Menu Close

Berita & Acara

Mengenal Mind Mapping Bisnis

Mind Mapping Adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Membangun sebuah bisnis tidak dapat dipisahkan dengan pembuatan sebuah konsep dan ide saat proses perencanaan. Mind mapping adalah salah satu cara untuk memudahkan perencanaan ide, konsep, dan strategi bisnis lain yang dibutuhkan. Mind mapping membantu proses berpikir dengan teratur sebab perencanaan dilakukan dengan pengelompokkan setiap topik. 

Melalui artikel di bawah, Anda akan mempelajari pengertian dan manfaat mind mapping dalam dunia bisnis.

Pengertian Mind Mapping Bisnis

Mind mapping adalah metode pembuatan konsep bisnis yang dikembangkan dengan memetakan informasi dalam setiap kategori. Mind mapping dapat dipetakan menggunakan garis cabang, gambar, serta kata kunci yang berhubungan dengan konsep atau ide yang pengembangan atau perencanaan berdirinya sebuah bisnis. 

Menerapkan teknik mind mapping dalam dunia bisnis membutuhkan kinerja otak kanan dan otak kiri untuk mendapatkan banyak ide baru. Teknik ini juga membantu dalam berkomunikasi, memecahkan masalah, fokus, mengatur serta menjelaskan pikiran, dan mempelajari sesuatu dengan cepat dan efisien.

Baca juga: Contoh Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

Tujuan Mind Mapping Bisnis

Tujuan dari penggunaan mind mapping adalah memudahkan pemilik dan pekerja untuk melihat rencana bisnis yang dibuat. Selain itu, mind mapping  dibuat agar rencana bisnis terlihat lebih menarik dan jelas sehingga dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih baik. 

Secara umum, mind mapping digunakan untuk membantu menyajikan konsep perusahaan secara lebih tepat dan akurat karena sistem pengelompokkan dalam setiap kategori pembahasan. Berkat metode tersebut, seluruh anggota perusahaan lebih mudah menerima dan menyebarkan informasi yang diterima.

4 Manfaat Mind Mapping dalam Merancang Business Plan

Tujuan mind mapping di atas cukup sejalan dengan kebutuhan sebuah bisnis di mana memerlukan metode yang memudahkan tersampaikannya ide, konsep, dan strategi bisnis. Menggunakan mind mapping dapat memberikan berbagai manfaat dalam bisnis Anda, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan Ingatan

Mind mapping adalah rancangan atau gambar sebuah grafik yang dipisahkan atau dipisahkan berdasarkan kategori atau poin penting sebuah rencana. Penggunaan mind mapping dapat meningkatkan ingatan terhadap hal-hal penting yang harus dijalankan, terlebih ketika Anda menggunakan berbagai bentuk atau warna dalam pembuatannya.

2. Meningkatkan Kreativitas

Membuat mind mapping dapat meningkatkan kreativitas sebab mengasah otak untuk menemukan bentuk unik dan menarik agar rancangan mind mapping tidak membosankan dan mudah diingat.

3. Lebih Mudah Dipahami

Apabila sebuah strategi dan ide dalam sebuah rapat disampaikan secara keseluruhan dan hanya berupa teks, justru akan sulit untuk diikuti serta menimbulkan banyak pemahaman dan sulit untuk fokus. 

Penerapan teknik mind mapping ini dapat menjadi jalan keluar untuk membuat rapat menjadi lebih menarik. Selain itu, dengan mind mapping seluruh informasi dapat tersampaikan dengan baik sebab pembahasan dilakukan secara satu per satu dan berurutan.

4. Meningkatkan Produktivitas

Membuat mind mapping mengharuskan Anda untuk membagi setiap topik pembahasan dan informasi yang akan disampaikan. Selain itu, diperlukan pula membuat visualisasi gambar yang sesuai dengan konsep bisnis. 

Seluruh kegiatan di atas menciptakan produktivitas yang tinggi sebab banyak hal harus dilakukan agar seluruh kebutuhan untuk menyampaikan informasi terpenuhi. Sehingga mendorong Anda untuk menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu.

Baca juga: Penerapan Internet of Things pada Dunia Bisnis

4 Tips Mind Mapping dalam Merancang Business Plan

Setelah mengetahui berbagai manfaat dan tujuan dari mind mapping, selanjutnya Anda dapat mulai membuat mind mapping sesuai imajinasi dan kreativitas. Cloudeka akan memberikan beberapa tips yang dapat diterapkan saat membuat mind mapping. Tips membuat mind mapping dalam merancang business plan adalah:

1. Menentukan Media yang Digunakan

Media pembuatan mind mapping adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Tentukan media sesuai dengan kebutuhan mind mapping business plan Anda. Apabila tersedia papan tulis dalam ruangan, manfaatkan sebagai media dan buat rencana bisnis dengan mind mapping berukuran besar agar mudah untuk dilihat seluruh anggota. 

Namun apabila tidak, Anda dapat memanfaatkan media kertas besar yang cukup untuk menggambar seluruh rencana dan ide yang akan disampaikan atau buat desain pada media digital. 

2. Tempatkan Tema Utama Pada Bagian Tengah

Penempatan tema utama pada bagian tengah dapat meningkatkan fokus dan memudahkan penempatan sub tema yang dihubungkan dengan garis. Agar lebih menarik, hubungkan tema dengan sub tema dengan garis spiral atau bergelombang. 

3. Manfaatkan Warna

Salah satu tujuan dibuatnya mind mapping adalah membuat susunan business plan menjadi lebih menarik dan menghilangkan konsep yang membosankan. Untuk itu, manfaatkan penggunaan berbagai warna dalam mind mapping Anda agar setiap bagian dapat diingat dengan mudah.

4. Gunakan Satu Kata

Mind mapping adalah kumpulan ide dan konsep yang dibuat dengan memisahkan beberapa poin. Hindari menulis terlalu banyak kata dalam satu sub tema, sebab menggunakan satu kata dalam mind mapping dapat membantu menciptakan banyak ide baru dari anggota bisnis.

Baca juga: Tiga Manfaat Cloud Container untuk Bisnis Sehari-hari

Jadi, dapat disimpulkan bahwa mind mapping adalah teknik penyampaian informasi, ide, konsep, maupun strategi dengan lebih menarik, mudah dipahami dan terperinci. Cara ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menciptakan suasana rapat pada perusahaan yang lebih santai namun tetap fokus. 

Hal kecil dalam bisnis seperti ini secara tidak langsung dapat memengaruhi kinerja dan perkembangan perusahaan. Selain mind mapping, penyimpanan data bisnis juga termasuk hal utama yang harus diperhatikan. 

Dalam mewujudkan keamanan berbagai jenis data perusahaan atau bisnis Anda, menggunakan layanan Cloud Computing Deka Box dari Cloudeka adalah pilihan yang tepat. Kelola data penting dan kompleks dari perusahaan secara aman dan mudah dengan biaya yang efektif dengan hubungi kami sekarang juga dan dapatkan uji coba gratis!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.