Menu Close

Berita & Acara

Apa itu IP Address? Mengapa IP Address Sangat Penting?

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Aktivitas browsing di Internet tentu tidak lepas dari peran IP address perangkat Anda. IP address berguna sebagai identitas perangkat Anda sehingga bisa terhubung ke Internet. Ya, setiap perangkat yang Anda miliki telah dilengkapi oleh IP address yang bisa dilacak melalui menu pengaturan. Pertanyaannya, apa itu IP address?

IP address memang ada dalam setiap perangkat yang digunakan. Sayangnya, masih sedikit orang yang menyadari adanya IP address pada perangkat. Hacker bisa saja memanfaatkan IP address Anda untuk melakukan serangan atau kejahatan siber.

Tentu Anda tidak mau hal tersebut terjadi, bukan? Oleh karena itu, Anda perlu mengenal lebih dalam tentang IP address. Langsung simak saja pembahasan lengkapnya di artikel ini.

Apa Itu IP Address?

Internet Protocol (IP) address adalah deretan angka yang menjadi identitas sebuah perangkat ketika terhubung dengan jaringan Internet ataupun lokal. IP address terdapat pada setiap perangkat yang terhubung ke jaringan Internet, seperti komputer, tablet, laptop, HP, dan sebagainya. Anda bisa menemukan IP address milik perangkat melalui menu pengaturannya.

Apa Saja Fungsi IP Address?

IP address memiliki fungsi utama, yaitu sebagai identitas perangkat dalam jaringan Internet. Anda bisa melihat data yang terdapat dalam website karena IP address. Pasalnya, IP address berperan sebagai alamat tujuan pengiriman data dari website kepada perangkat yang digunakan. Data yang dikirim perlu diunduh terlebih dahulu dengan menggunakan IP address.

Anda bisa mengibaratkan proses pengunduhan data ini seperti pengiriman paket ke alamat tujuan. IP address berperan sebagai alamat tujuan, sedangkan data dari suatu website adalah paketnya. Ketika mengakses sebuah website, perangkat Anda akan mengambil data dari website tersebut dan mengunduhnya. 

Proses pengunduhan tersebut memerlukan IP address sebagai identitas perangkat Anda agar datanya sampai di perangkat yang tepat. Anda pun bisa mengakses sebuah website lengkap dengan tampilan dan data di dalamnya berkat adanya IP address.

Baca juga: Apa Itu Database? Apakah Penting Untuk Website?

Apa Saja Jenis-Jenis IP Address?

Ada banyak jenis IP address yang sering digunakan dalam sebuah perangkat, yaitu:

1. IPv4 Address

Jenis IP address ini paling lazim digunakan dalam perangkat dengan jumlah 4,3 miliar di seluruh dunia. IPv4 address merupakan kepanjangan dari Internet Protocol version 4. Ciri-ciri IPv4 yakni memiliki panjang 32-bit dan terdiri dari empat bagian angka yang terpisah oleh titik. Hampir semua sistem bisa menerima IPv4 address tanpa masalah karena jenis ini paling banyak digunakan.

2. IPv6 Address

Jenis IP address ini merupakan versi terbaru dari IPv4. Pembaruan ini dilakukan karena variasi IPv4 sudah mulai terbatas, sementara jumlah perangkat makin bertambah banyak. IPv6 memiliki panjang 128 bit dan terdiri dari deretan digit heksadesimal 16 bit dan huruf yang dipisahkan dengan titik dua. Adapun jenis huruf yang digunakan yaitu A sampai F. Proses routing pun lebih efisien dengan jenis IP address ini.

3. Public IP Address

Public IP address merupakan jenis IP address yang bisa diakses melalui jaringan Internet ataupun jaringan lokal. Hampir setiap perangkat telah dipasangi public IP address, khususnya server website, server e-mail, dan router WiFi. Namun, public IP address diberikan dan dikontrol oleh Internet Service Provider (Penyedia Layanan Internet) sehingga tidak semua orang bebas memilikinya.

4. Private IP Address

Berbeda dengan public IP address, private IP address hanya bisa diakses melalui jaringan lokal, seperti Bluetooth atau LAN (Local Area Network). Anda tidak bisa menggunakan private IP address untuk terhubung ke jaringan Internet. Kelebihannya, jenis IP address ini tersedia secara gratis untuk digunakan.

5. Dynamic IP Address

Dynamic IP address merupakan alamat IP yang berubah-ubah dan diberikan oleh Internet Service Provider kepada pelanggannya. Biasanya, dynamic IP address digunakan untuk menghindari serangan hacker agar tidak mudah mengakses jaringan komputer. Alamat IP selalu berubah ketika ada perangkat baru yang masuk ke dalam jaringan, perubahan konfigurasi jaringan, atau reboot perangkat.

6. Static IP Address

Static IP address merupakan alamat IP tidak pernah berubah. Jenis alamat IP ini biasanya digunakan pada perangkat yang membutuhkan akses tetap atau terhubung dengan jaringan pribadi.

7. Shared IP Address

Jenis IP address ini digunakan secara kolektif oleh beberapa pengguna dengan sumber jaringan dan perangkat server yang sama. Shared IP address memiliki biaya yang relatif rendah. Namun, Anda perlu mengatur traffic dan volume penggunaannya agar tetap konsisten meski digunakan di waktu yang sama dengan orang lain.

8. Dedicated IP Address

Terakhir, ada dedicated IP address yang khusus digunakan oleh satu pengguna saja. Walaupun biayanya lebih tinggi, Anda akan lebih mudah mendapatkan sertifikat SSL karena jenis alamat IP ini. Pengguna pun bisa mengakses website Anda hanya dengan IP address ini saja.

Apa Saja Ancaman Keamanan terkait IP Address?

Pernah mendengar desas-desus bahwa IP address memiliki ancaman keamanan? Hal tersebut memang benar karena IP address bisa disalahgunakan oleh hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab. Ada beberapa aktivitas yang dilakukan oleh hacker dengan bantuan IP address, yaitu:

1. Pelacakan Lokasi dan Aktivitas Virtual

Informasi IP address bisa mengalami kebocoran apabila Anda mengunjungi jenis website tertentu. Hacker bisa mendapatkan alamat IP, kemudian melacak lokasi Anda setelah mengakses website pengecek alamat IP. Risiko terbesarnya yaitu hacker bisa melakukan kejahatan siber dengan mencatut nama Anda.

2. Framing atau Mengunduh Konten Ilegal

Pelaku kejahatan siber bisa pula menggunakan alamat IP Anda untuk melakukan hal ilegal. Mereka bisa mengunduh konten ilegal dari website terlarang, contohnya film dan aplikasi bajakan. Bisa jadi Anda justru akan dijerat hukum akibat perbuatan hacker tersebut.

3. Peretasan Perangkat

Terakhir, hacker bisa pula meretas perangkat yang digunakan setelah mengetahui alamat IP-nya. Mereka akan mencuri data penting di dalamnya serta menaruh malware agar sistem pertahanan perangkat Anda lumpuh. Ancaman ini akan berakibat pada kerusakan komputer Anda.

Baca juga: Mengenal Malware dan Jenis-Jenis Serta Cara Mengatasinya

Solusi Ancaman Keamanan IP Address

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ancaman tersebut masih bisa diatasi. Caranya, Anda bisa menyembunyikan IP address sehingga tidak mudah dilacak oleh hacker. Ada pula langkah yang paling mudah tetapi harus dilakukan setiap saat, yaitu berhati-hati ketika browsing di Internet.

Ketika menjelajahi Internet, pastikan Anda mengunjungi website yang memiliki sertifikat SSL. Website seperti ini akan menjaga kredensial atau informasi seperti password dan alamat e-mail agar tetap aman. Komputer Anda pun perlu dilengkapi dengan firewall terbaik agar bisa terhindar dari serangan malware yang dikirimkan oleh hacker.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan Public Cloud yang aman agar data yang disimpan tidak mudah dicuri oleh hacker. Gunakan layanan Deka Flexi (FX2) sebagai tempat penyimpanan data website Anda. Kapasitas dan keamanan Cloud Deka Flexi (FX2) juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga lebih fleksibel. Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut tentang Deka Flexi! Tingkatkan performa website Anda hanya dengan produk terbaik dari Cloudeka ini.

Sudahkah Anda memahami apa itu IP address setelah membaca artikel ini? Jangan lupa untuk membagikan artikelnya kepada kerabat atau rekan kerja agar mereka bisa memahami apa itu IP address.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.