Menu Close

Berita & Acara

Artificial Intelligence: Dapatkah Menggantikan Peran Manusia?

Artificial Intelligence Adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Artificial Intelligence adalah salah satu bentuk perkembangan teknologi masa kini. Sebagian orang mungkin telah menyaksikan sebuah mesin atau robot yang menggantikan tugas manusia. Hal ini disebut dengan Artificial Intelligence yang memiliki tujuan memudahkan manusia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. 

Bentuk Artificial Intelligence dapat Anda temukan pada teknologi mesin pemesanan otomatis hingga asisten virtual seperti Google Assistant dan siri. Lalu apa sebenarnya Artificial Intelligence? Berikut merupakan informasi selengkapnya.

Baca juga: Pengertian Data Analytics Beserta dengan Contohnya

Apa Itu Artificial Intelligence?

AI atau Artificial Intelligence adalah ilmu atau rekayasa membuat mesin dengan kecerdasan buatan yang menyerupai manusia. Artificial Intelligence dapat mengambil keputusan dan melakukan berbagai pekerjaan yang umumnya dilakukan oleh manusia. Mesin ini menggunakan sistem komputer dan software agar dapat bekerja dan berfungsi secara optimal seperti manusia.

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence membutuhkan data sebagai dasar pengetahuan serta pengalaman untuk memperbaiki dirinya sendiri. Dengan kata lain, AI adalah sistem komputer yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan tenaga atau kecerdasan manusia untuk melakukannya.

Baca juga: Apa Itu Firmware dan Bedanya dengan Software?

Cara Kerja Artificial Intelligence

Sistem pada Artificial Intelligence bekerja dengan sekumpulan data besar dengan algoritma dan pemrosesan yang cerdas serta berulang-ulang. Hal ini dilakukan agar Artificial Intelligence dapat belajar melalui pola dan fitur dari data yang dianalisis. 

Dalam melakukan tugasnya, AI mengukur dan menilai kinerja yang dilakukan, dengan demikian Artificial Intelligence dapat memperbaiki kesalahan dan mengembangkan keahlian baru. Teknologi Artificial Intelligence tidak membutuhkan waktu berhenti atau istirahat, sehingga banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dengan cepat.

Seperti yang telah diketahui, tujuan hadirnya Artificial Intelligence adalah membuat sistem komputer yang memiliki kecerdasan setara dengan manusia. Untuk mencapai tujuan tersebut, sistem Artificial Intelligence memiliki berbagai rangkaian teknologi dalam pembuatannya.

Baca juga: Apa Itu FTP dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Contoh Pemanfaatan Artificial Intelligence Saat Ini

Artificial Intelligence merupakan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh segala sektor dan industri. Kemudahan dan cara kerja yang cepat menjadi salah satu alasan mengapa Artificial Intelligence banyak digunakan pada berbagai bidang. Adapun contoh pemanfaatan Artificial Intelligence adalah:

1. Deteksi Aktivitas Keuangan

Pada industri perbankan, Artificial Intelligence digunakan untuk mendeteksi dan menandai seluruh aktivitas keuangan dan perbankan. Pemanfaatan Artificial Intelligence dapat digunakan untuk mencegah adanya penipuan transaksi dan sistem yang memasukkan data nasabah secara akurat.

2. Virtual Assistant 

Penyediaan asisten virtual atau umum disebut dengan virtual assistant pada perangkat elektronik merupakan salah satu bentuk pemanfaatan Artificial Intelligence. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kehadiran google assistant atau siri, bahkan Anda mungkin pernah memanfaatkan teknologi tersebut untuk membantu Anda membuka kunci ponsel, membuka aplikasi, hingga mengirimkan pesan.

3. Kemunculan Produk Rekomendasi

Sebagian besar platform belanja kini memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence untuk memunculkan iklan berupa produk yang direkomendasikan. Artificial Intelligence dalam merekomendasikan produk bekerja dengan cara memperhatikan data pencarian barang yang paling terakhir dan informasi riwayat pembelian barang.

4. Aplikasi Streaming

Kemajuan teknologi Artificial Intelligence saat ini mendorong kemunculan aplikasi streaming baik musik maupun video. Musik dan video sendiri merupakan salah satu media hiburan, dengan adanya aplikasi streaming kebutuhan hiburan sebagian besar orang dapat diakses dengan mudah dan cepat.

5. Mesin Pencarian

Mesin pencarian muncul sebagai penyedia segala informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Artificial Intelligence digunakan sebagai teknologi pintar yang membuat mesin pencarian menjadi media yang mudah digunakan bagi penyedia informasi untuk membagikan pengetahuan dan pengunjung yang membutuhkan pengetahuan tersebut.

6. Kiosk

Dalam beberapa restoran terutama cepat saji, teknologi AI telah diterapkan melalui penggunaan kiosk atau mesin pemesanan otomatis. Sebelumnya, mungkin Anda membutuhkan pegawai restoran untuk mencatat pesanan. Namun dengan Artificial Intelligence, Anda dapat melakukan pemesanan secara langsung pada mesin.

Baca juga: Internet Service Provider (ISP): Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

Akankah Artificial Intelligence Menggantikan Peran Manusia di Masa Depan?

Sejak awal kemunculannya, Artificial Intelligence mendapatkan perhatian lebih dari seluruh masyarakat. Dahulu, Artificial Intelligence adalah hal baru yang cukup mengejutkan karena kemampuan bekerja dan penyelesaian pekerjaan dengan cepat dan mudah. Artificial Intelligence dipercaya dapat terus berkembang dengan berbagai kelebihan dan inovasi baru bahkan hingga manusia sulit mengimbangi kemampuan robot tersebut. 

Tetapi, sebanyak apa pun perkembangan dari teknologinya, Artificial Intelligence tetap tidak dapat memiliki tingkat kecerdasan yang sama atau bahkan melebihi manusia dan tidak juga dapat menggantikan peran manusia. Beberapa hal dalam diri manusia tidak dapat dimiliki oleh sistem komputer seperti kemampuan merasakan empati, membuat keputusan dengan berdasarkan naluri, dan lain sebagainya.

Kesimpulannya, Artificial Intelligence adalah teknologi yang diciptakan untuk melakukan berbagai pekerjaan melalui sistem komputer dan software dengan tingkat kecerdasan yang hampir setara dengan manusia. Keberadaan Artificial Intelligence dapat menguntungkan sebab banyak aktivitas dan pekerjaan yang menjadi lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan.

Jika Anda berencana menerapkan AI pada salah satu aplikasi yang ingin dikembangkan oleh perusahaan Anda, maka menggabungkannya dengan layanan Cloud merupakan solusi tepat. Lintasarta Cloudeka menyajikan beragam layanan Cloud dalam bentuk Private Cloud maupun Public Cloud.

JIka Anda tertarik untuk menggunakan layanan ini, segera hubungi Cloudeka sekarang untuk mengetahui berbagai layanan Cloud dengan lebih detail.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.