Menu Close

Berita & Acara

Mengenal Content Marketing dan Manfaatnya bagi Bisnis

Content Marketing adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang saat ini sudah sangat sering diterapkan. Pada era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, konten memang merupakan salah satu aset pemasaran yang sangat berharga. Setiap orang akan menggunakan Internet untuk melihat konten setiap jamnya dan setiap harinya.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari apa yang dimaksud dengan content marketing secara lebih mendalam, mulai dari pengertiannya hingga contoh-contoh content marketing. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui apa saja manfaat content marketing bagi bisnis. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Content Marketing

Content marketing adalah strategi pemasaran digital yang digunakan untuk menarik, melibatkan, dan mempertahankan audiens dengan membuat dan membagikan konten yang relevan seperti artikel, video, podcast, dan masih banyak lagi. Biasanya, content marketing digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan menjadikan merek Anda menjadi thought leader atau berada di level top of the mind.

Ketika dilakukan dengan benar, content marketing dapat menunjukkan keahlian merek Anda dan memperjelas bahwa perusahaan menghargai audiens yang membeli produk atau menggunakan layanannya. Selain itu, penggunaan content marketing yang konsisten dapat membangun dan memelihara hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan Anda yang sudah ada.

Content marketing akan bekerja secara perlahan untuk membuat audiens merasa familier dengan merek Anda. Ketika audiens diberikan konten secara konsisten, terutama konten yang relevan dan berguna, mereka akan lebih memercayai merek Anda sebagai yang ahli di bidangnya. Dengan begitu, ketika memikirkan suatu produk di bidang tersebut, merek Anda akan dapat muncul di pikiran audiens dan akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Memahami Profesi Content Creator yang Banyak Dicari

Manfaat Content Marketing bagi Bisnis

Content marketing dapat menguntungkan bisnis dalam banyak hal. Ketika dilakukan dengan benar, strategi content marketing yang efektif dapat:

1. Meningkatkan Visibilitas Daring

Strategi content marketing dapat membantu merek Anda menarik lebih banyak pelanggan dan pengunjung (lalu lintas) ke website, terutama ketika audiens terus mencari solusi untuk masalah mereka. Menawarkan konten yang relevan, mendidik, dan informatif tentang topik yang audiens minati dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas online melalui website, akun media sosial, dan saluran pemasaran lainnya yang Anda gunakan.

2. Menghasilkan Lebih Banyak Prospek

Anda dapat meningkatkan prospek saat content marketing yang Anda gunakan difokuskan untuk mengarahkan lalu lintas ke toko online atau tempat berbelanja lainnya. Karena content marketing dapat mengarahkan audiens untuk membangun kepercayaan terhadap merek, Anda dapat membantu mereka merasa lebih nyaman ketika membeli produk Anda. Dengan begitu, Anda dapat menghasilkan lebih banyak prospek dan mulai mengembangkan hubungan yang lebih baik dengan calon pembeli.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan adalah hal yang sangat penting dalam pemasaran dan bisnis secara umum. Makin setia pelanggan Anda, maka akan makin banyak pembelian berulang yang mereka lakukan. Menawarkan konten yang relevan, mendidik, dan informatif kepada audiens dapat membantu mereka mulai membangun kepercayaan dengan merek dan melihat Anda sebagai thought leader.

4. Meningkatkan Otoritas Merek

Mengembangkan strategi content marketing yang efektif akan sangat ideal untuk meningkatkan otoritas merek dan menjadikan merek Anda thought leader di industri atau bidangnya. Konten tidak hanya membantu Anda membangun kepercayaan, tetapi juga dapat memosisikan merek Anda sebagai yang paling berwibawa (memiliki otoritas yang tinggi) pada topik tertentu.

Contoh-Contoh Content Marketing

Ada banyak jenis content marketing yang dapat Anda pilih untuk dimasukkan ke dalam strategi yang diterapkan. Berikut ini adalah beberapa contoh content marketing yang dapat Anda gunakan.

1. Online Content Marketing

Online Content Marketing mengacu pada materi (konten) apa pun yang Anda publikasikan secara online. Namun, lebih khusus lagi, Online Content Marketing mengacu pada halaman dari website Anda. Strategi Online Content Marketing yang matang dan efektif akan membantu Anda mendapat peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian dari mesin pencari atau Search Engine Results Page (SERP).

Salah satu contoh dari Online Content Marketing adalah halaman utama dari website Lintasarta Cloudeka. Di sana, Anda akan melihat beberapa tombol yang langsung mengarahkan pengunjungnya untuk mendaftarkan akun atau menjadi partner. Setelah menggulir sedikit ke bagian bawah, pengunjung juga akan menemukan berbagai informasi penting terkait Lintasarta Cloudeka, seperti daftar produk, daftar klien, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Itu User Generated Content? Ini Tips Menjalankan Strateginya

2. Social Media Content Marketing

Dengan lebih dari 4,2 miliar pengguna media sosial secara global, mudah dipahami mengapa begitu banyak bisnis berinvestasi dalam content marketing yang dilakukan melalui media sosial. Ada banyak sekali platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, TikTok, Pinterest, LinkedIn, hingga Snapchat yang dapat digunakan. Selain itu, jenis konten yang dapat dibagikan juga sangat beragam, mulai dari tulisan, poster, infografis, video pendek, dan masih banyak lagi.

Ketika mengunjungi media sosial dari sebuah perusahaan atau merek, seluruh postingan yang diunggah di sana dapat dikategorikan sebagai Social Media Content Marketing. Untuk mengefektifkan penerapan Social Media Content Marketing, Anda perlu menganalisa di platform media sosial apa target audiens Anda paling banyak menghabiskan waktunya serta konten seperti apa yang paling mereka sukai.

3. Blog Content Marketing

Blog adalah jenis konten yang dapat menarik lalu lintas ke website dengan sangat baik. Selain itu, blog juga memungkinkan Anda untuk berkreativitas dengan berbagai macam hal dan topik yang dapat dibahas. Dengan blog, Anda dapat melakukan banyak hal, seperti mempromosikan produk, memberikan informasi terkait produk, menjawab masalah audiens, dan masih banyak lagi.

Contoh dari Blog Content Marketing adalah tulisan dari artikel ini. Pada dasarnya, seluruh artikel yang Anda unggah ke dalam bagian blog di website termasuk ke dalam Blog Content Marketing. Artikel ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan Anda mengenai apa itu content marketing, dan akan mengarahkan Anda untuk menggunakan produk kami di bagian akhirnya nanti.

4. Video Content Marketing

Menurut penelitian dari Wyzowl, sebesar 73% konsumen mengatakan bahwa mereka lebih suka mempelajari produk atau layanan dari suatu merek melalui konten yang berbentuk video. Selain itu, konten video juga terbukti dapat meningkatkan konversi, meningkatkan ROI, dan membantu Anda membangun hubungan bersama audiens dengan lebih baik.

Anda dapat mengunggah konten berbentuk video ke dalam berbagai saluran pemasaran, mulai dari media sosial, landing page, hingga menyisipkan video yang sudah Anda unggah ke platform seperti YouTube ke dalam tulisan di blog Anda. Apa pun jenis video pemasaran yang Anda unggah ke saluran pemasaran dapat dikategorikan sebagai Video Content Marketing.

5. Podcast Content Marketing

Berdasarkan data dari Databooks, pendengar podcast di Indonesia adalah yang terbesar ke-2 di seluruh dunia. Oleh karena itu, sudah ada banyak sekali bisnis dan outlet media yang mulai membuat dan membagikan podcast mereka sendiri di berbagai platform. Biasanya, platform yang paling sering digunakan untuk membagikan podcast di Indonesia adalah Spotify dan Noice.

Podcast memungkinkan Anda untuk menyalurkan banyak sekali kreativitas karena Anda dapat membicarakan topik apa pun. Namun, akan lebih efektif jika Anda telah menemukan niche yang tepat terlebih dahulu, mengingat sudah ada banyak sekali podcast yang dirilis setiap harinya di Indonesia, baik itu di Spotify maupun Noice.

Selain meningkatkan strategi pemasaran melalui content marketing, Anda juga perlu meningkatkan keamanan digital dari perusahaan agar terhindar dari kejahatan siber. Makin rentan perusahaan Anda terhadap kejahatan siber, maka akan makin sulit bagi perusahaan Anda untuk berkembang.

Salah satu penyedia keamanan digital di Indonesia yang dapat melindungi perusahaan Anda dari berbagai kejahatan siber adalah Lintasarta Cloudeka. Selain layanan Security, kami juga menyediakan banyak layanan lain, mulai dari Infrastructure, Platform, dan Software. Hubungi Cloudeka sekarang juga apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar layanan Cloud yang ditawarkan oleh Lintasarta Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.