Menu Close

Berita & Acara

5 Kelebihan Menggunakan VMware Workstation

Kelebihan VMware yang dapat berjalan di sistem operasi window
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang teknologi informasi dewasa ini memiliki kebutuhan untuk menjalankan beragam sistem operasi yang berbeda hanya dengan menggunakan satu perangkat dan VMware dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Mengenal WMware

VMware Pengertian VMware

Secara umum, VMware adalah penyedia layanan Cloud Computing dan virtualisasi. VMware memvirtualisasikan hardware (perangkat keras) berupa server fisik, storage, dan network. Tidak hanya sekadar menghemat anggaran dan kebutuhan sumber daya komputer fisik, virtualiasi juga dapat membuat perusahaan lebih responsif terhadap perubahan dan memaksimalkan peluang bisnis.

Dalam proses virtualisasinya, lapisan-lapisan abstrak dibuat sehingga hardware seperti memori, prosesor, storage dan sebagainya dibagi ke dalam beberapa virtual computer. Hal inilah yang kemudian disebut dengan istilah Virtual Machine (VM).

Adapun Virtual Machine tersebut akan menjalankan sistem operasinya masing-masing dan beroperasi seperti satu perangkat komputer, meskipun hardware-nya masih merupakan bagian komputer yang asli.

Jadi, dengan VMware Anda bisa mengoperasikan lebih dari 1 sistem operasi (Windows dan Linux) di dalam satu komputer, seakan Anda memiliki dua unit perangkat komputer.

Baca juga: Pentingnya Transformasi Digital Bagi Perusahaan

Apa Itu VMware Workstation?

Pada dasarnya ada tiga jenis VMware yang digunakan perusahaan untuk menjalankan bisnisnya, yaitu VMware Server, VMware Player, VMware Workstation. Di artikel kali ini, Cloudeka akan lebih banyak membahas VMware Workstation.

VMware Workstation sendiri adalah bagian dari VMware, yaitu sebuah software yang digunakan untuk membuat beberapa VM atau Virtual Machine dan menjalankannya bersamaan pada sistem operasi. Software ini akan juga akan membantu menyebarkan banyak aplikasi dan beban kerja pada sistem operasi dalam satu server. Sehingga, ini akan menjadi solusi yang cukup disarankan untuk melakukan virtualisasi desktop dan memungkinkan Anda dapat menjalankan sistem operasi yang aman dalam satu komputer.

Baca juga: Mengenal Apa Saja Tipe Layanan Cloud Computing untuk Bisnis

Kelebihan VMware Workstation

Kelebihan VMware Workstation

Untuk lebih jelasnya mengenai software ini, berikut kelebihan menggunakan VMware Workstation.

1. Kemudahan dalam Mengakses

Workstation dapat memberikan kemudahan untuk Anda mengakses Virtual Machine atau Mesin Virtual (VM) dengan lancar dan mulus tanpa gangguan. Anda dapat langsung memindahkan Virtual Machine dari PC ke Private Cloud atau Public Cloud. Karena memanfaatkan Cloud Hybrid, maka Anda dapat melakukan migrasi dan menskalakan beban kerja Anda langsung ke Cloud tanpa dibatasi oleh apapun.

2. Memiliki Keamanan yang Tinggi

Apabila memilih untuk menggunakan Workstation, Anda tidak perlu khawatir apabila sistem operasi komputer tidak stabil dan merusak aplikasi atau data-data Anda yang telah tersimpan. Karena pada dasarnya Workstation ini digunakan untuk menguji sebuah sistem operasi yang baru dan bukan tidak mungkin Anda tetap dapat membuka situs yang tidak aman.

Baca juga: Pentingnya Keamanan Data di Era Digital dan Cara Menjaganya!

3. Mendukug Pengujian Virus

Selain untuk menguji sistem operasi dan membuat lingkungan berkomputer yang aman khusus untuk anak, VMware Workstation juga memiliki keunggulan untuk menguji efek virus, malware, dan ransomeware pada sebuah komputer.

4. Virtualisasi Desktop yang Canggih

Workstation dapat menjalankan aplikasi di berbagai sistem operasi secara bersamaan di PC yang sama tanpa harus me-reboot-nya terlebih dahulu. Hal ini karena Workstation memanfaatkan perangkat keras untuk mereplikasi lingkungan desktoptablet serta server pada Virtual Machine.

Perangkat lunak yang satu ini cukup canggih karena adanya fitur-fitur terdepan sehingga dapat memudahkan Anda untuk mengevaluasi sistem operasi baru sampai menguji aplikasi dengan aman dan lancar. 

5. Mudahnya Mengendalikan Virtual Machine 

Anda dapat mengendalikan Virtual Machine, bahkan dapat dengan mudah berbagi mesin virtual dengan para tim untuk melakukan pengujian aplikasi. Menjalankan VMware Workstation sebagai sebuah server untuk berbagi Repository Virtual Machine yang sebelumnya telah dimuat. Workstation juga menyediakan kontrol atas akses pengguna pada saat Anda berbagi Virtual Machine dengan para anggota tim lainnya. 

Tidak berhenti disitu saja, VMware Workstation ini dapat memberikan teknis kontrol yang kuat untuk berinteraksi dengan Virtual Machine. Anda dapat membuat Virtual Machine yang dienkripsi sampai melakukan perubahan kata sandi pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca juga: 4 Tips Memilih Layanan Cloud Computing

Siapa yang Perlu Menggunakan VMware?

VMware dapat digunakan oleh berbagai jenis perusahaan maupun individu yang memiliki kebutuhan untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya komputer, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi infrastruktur IT mereka.

Berikut adalah beberapa pihak yang dapat mempertimbangkan penggunaan VMware:

1. Perusahaan Besar

Perusahaan besar dengan pusat data yang kompleks dan infrastruktur IT yang besar dapat mendapatkan manfaat besar dari VMware. Dengan menggunakan virtualisasi, mereka dapat mengonsolidasikan server fisik mereka, mengurangi jumlah perangkat keras yang dibutuhkan, dan meningkatkan penggunaan sumber daya komputer.

2. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

UMKM juga dapat memanfaatkan VMware untuk mengoptimalkan penggunaan server fisik mereka, mengurangi biaya perangkat keras, dan mengurangi konsumsi energi.

Dengan menggunakan solusi VMware yang tepat, usaha mikro kecil dan menengah dapat mengonsolidasikan mesin virtual pada beberapa server fisik dan meningkatkan efisiensi operasional mereka.

3. Penyedia Layanan Cloud

Penyedia layanan cloud juga dapat menggunakan VMware untuk menyediakan lingkungan virtualisasi yang aman dan andal kepada pelanggan mereka.

Dengan menggunakan solusi VMware, penyedia layanan cloud dapat mengelola dan mengalokasikan sumber daya secara efisien di seluruh infrastruktur mereka, memberikan layanan yang skalabel, dan memberikan isolasi yang kuat antara mesin virtual yang berbeda.

Baca juga: Tipe-Tipe Cloud Computing: IaaS, Paas hingga Multi Cloud

4. Profesional di Bidang IT

Profesional IT yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengoptimalkan infrastruktur IT organisasi mereka juga dapat menggunakan VMware. Seorang profesional IT yang memiliki pemahaman mumpuni tentang teknologi virtualisasi, dapat merancang dan mengelola lingkungan virtualisasi yang efisien, mengimplementasikan strategi pengonsolidasian, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya.

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh saat menggunakan VMware Workstation, seperti kemudahan dalam mengakses Vitual Machine dan keamanan yang tinggi.

Sekarang Anda telah mengetahui keunggulan VMware Workstation dan untuk mengembangkan bisnis, Anda dapat menggunakan layanan Cloud Computing dari Lintasarta Cloudeka. Ingin tahu lebih lanjut seputar layanan tersebut? Hubungi Lintasarta Cloudeka sekarang juga dan tim kami siap membantu untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda di era teknologi yang terus berkembang.

Simak artikel lengkap lainnya di sini.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.