Menu Close

Berita & Acara

3 Cara Membuat Channel Telegram di Android, iPhone, dan PC

Cara Membuat Channel Telegram
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Cara membuat Channel Telegram sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Telegram memang merupakan salah satu platform perpesanan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, salah satunya adalah di Indonesia. Ada banyak sekali fitur dari Telegram yang sangat berguna dan membuatnya disukai oleh banyak orang, seperti fitur Channel.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat Channel Telegram dengan mudah melalui Android, iPhone, maupun Desktop. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu Telegram secara lebih mendalam terlebih dahulu. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Telegram?

Telegram Messenger, atau yang lebih dikenal sebagai Telegram saja, adalah aplikasi perpesanan gratis yang dapat diakses secara global, lintas platform, terenkripsi, berbasis Cloud, dan layanan pesan instan (IM) yang terpusat. Aplikasi ini juga menyediakan obrolan terenkripsi end-to-end opsional, yang dikenal sebagai secret chat and video calling, VoIP (Voice over Internet Protocol), berbagi berkas, dan beberapa fitur lainnya.

Di Indonesia, Telegram adalah aplikasi perpesanan nomor dua yang paling banyak digunakan. Hanya berada di belakang WhatsApp saja. Walaupun begitu, pertumbuhan Telegram yang sangat pesat di seluruh dunia membuatnya memiliki kemungkinan untuk menjadi yang paling banyak digunakan di Indonesia pada masa mendatang. Telegram sendiri telah melampaui WhatsApp dan Facebook Messenger untuk menjadi aplikasi perpesanan paling populer di Belarus, Moldova, Yordania, Armenia, Azerbaijan, Kazakstan, Kyrgyzstan, Kamboja, Ethiopia, Rusia, dan Ukraina.

Apa Itu Channel Telegram?

Channel Telegram adalah fitur yang memungkinkan pengguna Telegram untuk menyiarkan pesan ke khalayak luas dalam satu waktu. Saat Anda (administrator utama) mengirim pesan melalui channel, pesan tersebut akan terkirim atas nama saluran channel, dan bukan atas nama akun Anda.

Selain itu, Anda dapat menunjuk administrator tambahan untuk membantu mengelola channel. Keunggulan lain dari Channel Telegram adalah seluruh subscriber yang baru dapat melihat seluruh riwayat pesan di channel setelah mereka bergabung.

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis

Jenis-Jenis Channel Telegram

Anda dapat membuat dua jenis channel yang berbeda di dalam Telegram, yaitu Public dan Private:

  • Public Channel terbuka untuk semua orang. Anda dapat mencarinya di Telegram atau Google hanya dengan kata kunci di namanya. Biasanya, Public Channel memiliki jenis tautan yang sederhana, seperti https://t.me/cloudeka atau bahkan dapat diakses dengan nama pengguna saluran @cloudeka.
  • Private Channel hanya dapat diakses melalui tautan undangan khusus. Tautan ini biasanya memiliki bagian /joinchat/ di dalamnya serta kombinasi huruf dan angka yang unik, seperti https://t.me/joinchat/ABBHAFTu5jCmzHHhrc0sg. Tautan tersebut dapat dibagikan oleh administrator atau anggota lain.

Apa yang Dapat Dilakukan Administrator Channel Telegram?

Pemilik channel, atau administratornya, dapat menyiarkan pesan, menghapus pesan apa pun, menambah subscriber (hanya 200 subscriber pertama), menghapus subscriber, mengubah nama saluran, mengubah gambar profil, dan mengubah tautan, serta menghapus channel tersebut sepenuhnya. Administrator juga dapat menambah dan menghapus administrator tambahan untuk membantunya mengelola channel.

Apa Perbedaan Grup dan Channel Telegram?

Pada dasarnya, channel dibuat untuk menyiarkan konten Anda kepada khalayak luas, sedangkan grup digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain. Perbedaan yang paling mendasar dari keduanya adalah channel tidak memiliki batas subscriber, sedangkan grup hanya mampu menampung anggota hingga 200.000 orang saja.

Bagaimana Cara Membuat Channel Telegram?

Telegram adalah aplikasi perpesanan lintas platform. Artinya, Anda dapat menggunakan Telegram di dalam beberapa platform sekaligus, seperti pada Android, iPhone, hingga Desktop. Pada setiap platform, cara membuat Channel Telegram berbeda-beda. Berikut ini adalah tiga cara membuat Channel Telegram melalui Android, iPhone, dan Desktop.

1. Membuat Channel Telegram Via Android

Ilustrasi Membuat Channel Telegram di Android

Membuat Channel Telegram di Android sebenarnya cukup mudah. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat channel Anda sendiri di Telegram melalui Android:

  • Buka akun Telegram di perangkat Android Anda.
  • Ketuk ikon pena di bagian bawah layar dan pilih Saluran Baru atau New Channel di layar.
  • Masukkan nama channel Anda di pada kolom Channel name atau Nama saluran. Secara opsional, Anda dapat menambahkan deskripsi untuk menggambarkan Channel Telegram tersebut jika Anda menginginkannya.
  • Ketuk ikon kamera di sebelah nama channel dan pilih gambar sebagai display picture untuk Channel Telegram Anda.
  • Ketuk tombol centang di sudut kanan atas.
  • Pilih jenis Channel Telegram, Anda dapat memilih antara Private atau Public Channel. Anda dapat mengetahui perbedaannya di atas.
  • Jika Anda membuat Public Channel, tetapkan tautan permanen (permalink) untuk channel Anda. Tautan inilah yang akan digunakan orang untuk menelusuri dan bergabung dengan channel Anda.
  • Ketuk ikon centang lagi untuk mengonfirmasi.
  • Telegram akan meminta Anda untuk menambahkan subscriber (200 orang pertama) ke Channel Telegram tersebut. Namun ini opsional, Anda dapat langsung melewati proses ini.
  • Ketuk panah kanan untuk melanjutkan dan membuat channel Anda di Telegram.

2. Membuat Channel Telegram Via iPhone

Iliustrasi Memilih Foto Profil Channel di Telegram via Iphone

Jika Anda adalah pengguna iPhone, Anda dapat membuat Channel Telegram dengan bantuan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Telegram di perangkat iPhone Anda.
  • Ketuk ikon pesan di pojok kanan atas dan pilih New Channel atau Saluran Baru di layar.
  • Pada halaman pengantar channel, ketuk tombol Create Channel atau Buat Saluran.
  • Masukkan nama untuk Channel Telegram Anda di kolom yang ada. Lalu, ketuk kotak Deskripsi untuk menambahkan deskripsi dari channel tersebut. Ketuk Next.
  • Pilih jenis Channel Telegram, Anda dapat memilih antara Public Channel atau Private Channel. Anda dapat mengetahui perbedaannya di atas.
  • Jika Anda membuat Public Channel, tetapkan tautan permanen (permalink) untuk channel Anda. Tautan inilah yang akan digunakan orang untuk menelusuri dan bergabung dengan channel Anda. Ketuk Next.
  • Aktifkan opsi Restrict Saving Content untuk mencegah subscriber menyimpan konten yang dibagikan di channel.
  • JIka ingin, Anda dapat menambahkan kontak ke dalam daftar siar Channel Telegram.
  • Ketuk Next untuk membuat Channel Telegram Anda.

3. Membuat Channel Telegram Via Desktop

Ilustrasi Telegram di Desktop

Selain di perangkat mobile, Telegram juga tersedia di Windows dan Mac sebagai Telegram Desktop. Jika Anda sudah memiliki akun Telegram dan menggunakannya, ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuat Channel Telegram di Telegram Desktop:

  • Klik ikon menu di pojok kiri atas (Windows) dan pojok kanan atas (Mac).
  • Pilih New Channel atau Saluran Baru dari menu.
  • Masukkan nama Channel Telegram Anda di kolom yang ada dan tambahkan deskripsi.
  • Klik ikon kamera di samping Channel Name dan pilih gambar untuk dijadikan sebagai display picture channel tersebut.
  • Klik Next.
  • Pilih jenis Channel Telegram, Anda dapat memilih antara Public Channel atau Private Channel. Anda dapat mengetahui perbedaannya di atas.
  • Jika Anda membuat Public Channel, buat tautan permanen (permalink) dari channel tersebut.
  • Ketuk Finish atau Selesai untuk membuat Channel Telegram Anda.

Baca juga: Apa Itu Affiliate Marketing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Bagaimana Channel Telegram Membantu Bisnis Berkembang?

Channel Telegram dapat sangat membantu bisnis. Dengan fitur komunikasi langsung, pengiriman konten, segmentasi pelanggan, promosi produk, pemberitahuan penting, keamanan, dan privasi yang tinggi, channel Telegram memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan pelanggan, memperluas jangkauan, dan meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Kesimpulan

Cara membuat Channel Telegram sangat mudah, kan? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Telegram merupakan salah satu aplikasi perpesanan berbasis Cloud yang dapat Anda gunakan. Namun, menggunakannya pada aplikasi perpesanan saja tidak cukup, Anda perlu memanfaatkan layanan Cloud untuk kebutuhan lainnya.

Apabila Anda tertarik menggunakan layanan Cloud untuk kebutuhan bisnis, langsung saja gunakan jasa dari Lintasarta Cloudeka. Kami menyediakan berbagai produk Cloud yang sangat berguna, mulai dari layanan Cloud untuk Infrastructure hingga Security. Hubungi Cloudeka sekarang juga apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar layanan Cloud yang ditawarkan oleh Lintasarta Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.