Menu Close

Berita & Acara

Inilah 7 Tujuan Komunikasi Bisnis yang Wajib Dipahami

Tujuan Komunikasi Bisnis
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Penting sekali bagi pemilik bisnis untuk menguasai komunikasi bisnis dalam menjalankan bisnisnya. Tujuan komunikasi bisnis tidak terbatas pada penyampaian pesan atau informasi kepada karyawan dalam perusahaan. Komunikasi bisnis juga bertujuan untuk membangun hubungan yang baik dengan pihak eksternal termasuk klien atau pelanggan Anda.

Apakah komunikasi bisnis itu? Komunikasi bisnis adalah cara perusahaan atau organisasi dalam berkomunikasi dengan audiensnya, baik itu pelanggan, karyawan, maupun pihak lain yang terkait dengan bisnis tersebut. Komunikasi bisnis bisa meliputi komunikasi internal, yaitu komunikasi antara karyawan dalam perusahaan, dan komunikasi eksternal, yaitu komunikasi antara perusahaan dengan pihak luar seperti pelanggan, mitra kerja, bahkan stakeholder.

Tentunya ada banyak tujuan yang bisa Anda capai dengan menerapkan komunikasi bisnis secara efektif di perusahaan. Simak artikel ini untuk memahami lebih dalam tentang tujuan dan bentuk komunikasi bisnis yang bisa Anda terapkan dalam perusahaan.

Tujuan Komunikasi Bisnis

Layaknya komunikasi pada umumnya, komunikasi bisnis bertujuan untuk menyampaikan informasi kepada audiens internal maupun eksternal. Namun, ada pula tujuan lain yang bisa dicapai dengan penerapan komunikasi bisnis yang efektif. Berikut ini beberapa tujuan komunikasi bisnis dalam organisasi.

1. Menjalin Hubungan

Bisnis perlu menjalin hubungan yang baik dengan pihak mana pun agar prosesnya tetap berjalan lancar. Komunikasi bisnis yang efektif dapat meningkatkan hubungan bisnis dengan pihak yang terkait dengan bisnis, seperti karyawan, pelanggan, supplier, bahkan pihak stakeholder.

2. Membangun Kepercayaan

Kepercayaan merupakan kunci penting untuk mempertahankan hubungan jangka panjang dengan pelanggan atau mitra kerja bisnis Anda. Oleh karena itu, komunikasi bisnis harus berjalan efektif dan perlu ada keterbukaan di dalamnya. Anda harus bisa menyajikan informasi yang transparan karena hal tersebut bisa membangun kepercayaan audiens terhadap bisnis.

3. Memberikan Solusi

Komunikasi bisnis juga bertujuan untuk menjadi bagian dari solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh audiens. Anda bisa menyediakan informasi serta solusi yang tepat dan bermanfaat untuk klien agar masalahnya bisa diselesaikan dengan baik. Klien pun akan memercayakan bisnis Anda untuk menyelesaikan masalahnya dalam jangka panjang apabila solusi yang diberikan terbukti berhasil.

4. Meningkatkan Penjualan

Komunikasi bisnis yang efektif juga dapat membantu perusahaan atau organisasi dalam meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan. Hal tersebut bisa dicapai dengan menyampaikan informasi yang bermanfaat kepada target audiens Anda. Tentunya Anda perlu melakukan riset pasar agar bisa memahami kebutuhan audiens dan menyediakan solusi yang cocok untuk mereka.

Baca juga: 5 Perbedaan E-Commerce dan Marketplace, Apa Saja?

5. Membangun Brand Awareness

Komunikasi bisnis juga bertujuan untuk membangun brand awareness perusahaan di mata publik. Perusahaan membangun kesadaran tentang mereknya di kalangan masyarakat sehingga merek tersebut makin dikenal luas. Langkah ini bisa dilakukan melalui kegiatan pemasaran secara langsung ataupun menggunakan media seperti iklan.

6. Menjaga Reputasi Perusahaan

Reputasi merupakan hal yang penting bagi perusahaan karena berkaitan dengan citra mereka di mata publik. Komunikasi bisnis yang efektif membantu perusahaan dalam menjaga reputasinya. Tujuan ini bisa dicapai dengan cara menyampaikan informasi yang bermanfaat dan tepat sasaran serta menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan secara cepat dan tepat. Reputasi yang bagus tentu akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

7. Menciptakan Loyalitas Pelanggan 

Terakhir, perusahaan juga bisa menciptakan loyalitas pelanggan melalui komunikasi bisnis yang efektif. Hubungan yang baik dapat membentuk kepercayaan dalam diri pelanggan terhadap perusahaan Anda. Pelanggan pun akan terus membeli produk atau jasa yang ditawarkan karena mereka merasa dihargai dan diperhatikan oleh perusahaan Anda.

Baca juga: Customer Engagement Adalah Elemen Penting dalam Bisnis

Jenis-Jenis Komunikasi Bisnis

Tujuan yang telah disebutkan di atas tentu menyadarkan Anda terhadap pentingnya komunikasi bisnis dalam perusahaan. Namun, Anda perlu mengetahui beberapa jenis komunikasi bisnis yang lazim terjadi dalam organisasi. Apa saja?

1. Komunikasi Internal

Komunikasi internal hanya melibatkan anggota internal perusahaan atau organisasi seperti staf, manajer, supervisor, bahkan kepala perusahaan. Dalam komunikasi internal, Anda bisa bertukar pendapat atau gagasan secara langsung atau melalui media perantara seperti email dan video conference. Komunikasi internal yang berjalan baik tentu akan memengaruhi cara komunikasi perusahaan terhadap pihak eksternal, khususnya pelanggan.

2. Komunikasi Eksternal

Berikutnya, ada komunikasi eksternal yang melibatkan pihak di luar perusahaan. Pihak eksternal ini tidak hanya pelanggan, tetapi juga pihak lainnya yang terkait dengan bisnis seperti pemasok produk, distributor, investor, bahkan stakeholder. Komunikasi bisnis yang efektif dengan pihak eksternal akan meningkatkan kelancaran proses bisnis Anda.

3. Komunikasi Verbal

Ada dua jenis komunikasi bisnis berdasarkan media yang digunakan, yaitu komunikasi verbal dan komunikasi non-verbal. Komunikasi verbal merupakan bentuk komunikasi secara lisan dan informasinya disampaikan langsung kepada audiens. Bentuk komunikasinya bisa berupa obrolan langsung, presentasi, rapat, atau diskusi. Komunikasi verbal harus memiliki struktur pesan yang teratur agar pesannya tersampaikan dengan baik.

4. Komunikasi Non-Verbal

Terakhir, ada komunikasi non-verbal yang menggunakan perantara untuk berkomunikasi dengan audiens. Ada banyak perantara yang bisa digunakan, mulai dari telepon, surat, email, bahkan website dan aplikasi.

Perusahaan Anda pun bisa membangun aplikasi agar terhubung dengan pelanggan. Tentunya Anda membutuhkan Cloud Computing dengan implementasi server yang baik. Solusinya, gunakan Deka Flexi (FX2) yang merupakan Public Cloud Service dari Lintasarta Cloudeka.

Langsung hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut mengenai Deka Flexi ini. Wujudkan tujuan komunikasi bisnis yang efektif dengan pelanggan Anda hanya dengan menggunakan layanan terbaik dari Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.