Menu Close

Berita & Acara

Jenis CMS Terbaik untuk Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Banyak perusahaan yang menggunakan CMS lantaran tidak terlalu banyak memerlukan intervensi teknis. Anda dapat menangani serta mengelola konten secara konsisten dan otomatis sesuai dengan aturan website yang ditentukan. Saat ini, ada beberapa jenis CMS yang cukup populer untuk website.

Content Management System (CMS) atau Sistem Manajemen Konten merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak yang dapat membantu Anda mengoperasikan situs mulai dari melakukan pembuatan konten, menerbitkan, memodifikasi sampai memelihara situs tersebut. 

Jenis-jenis CMS Terbaik untuk Website 

Karena CMS sendiri terdiri dari beberapa jenis, berikut penjelasan singkat mengenai jenis CMS terbaik untuk website yang bisa Anda pilih. 

1. WordPress

Bagi sebagian individu, WordPress cukup populer. Hal ini karena pada dasarnya WordPress memang dirancang untuk para pemula yang belum memiliki pemahaman lebih mengenai coding. Fitur-fitur yang tersedia di WordPress pun memudahkan para penggunanya untuk mengelola situs. Pengguna dapat mengatur tampilan situs, melakukan penginstalan plugin, mengubah pengaturan permalink, serta menjadwalkan penerbitan konten. 

Dengan WordPress, Anda sebagai pengguna memiliki kebebasan untuk membangun situs sesuai dengan kebutuhan secara gratis. Kemudian untuk membuat halaman yang bagus, Anda tidak memerlukan seseorang yang cukup ahli karena WordPress memang semudah itu untuk dijalankan. 

Apabila Anda menggunakan WordPress untuk situs blogging yang memuat banyak konten, maka ini adalah pilihan yang tepat. WordPress sejak awal juga memang sangat baik untuk melakukan optimasi mesin pencari atau yang biasa kita kenal dengan SEO. Akan sangat mudah untuk membuat URL, kategori bahkan sampai tag yang ramah SEO untuk postingan milik Anda. 

2. Drupal

Selain WordPress, Drupal merupakan jenis CMS yang cukup terkenal. Drupal merupakan jenis CMS open-source yang sangat fleksibel yang targetnya memang untuk para developermarketer, dan agensi. Maka dari itu, apabila ingin menggunakan Drupal, perusahaan Anda harus memiliki setidaknya orang-orang yang paham PHP, HTML, dan CSS agar dapat memanfaatkan Drupal sebaik mungkin. Karena pada dasarnya, Drupal memang ditujukan untuk developer dari developer

Drupal menjadi pilihan banyak perusahaan karena tingkat keamanannya yang cukup baik. Drupal sendiri memiliki komunitas dengan total 40 anggota yang dapat melakukan perbaikan bug serta pembaruan keamanan setiap bulannya. 

 BACA JUGA:

3. Joomla

Joomla merupakan jenis CMS open-source gratis selanjutnya yang cukup populer keberadaannya karena memiliki template serta fitur-fitur yang menarik dari jenis CMS lainnya. Ada banyak sekali template atau tema berbeda yang bisa Anda pilih. Dengan Joomla, Anda dapat mengelola ratusan pengguna, membuat postingan yang harus menggunakan template khusus, melakukan pengaturan SEO, dan masih banyak lainnya. 

4. CMS Hub

CMS Hub adalah CMS terintegrasi yang memang dirancang khusus untuk marketer dan pemilik bisnis. Ini mencakup semua jenis otomatisasi mulai dari pemasaran, penjualan, layanan serta alat pengoperasian. CMS Hub by HubSpot ini memang bertujuan untuk membantu Anda dalam membangun bisnis dan mengelola serta mengoptimalkan situs setiap perangkat dan pengguna. Ini merupakan pilihan yang tepat untuk sebuah bisnis yang sedang berkembang. 

Anda dapat mengubah serta mengoptimalkan tampilan situs dengan berbagai macam template gratis maupun berbayar. Jika ingin melihat lebih banyak template berbayar, Anda dapat mengunjungi HubSpot Asset Marketplace untuk melakukan pembelian.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.