Menu Close

Berita & Acara

4 Ide Startup Pada Tahun 2022 yang Dapat Anda Coba

Ide Startup Terbaru
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Perusahaan startup atau rintisan terus berkembang di Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini. Apabila sudah mulai lelah dengan posisi pekerjaan sebagai karyawan dan memiliki banyak keahlian serta pengalaman yang mendukung, ada berbagai ide startup yang dapat menjadi pilihan bisnis bagi Anda.

Pada pembahasan kali ini, Anda akan mendapatkan informasi lengkap seputar 4 ide startup yang sedang populer pada tahun 2022. Namun sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama, apakah Anda sudah mengetahui apa itu startup? Jika belum, mari simak pembahasan singkat mengenai startup di bawah ini.

Pengertian Startup

Banyak orang yang beranggapan bahwa setiap bisnis yang baru berjalan dikategorikan sebagai startup. Padahal, istilah startup mengacu pada setiap bisnis yang baru berjalan di bawah 5 tahun dan memiliki inovasi teknologi dalam menjalankan bisnisnya.

Apa maksud dari inovasi teknologi? Sebagai bagian dari masyarakat, Anda pasti dihadapkan dengan berbagai masalah. Masalah tersebut bisa saja menyulitkan kehidupan sehari-hari sehingga dibutuhkan sebuah inovasi teknologi yang mampu dijadikan sebagai pemecahan masalah.

Hadirnya perusahaan startup memiliki tujuan untuk memecahkan masalah yang sedang terjadi di masyarakat saat ini. Seperti apa contoh dari perusahaan startup?

Anda tentu sudah mengetahui berbagai perusahaan startup yang bahkan sudah menyabet gelar decacorn dan unicorn. Contoh perusahaan-perusahaan startup tersebut seperti Tokopedia, OVO, GoJek, Bukalapak, Shopee, dan juga Traveloka.

Apa yang dapat kita ambil dari berbagai perusahaan di atas? Kami akan mengambil satu contoh dari OVO yang menerapkan teknologi dompet digital atau e-wallet. Anda sendiri mungkin menggunakan OVO untuk melakukan pembayaran, bukan?

OVO menerapkan inovasi teknologi yang membantu memecahkan permasalahan di masyarakat yaitu dengan mengubah dompet dalam bentuk fisik menjadi bentuk digital dengan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Selain itu, kehadiran OVO ini terlihat jelas ketika kita memasuki masa pandemi COVID-19 di mana masyarakat Indonesia diimbau untuk beralih ke cashless atau pembayaran nontunai.

Penggunaan uang tunai pada masa PSBB memiliki peluang untuk meningkatkan penyebaran virus ketika uang tersebut berpindah-pindah tangan. Dari permasalahan ini, sebagian masyarakat yang sebelumnya belum menggunakan e-wallet pada akhirnya beralih ke cashless.

4 Ide Startup Pada Tahun 2022

Berikut ini, ada 4 ide bisnis startup yang sangat populer pada tahun 2022 dan mungkin dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk menjalankan bisnis sendiri, yaitu:

1. Application Developer

Apakah Anda memiliki pengalaman dan keahlian di bidang application development? Anda dapat mengembangkan bisnis sebagai application developer yang sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini.

Penggunaan aplikasi di dalam bisnis dapat memudahkan perusahaan dalam menarik perhatian masyarakat luas. Apalagi jika perusahaan tersebut bergerak di bidang penjualan produk atau bahkan pemberian jasa.

2. SaaS

Pernahkah Anda mendengar perusahaan startup yang bergerak di bidang SAAS? Istilah ini memang jarang diketahui orang, namun sebenarnya Anda sering menggunakan layanannya dalam kehidupan sehari-hari.

SaaS merupakan singkatan dari Software as a Service yang berarti perangkat lunak yang dapat digunakan oleh siapa pun secara gratis dan tidak memerlukan tambahan perangkat luas. Seluruh data yang masuk ke dalam sistem akan disimpan di dalam Cloud sehingga Anda tidak memerlukan database dalam bentuk fisik yang memerlukan ruang tambahan untuk menyimpannya.

Contoh dari SaaS yang sudah sangat familiar bagi Anda seperti produk-produk keluaran Microsoft yaitu Word, Excel, PowerPoint, dan lainnya. Selain itu penggunaan browser seperti Google Chrome, Microsoft Edge, dan Safari juga termasuk ke dalam SaaS.

Baca juga: Tipe-Tipe Cloud Computing untuk Bisnis Anda

3. Jasa Pengantaran Makanan

Seberapa sering Anda menggunakan jasa pengantaran makanan dalam seminggu? Rasanya hampir sebagian besar masyarakat Indonesia saat ini mungkin termasuk Anda sudah sering menggunakan layanan pengantaran makanan untuk membeli makanan dari resto tertentu.

Kadang kala, Anda pasti merasa malas jika harus pergi keluar untuk sekadar membeli makanan, bukan? Oleh karena itu, hadirnya jasa pengantaran makanan merupakan sebuah inovasi teknologi yang dapat menjadi ide bisnis startup untuk Anda pada tahun 2022 ini.

4. Virtual Event Organizer

Sejak memasuki masa PSBB pada tahun 2020 yang lalu, Anda sudah merasakan bagaimana seluruh event harus berjalan secara online. Meskipun saat ini kita sudah berada di PSBB level terendah, nyatanya antusiasme masyarakat terhadap virtual event masih terus berlangsung.

Melihat adanya peluang seperti ini, Anda dapat menjalankan bisnis startup di bidang virtual event organizer. Bisnis ini dapat membantu para pebisnis yang ingin menjalankan event secara online dengan sukses dan tanpa adanya gangguan.

Dari keempat ide startup di atas, mana yang menarik perhatian Anda? Apakah Anda sudah siap untuk menjalankan bisnis startup sendiri?

Anda juga perlu memahami hal penting dalam menjalankan bisnis startup di mana bisnis ini berkaitan erat dengan perkembangan teknologi yang berhubungan dengan data. Seluruh data yang Anda miliki harus tersimpan di dalam sistem keamanan yang tinggi untuk mencegah terjadinya pencurian data penting yang dapat disalahgunakan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, Anda dapat langsung menyewa layanan Private Cloud dari Cloudeka atau juga disebut Deka Premium. Seluruh data perusahaan startup Anda dapat disimpan langsung di dalam Cloud. Anda dapat menggunakan satu Cloud penuh untuk menyimpan data perusahaan dan tidak ada satu orang pun yang dapat mengaksesnya kecuali Anda sendiri dan orang yang diberikan wewenang.

Jadi, siapkan segala hal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis startup Anda dengan menggunakan layanan Private Cloud dari Cloudeka. Hubungi Cloudeka sekarang juga untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Deka Premium.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.