyampaikan informasi, menjelaskan topik, menjawab pertanyaan, serta memperluas pandangan pembaca. Meskipun bersifat persuasif, artikel eksposisi lebih menekankan pada pemaksaan dan upaya untuk membuat pembaca setuju dengan informasi dan pendapat yang disajikan oleh penulis.

5. Artikel Prosedur

Artikel prosedur adalah jenis tulisan yang menguraikan urutan langkah atau tahapan untuk mencapai tujuan tertentu. Contoh artikel prosedur sering menggunakan kata “cara”, seperti contoh artikel tentang cara menulis artikel yang baik.

Baca juga: Apa Itu User Generated Content? Ini Tips Menjalankan Strateginya

5 Ciri Artikel yang Baik untuk Bisnis Online

Menampilkan artikel yang berkualitas di website bisnis Anda dapat meningkatkan traffic secara organik dan artikel mudah ditemukan di mesin pencarian Google. Untuk mengetahui artikel bisnis yang Anda buat sudah berkualitas, Anda dapat membandingkannya dengan ciri-ciri artikel yang baik dan benar di bawah ini. 

1. Memiliki Headline yang Clickable

Artikel yang berkualitas memiliki judul atau headline yang membuat orang ingin mengklik dan membaca artikel tersebut. Sangat disayangkan apabila artikel Anda memiliki isi yang informatif, tetapi tidak memiliki judul yang menarik. Jangan harap artikel tersebut di klik pembaca.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat judul artikel yang menarik, yaitu spesifik, bermanfaat, memiliki unsur ketergesaan, konten yang berharga, dan memiliki nilai hiburan.

2. Tidak Berbelit-belit

Saat menulis artikel untuk bisnis sebaiknya to the point pada intinya. Sebab, artikel yang berbelit-belit cenderung tidak disukai pembaca. Dalam hal ini, pembaca mengunjungi website Anda untuk mencari informasi dengan cepat, tetapi malah ditawarkan dengan artikel yang berbelit-belit. 

Terlepas dari itu, sebaiknya hindari menggunakan bahasa yang terlalu kaku agar pesan yang tertulis dalam artikel tersampaikan dengan baik kepada pembaca. 

3. Memorable 

Artikel bisnis yang berkualitas akan melekat di pikiran pembaca. Bahkan pembaca bisa saja membagikan artikel Anda lantaran dinilai bermanfaat. Untuk membuat artikel yang memorable, Anda dapat menggunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pembaca. Selain itu, Anda dapat memilih kosakata sesuai dengan gaya bahasa yang telah Anda tentukan.

4. Isi Artikel Sesuai dengan Judul

Kesesuaian antara judul dan isi artikel menjadi satu hal yang sangat penting dalam membuat artikel bisnis. Jangan sampai judulnya menarik, tetapi isinya tidak menarik lantaran tidak sesuai. Jika Anda membuat judul artikel menarik tentang layanan Cloud, maka isinya juga harus berkaitan dengan layanan Cloud tersebut.

5. Search Engine Friendly 

Salah satu tujuan pembuatan artikel bisnis yaitu mendatangkan traffic organik yang dapat dikonversi menjadi penjualan. Sebab itu, ciri artikel bisnis yang baik dan benar adalah harus search engine friendly supaya mudah dicari di mesin pencarian Google. 

Baca juga: Kenali Jenis-Jenis Artikel yang Menguntungkan untuk Bisnis

5 Cara Membuat Artikel Bisnis yang Baik dan Benar

Supaya artikel bisnis yang Anda buat mampu meningkatkan konversi penjualan, simak panduan menulis artikel yang baik dan benar di bawah ini.

1. Kenali Audiens

Sebelum menulis artikel bisnis, sebaiknya kenali audiens Anda terlebih dahulu. Alih-alih menebak apa yang diperlukan audiens, lebih baik melakukan riset pasar dan menganalisa kompetitor Anda. Cara ini dinilai memiliki tingkat akurasi yang tinggi dalam memenuhi kebutuhan informasi audiens Anda. 

2. Buat Judul yang Menarik

Tidak dapat dimungkiri, judul artikel merupakan faktor paling penting yang mempengaruhi penjualan. Memang tidak mudah membuat judul yang menarik, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Setidaknya buat judul maksimal 55 karakter dengan menggunakan kalimat tanya, list, cara, atau tips dan trik. 

3. Buat Konten yang Mudah Dicerna

Secara teknis, membuat konten yang mudah dicerna dapat dilakukan dengan cara membuat paragraf pendek, sekitar tiga sampai empat kalimat. Semakin pendek artikel maka semakin mudah untuk dicerna.

Selain itu, buat sub judul yang menarik di tengah konten dengan tujuan membangkitkan rasa penasaran. Juga, selalu gunakan poin seperti bullet atau numbering. Cara ini akan memudahkan pembaca untuk membaca cepat dan memilah informasi penting yang diperlukan.

4. Tambahkan Gambar

Menurut penelitian, otak manusia lebih cepat mencerna konten visual daripada berbasis teks. Sebab itu, sangat penting menambahkan gambar yang relevan dengan isi artikel serta beresolusi tinggi untuk menarik minat pengunjung.

5. Optimalkan SEO

Artikel bisnis akan lebih mudah dicari di mesin pencarian Google apabila mengoptimalkan SEO. Anda dapat menggunakan keyword atau kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam optimalisasi SEO, yaitu tambahkan meta deskripsi, fokus pada kata kunci utama, gunakan kata kunci tambahan, tautkan internal link, dan sisipkan CTA.

Demikian informasi tentang cara membuat artikel yang baik dan benar. Selalu ingat bahwa dalam membuat artikel bisnis harus menarik minat pembaca untuk membeli produk yang ditawarkan. Oleh karena itu, artikel yang dibuat sebaiknya tidak hanya berisi informasi, melainkan mengajak pembaca mengeksplor dan membeli produk tersebut.

Selain itu, hal penting lainnya dalam membuat artikel bisnis yaitu mudah dicari di mesin pencarian Google. Maka dari itu, sangat direkomendasikan untuk mengoptimalkan SEO dari sisi website dan kontennya. 

Dari sisi website, Anda dapat menggunakan penyimpanan data berbasis Cloud yang dapat mempercepat loading website. Gunakan layanan Cloud Computing dari Cloudeka. Anda dapat menghubungi kami secara langsung untuk mendapat kesempatan uji coba gratis. Hubungi kami sekarang juga untuk solusi penyimpanan data Anda. 

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.