Menu Close

Berita & Acara

10 Contoh Artificial Intelligence yang Bisa Anda Temui Sehari-Hari

Contoh Artificial Intelligence
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Pernahkah Anda melakukan pemesanan dan pembayaran barang atau jasa pada sebuah mesin? Teknologi tersebut merupakan salah satu contoh Artificial Intelligence. Artificial Intelligence adalah salah satu produk dari berkembangnya teknologi saat ini. 

Kehadirannya memudahkan penyelesaian banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat. Untuk lebih memahami apa itu Artificial Intelligence beserta contohnya, simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Artificial Intelligence?

Artificial Intelligence atau dapat disingkat dengan AI adalah sistem komputer yang dirancang dengan kecerdasan hampir menyerupai manusia. Artificial Intelligence merupakan proses simulasi kecerdasan yang kemudian diaplikasikan pada teknologi tertentu, untuk berpikir dan bertindak sama seperti manusia pada umumnya. 

Sehingga kehadiran Artificial Intelligence menguntungkan bagi sebagian besar orang, sebab beberapa hal yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama apabila dikerjakan oleh manusia menjadi selesai dalam waktu yang relatif lebih cepat dengan mudah. 

Tidak hanya itu, Artificial Intelligence juga mampu mengambil keputusan dengan rasional ketika dibutuhkan saat muncul peluang terbaik dalam mencapai tujuan tertentu.

Cara Kerja Artificial Intelligence

Dalam melakukan perintah dan pekerjaan, Artificial Intelligence membutuhkan data dan pengalaman sebagai dasar pengetahuan. Sehingga, Artificial Intelligence dapat melakukan evaluasi secara mandiri dan beradaptasi secara langsung tanpa membutuhkan bantuan dari manusia. 

Sistem Artificial Intelligence bekerja dengan mengumpulkan data yang cukup besar untuk dianalisis. Selama melakukan pemrosesan data, AI akan melakukan uji kinerja terhadap dirinya sendiri serta melakukan pengembangan keahlian baru. Teknologi ini juga dapat memproses jutaan perintah atau data dalam waktu singkat tanpa berhenti sekalipun.

Baca juga: Dapatkah Artificial Intelligence Menggantikan Peran Manusia?

Manfaat Artificial Intelligence

Setelah memahami pengertian beserta cara kerjanya, Anda juga harus mengetahui manfaat dari penggunaan Artificial Intelligence. Adapun beberapa manfaat yang diberikan oleh Artificial Intelligence adalah:

1. Mengurangi Potensi Kesalahan

Artificial Intelligence adalah sebuah teknologi komputer yang tentu saja tidak akan merasakan lelah meskipun digunakan terus-menerus. Hal ini menjadikan penggunaan Artificial Intelligence efektif untuk mengurangi potensi terjadinya kesalahan terutama akibat kelalaian manusia. 

Sebab, Artificial Intelligence dapat secara otomatis mengerjakan sesuatu sesuai dengan perintah baik dalam jumlah kecil maupun besar dan tidak membutuhkan titik fokus dalam melakukan tugasnya. Sehingga, persentase kesalahan yang disebabkan oleh tidak fokusnya seseorang akan hilang dan seluruh perintah diselesaikan secara lebih akurat. 

2. Analisis Data yang Lebih Dalam

Artificial Intelligence dapat membantu Anda dalam menganalisis data secara lebih dalam dan terperinci. Analisis data secara manual membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dengan kemampuan yang terbatas. 

Penggunaan Artificial Intelligence mampu menganalisis data yang berjumlah besar dalam jangka waktu singkat. Selain itu, Artificial Intelligence dapat mencari dan menemukan informasi yang relevan secara cepat saat dibutuhkan

3. Lebih Efisien

Berbicara mengenai penggunaan teknologi Artificial Intelligence tidak dapat terlepas dari efisiensi yang dimilikinya. Artificial Intelligence bermanfaat untuk melakukan pekerjaan baik skala kecil hingga tugas yang lebih kompleks berulang kali dengan cepat dan hasil yang baik. Hal ini tentu membantu manusia untuk dapat fokus menyelesaikan tugas lainnya. 

Artificial Intelligence juga tersedia sepanjang waktu untuk melakukan perintah dan menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Sehingga banyak layanan yang tetap dapat dilakukan kapan pun tanpa mengenal waktu.

Baca juga: Contoh Artificial Intelligence dalam Dunia Bisnis

Contoh Artificial Intelligence di Kehidupan Sehari-hari

Berdasarkan penjelasan dan manfaat Artificial Intelligence, Anda mungkin mulai bertanya-tanya  mengenai contoh penerapan Artificial Intelligence yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan contoh Artificial Intelligence yang ada di sekitar:

1. Asisten Virtual

Asisten virtual seperti Google Assistant dan siri merupakan salah satu contoh Artificial Intelligence yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Asisten virtual dapat membantu memudahkan Anda membuka berbagai aplikasi dalam ponsel hingga mencari informasi pada mesin pencarian. 

Dengan dukungan teknologi AI buatan memungkinkan kemampuan tersebut terjadi. Teknologi ini dapat mendeteksi suara pengguna dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memberikan jawaban dalam bentuk pesan suara, mirip dengan asisten pribadi.

2. Kamera Ponsel

Saat ini, kamera pada ponsel menjadi salah satu fitur utama yang banyak digunakan. Kamera pada ponsel ini juga merupakan contoh Artificial Intelligence yang dimanfaatkan pada deteksi wajah, kualitas foto atau video, dan berbagai fitur lain di dalamnya. 

3. Media Sosial

Terciptanya media sosial adalah contoh Artificial Intelligence. Media sosial membolehkan setiap penggunanya untuk mengunggah foto maupun video, bertukar pesan, memproduksi konten, berteman dengan semua orang dan masih banyak lagi. 

4. E-Commerce 

Kemudahan teknologi Artificial Intelligence juga ditemukan pada inovasi tempat belanja online yaitu e-commerce. E-commerce merupakan aplikasi belanja online yang menyediakan berbagai kebutuhan serta memudahkan dan mengamankan transaksi. Artificial Intelligence juga akan membantu merekomendasikan barang yang dibutuhkan berdasarkan pencarian terakhir Anda.

Baca juga: 5 Perbedaan E-Commerce dan Marketplace, Apa Saja?

5. Aplikasi Streaming

Mungkin bagi sebagian orang, musik dan film adalah kebutuhan hiburan utama dalam kehidupan. Maka dari itu kemunculan aplikasi streaming sebagai salah satu contoh Artificial Intelligence sangat memudahkan orang untuk menonton video dan mendengarkan lagu tanpa perlu mendownload terlebih dahulu. 

6. Chatbot

Chatbot adalah kecerdasan buatan yang dapat memberikan jawaban sesuai dengan kata atau frasa yang dikenali. Chatbot sangat berguna untuk bisnis karena dapat memberikan solusi cepat untuk pelanggan, menerima pemesanan, membagikan katalog, dan melakukan pemasaran. Selain itu, chatbot dapat memberikan pelayanan selama 24 jam non-stop.

7. Online Games

Penerapan kecerdasan buatan (AI) pada video game sudah lama dilakukan. Teknologi ini dapat memberikan pengalaman bermain yang menantang bagi para gamer, seperti:

  • Non-Playable Characters (NPC) yang dikontrol oleh AI dapat bereaksi secara dinamis terhadap tindakan yang dilakukan oleh pemain.
  • Procedural Content Generation yang menggunakan machine learning dapat secara otomatis membuat lingkungan game baru.
  • Player-experience modeling digunakan untuk menyeimbangkan tingkat kesulitan permainan secara dinamis berdasarkan kemampuan pemain.

8. Aplikasi Transportasi Online

Aplikasi transportasi online seperti Gojek, Grab, dan Maxim sudah umum digunakan dan ternyata teknologi AI digunakan untuk mempermudah penggunaannya. Teknologi AI digunakan untuk mengatur interaksi pengguna dengan aplikasi tersebut, seperti memberikan notifikasi tentang posisi pengemudi dan perkiraan waktu tunggu ketika memesan layanan ojek online.

9. Autocorrect

Teknologi AI dalam kehidupan sehari-hari banyak digunakan dalam fitur autocorrect, yang membantu memperbaiki kesalahan penulisan atau ejaan saat pengguna mengetik.

Sistem autocorrect menggunakan model bahasa untuk memahami konteks kalimat. Model bahasa ini melibatkan penggunaan algoritma pembelajaran mesin untuk mengenali pola-pola bahasa, frasa umum, dan struktur kalimat yang benar.

10. Iklan Online

Teknologi kecerdasan buatan memainkan peran krusial dalam evolusi industri iklan online. Contoh penerapan AI ini dapat menjadikan iklan lebih personal dan relevan bagi pengguna.

Algoritma kecerdasan buatan digunakan untuk menganalisis data pengguna, seperti riwayat penelusuran dan perilaku online, memungkinkan platform iklan untuk menargetkan iklan dengan lebih spesifik.

Jadi itulah informasi dan penjelasan mengenai pengertian, manfaat, dan berbagai contoh Artificial Intelligence. Contoh Artificial Intelligence sebenarnya banyak ditemukan pada kehidupan sehari-hari, bahkan dalam aktivitas ringan seperti membuka ponsel dengan teknologi face ID atau kata sandi. Selain itu, Artificial Intelligence juga dapat Anda temukan pada teknologi penyimpanan digital seperti layanan Cloud dari Cloudeka. 

Cloudeka menyediakan berbagai produk penyimpanan Cloud yang dapat membantu Anda menyimpan data secara aman, mudah dan dengan harga yang terjangkau. Cloudeka juga menawarkan uji coba gratis yang dapat Anda dapatkan dengan menghubungi kami sekarang juga.

Frequently Asked Question (FAQ)

Apa.kah Search Engine Menggunakan AI?

Ya, sebagian besar mesin pencari (search engine) memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) untuk meningkatkan pengalaman pencarian dan memberikan hasil yang lebih relevan kepada pengguna.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.