Menu Close

Berita & Acara

7 Kelebihan Cloud Storage bagi Bisnis

Kelebihan Cloud Storage bagi Bisnis
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Pemanfaatan data di dalam dunia bisnis yang makin kompetitif menjadi sangat krusial. Dengan data, bisnis memiliki wawasan yang luas dan objektif dalam membuat satu keputusan penting terkait kemajuan jangka panjang. Kemajuan teknologi dapat membantu pelaku bisnis untuk mengelola jumlah data yang besar dan beragam dengan tingkat kesulitannya

Berdasarkan kepentingan tersebut, data menjadi prioritas utama bagi kemajuan bisnis. Di samping itu, efisiensi dari operasional bisnis juga menjadi lebih berkembang maju. Dalam memanfaatkan data pasti membutuhkan storage yang mampu mengelola semuanya dengan baik. Agar lebih dalam lagi memahami pengelolaan data mari pahami apa saja kelebihan Cloud Storage yang akan diulas di dalam artikel ini.

Kelebihan Cloud Storage dalam Membantu Bisnis Anda

Pentingnya manajemen data yang efektif mengharuskan pelaku bisnis untuk menemukan solusi terbaik. Kehadiran teknologi storage tentu sangat membantu pelaku bisnis untuk menerapkan pengelolaan data yang tepat. Berikut ini adalah sejumlah kelebihan dari Cloud Storage dalam membantu pelaku bisnis untuk mengelola seluruh data-data mereka.

1. Skalabilitas dan Kapasitas yang Tanpa Batas

Cloud Storage menawarkan kapasitas penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhan serta pertumbuhan bisnis dalam jangka panjang. Dalam hal ini, pelaku bisnis dapat dengan mudah untuk menambah kapasitas penyimpanan jika data yang harus dikelola jumlahnya makin besar. Di samping kemudahan tersebut, pelaku bisnis juga tidak perlu untuk menambah perangkat tambahan.

2. Akses Mudah dan Kolaborasi yang Efisien

Dunia bisnis yang dinamis sangat menekankan pada penggunaan waktu yang cepat. Cloud Storage tentu dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan tersebut dengan sempurna. Akses data dapat dilakukan secara real-time dan digunakan secara bersama oleh beberapa pengguna sekaligus tanpa menunggu. Kelebihan ini dapat diandalkan sebagai kolaborasi yang efisien dan mempercepat kinerja tim.

3. Keamanan Data yang Tinggi

Keamanan data sangat penting bagi kelangsungan pertumbuhan bisnis untuk jangka waktu yang panjang. Dalam mempertahankan keutuhan data-data penting tersebut secara ketat penyedia layanan menerapkan keamanan maksimal. Mengenai hal tersebut, maka diterapkan autentikasi dua faktor, menerapkan hak akses kepada setiap pengguna, enkripsi data, serta secara berkelanjutan memantau aktivitas penggunaan data telah digunakan dengan sesuai.

4. Integrasi dengan Aplikasi dan Layanan Lain

Di dalam operasional bisnis yang serba dinamis, Cloud Storage menawarkan integrasi yang sangat memadai untuk memudahkan pertukaran data baik dengan sesama pengguna atau antar aplikasi. Implikasi dari integrasi ini adalah efisiensi kerja yang makin meningkat di dalam tim.

5. Pengelolaan Infrastruktur IT yang Efektif

Hadirnya Cloud Storage secara otomatis dapat mengurangi penggunaan perangkat keras dan infrastruktur IT dari internal bisnis itu sendiri. Pelaku bisnis tidak terlibat secara langsung untuk melakukan pemeliharaan server karena teknologi storage dengan mudah dapat dikembangkan sesuai dengan kemajuan dan pertumbuhan bisnis.

6. Biaya yang Terjangkau

Biaya yang terjangkau menjadi salah satu pertimbangan penting bagi pelaku bisnis untuk menggunakan teknologi storage dalam mengelola data-data penting mereka. Hal ini secara otomatis dapat memungkinkan pengguna atau pelaku bisnis untuk mengalihkan biaya mereka untuk operasional yang lebih penting. Semua ini dapat lakukan karena tidak ada biaya pemeliharaan yang dibebankan kepada pengguna storage.

7. Pemulihan Data dan Pencadangan Secara Otomatis

Ada kalanya terdapat kendala-kendala yang tidak dapat diprediksi dan terjadi begitu saja. Mengingat hal ini, Cloud Storage bekerja secara otomatis untuk melakukan upaya pencegahan mulai dari pencadangan secara otomatis dan menempatkan salinan data di beberapa server.

Tujuannya adalah ketika terjadi kendala di salah satu server tentu data masih bisa diakses karena memiliki salinannya. Selain itu, pemulihan juga dapat dilakukan secara otomatis ketika data tidak sengaja hilang atau rusak.

Baca juga: Apa Itu DRP? Seperti Apa Fungsinya dan Jenisnya?

Tips Memilih Cloud Storage

Bisnis yang terus bertumbuh sangat bergantung pada pengelolaan data. Teknologi storage adalah pilihan tepat untuk mengelola data-data penting. Oleh karena itu, pelaku bisnis bisa memanfaatkan Cloud Storage untuk kemajuan jangka panjang mereka. Dalam memilih Cloud Storage yang tepat ada beberapa langkah akurat yang harus dipelajari agar Anda tidak salah menentukan.

1. Tinjau Kebutuhan Bisnis Anda

Pentingnya untuk meninjau secara luas dan mendalam mengenai kebutuhan bisnis Anda secara menyeluruh dan tepat. Langkah awal adalah pertimbangkan volume dari data yang akan disimpan dalam storage serta jenis file-nya. Selain itu, hal yang tidak kalah penting adalah mempertimbangkan mengenai kemungkinan pertumbuhan bisnis pada masa depan.

2. Pahami Tentang Sistem Penagihannya

Dalam sistem penagihan Cloud Storage ada dua jenis yang nanti ditagihkan ke pemilik storage, yaitu berdasarkan jumlah penggunanya dan jumlah kapasitas. Mengetahui sistem ini sejak dini dapat mencegah Anda dari penggunaan yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, memahami sistem ini dengan baik menjadikan bisnis Anda teratur dalam pengeluaran sehingga tidak menimbulkan biaya yang tidak diperlukan.

3. Pemakaian yang Mudah

Pemanfaatan storage yang maksimal tentu berawal dari fitur dan antarmuka yang mudah untuk dipahami sehingga tidak membingungkan Anda atau pengguna lainnya. Pada akhirnya, seluruh manfaat dapat dinikmati oleh Anda dan tidak terjadi kesalahan dalam mengoperasikan storage.

4. Evaluasi Tingkat Keamanannya

Tingkat keamanan adalah aspek penting karena semua data yang dikelola merupakan aset berharga. Kehilangan dan kerusakan data dapat memengaruhi aktivitas bisnis secara signifikan. Oleh karena itu, tingkat keamanan menjadi hal krusial sehingga Anda harus memperhatikan apakah penyedia layanan menerapkan tingkat keamanan maksimal terhadap seluruh data yang tersimpan di storage.

Pastikan mereka menerapkan sistem keamanan, seperti autentikasi dua langkah, penerapan hak akses, dan enkripsi data agar memastikan perlindungan sepenuhnya terhadap data. Selain itu, mencegah kejahatan siber dan kehilangan atau kerusakan data akibat dari kelalaian pengguna.

Baca juga: Keamanan Cloud Computing: 11 Contoh Ancamannya

5. Pertimbangkan Fitur Storagenya

Langkah terakhir adalah perhatikan terkait fitur-fitur apa saja yang disediakan oleh penyedia layanan. Agar tepat dalam menentukan, maka sebaiknya mencari tahu lebih dahulu terkait fitur dari storage yang ingin digunakan. Anda juga dapat meminta demo secara khusus ke penyedia layanan agar lebih memahami secara mendalam.

Lakukan sesi tanya jawab dengan penyedia layanan terkait fitur yang mereka sediakan agar lebih jauh untuk mengeksplorasinya. Pastikan juga Anda telah memahami semua secara benar agar maksimal dalam menggunakan storage.

Sekian pembahasan mengenai kelebihan dalam Cloud Storage yang dapat Anda manfaatkan untuk kebutuhan bisnis. Teknologi storage dapat membantu Anda dalam menyelenggarakan bisnis yang dinamis serta terus bertumbuh sesuai dengan zaman.

Secara keseluruhan kelebihan Cloud Storage dapat menjadi referensi Anda untuk memilih penyedia layanan yang tepat serta sesuai dengan kapasitas bisnis Anda. Melihat perkembangan zaman saat ini, tentunya Cloud Storage service providers yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda adalah Cloudeka. Layanan storage Deka Box merupakan salah satu layanan terbaik yang disediakan oleh Cloudeka dan dapat menjadi pilihan tepat untuk mengelola data-data penting Anda.

Deka Box menjadi pilihan ideal dan dapat diandalkan untuk pengelolaan data serta memberikan perlindungan yang maksimal. Anda dapat memproses data secara real-time dan dengan lancar sehingga produktivitas dapat meningkat. Hubungi kami sekarang untuk mendapatkan wawasan mengenai Deka Box dan raih kesuksesan bisnis dengan Cloud Storage service providers yang tepat hanya bersama Cloudeka.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.