Menu Close

Berita & Acara

Ini Dia Peran Two-Factor Authentication pada Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Two-factor authentication atau autentikasi dua langkah merupakan tahapan untuk memberikan lapisan perlindungan bagi sebuah website. Hal ini bisa menyulitkan peretas untuk membobol website. Karena itulah saat ini banyak website yang menerapkan autentikasi dua langkah.

Peran Two Factor Authentication pada Website

Saat ini semakin banyak peretasan website perusahaan yang terjadi. Beberapa di antaranya bahkan memberikan kerugian besar pada perusahaan. Karena dengan diretasnya website, bisa membuat pelanggan akan berpikir jika keamanan dari website tersebut sangat minim. Ini tentu berdampak pada menurunnya tingkat kepercayaan dan reputasi perusahaan di mata pelanggan.

Bukan hanya perusahaan saja, pelanggan juga bisa mendapatkan kerugian jika peretasan tersebut berhasil mengambil data pribadi pengguna. Pencurian data pribadi tersebut bisa memberikan kerugian finansial pada pelanggan, seperti pembobolan kartu kredit.

Karena itu, sebuah website perlu memberikan perlindungan ganda yaitu dengan menambahkan lapisan keamanan ekstra yakni two-factor authentication. Contoh platform yang menerapkan autentikasi dua langkah adalah WhatsApp, Facebook, Instagram, dan Gmail. Penggunaan autentikasi dua langkah bisa mencegah penyusup memasuki akun meskipun mereka memiliki kata sandi pengguna. 

Saat ini penggunaan kata sandi serumit apapun tidak akan cukup untuk mengamankan akun dari serangan peretas. Karena ada berbagai cara yang bisa peretas lakukan untuk membobol akun pengguna. Mulai dari dengan cara brute force hingga phishing

Pada sebuah CMS seperti WordPress, autentikasi dua langkah juga penting digunakan untuk mencegah akun WordPress Anda disusupi peretas. 

BACA JUGA:

Cara Kerja Two Factor Authentication pada Website

Cara kerja autentikasi dua langkah pada umumnya sama yaitu seperti berikut: 

  1. Pengguna memasuki situs web dengan username dan password.
  2. Password tersebut akan divalidasi oleh server autentikasi.
  3. Jika password benar, maka server autentikasi akan mengirimkan kode pada perangkat kedua pengguna.
  4. Pengguna harus memberikan konfirmasi dengan memasukkan kode yang mereka terima dari perangkat kedua.

Lebih singkatnya, autentikasi dua langkah akan melakukan verifikasi kedua setelah pengguna memasukkan kata sandi. Biasanya ada beberapa jenis info yang menjadi verifikasi kedua. Misalnya pada Gmail, pengguna diberikan beberapa pilihan seperti:

  • Menghubungkan akun Gmail dengan ponsel, sehingga siapa pun yang masuk ke akun Gmail Anda harus mengklik kata ‘YES’ yang muncul pada smartphone sebagai konfirmasi.
  • Penggunaan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.

Sedangkan pada Instagram, penggunaan autentikasi dua langkah adalah dengan memasukkan kode yang dikirimkan melalui SMS atau Whatsapp yang menggunakan PIN.

Penggunaan autentikasi dua langkah ini, juga bisa memberikan informasi pada pengguna jika ada seseorang yang menyusupi akun miliknya. Sehingga pengguna bisa melakukan pengamanan dengan mengubah kata sandinya.
Jika website Anda sudah memiliki two-factor authentication, maka tingkat kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan akan meningkat. Karena pelanggan akan percaya dan yakin, jika semua yang mereka lakukan saat mengakses website perusahaan aman dari peretas.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.