Menu Close

Berita & Acara

IP Public: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengetahuinya

ip public adalah
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Website yang Anda miliki tentunya memiliki identitas berupa alamat domain. Namun, ada pula alamat Internet Protocol (IP) yang disematkan khusus pada website Anda. Ada dua jenis alamat IP yang digunakan dalam dunia Internet, yaitu IP public dan IP private. IP public adalah tipe alamat IP yang sering dijadikan patokan untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan Internet.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal lebih dalam tentang IP public serta perbedaannya dengan IP private. Anda pun bisa mengetahui alamat IP yang digunakan dalam perangkat smartphone maupun desktop. Mari simak artikel ini sampai selesai!

Pengertian IP Public

IP public adalah jenis alamat IP yang digunakan untuk mengidentifikasi perangkat seperti komputer atau smartphone dalam jaringan Internet. Alamat IP public dapat diakses oleh setiap perangkat yang terhubung ke Internet tanpa batasan apa pun.

IP public digunakan oleh perusahaan atau organisasi untuk memublikasikan layanan Internet seperti website, aplikasi web, dan layanan email. Fungsi utama IP public adalah untuk memastikan bahwa layanan Internet perusahaan dapat diakses oleh pengguna yang terhubung ke Internet. Di balik manfaatnya, IP public juga mempunyai risiko keamanan, yaitu serangan dari peretas (hacker) dan malware karena alamat ini bisa diakses oleh siapa pun.

Hampir semua perangkat memerlukan IP public agar bisa mengakses Internet. Alamat IP public ini berasal dari Internet Service Provider (ISP) yang Anda gunakan untuk berlangganan. Setiap perangkat memiliki alamat IP yang unik atau berbeda sebagai bentuk identitas perangkat yang tersambung ke jaringan Internet.

Baca juga: 8 Fungsi IP Address yang Perlu Diketahui

Perbedaan IP Public dengan IP Private

IP public dan IP private merupakan dua jenis alamat IP yang berbeda. Namun, lebih baik Anda mengetahui dahulu alasan munculnya kedua tipe alamat IP ini. Ketika alamat IP mulai dikembangkan pada tahun 1970-an, tidak ada istilah IP public dan IP private. Alasannya, jumlah komputer pada saat itu masih sedikit.

Istilah IP private mulai muncul ketika jumlah komputer sudah menjamur seiring berkembangnya teknologi, tepatnya pada tahun 1990-an. Jaringan komputer mengalami perkembangan pesat, sedangkan alamat IP public yang tersedia terbatas. Oleh karena itu, dibuatlah IP private untuk mengalokasikan alamat IP yang menggunakan Local Access Network (LAN).

Perbedaan utama antara IP public dan IP private terletak pada aksesibilitas dan tujuannya. IP public adalah alamat IP yang dapat diakses oleh pengguna Internet mana pun. Website atau aplikasi web Anda akan lebih mudah ditemukan oleh banyak orang apabila menggunakan IP public. Tentunya hal ini berguna apabila Anda menggunakan website untuk kebutuhan pemasaran atau branding.

Sebaliknya, IP private merupakan alamat IP yang hanya bisa diakses melalui jaringan internal, seperti jaringan rumah atau jaringan komputer perusahaan. Perangkat yang berada di luar jaringan tidak bisa mengakses IP private agar keamanan dan privasi datanya tetap terjaga. Singkatnya, IP public bertujuan untuk memastikan aksesibilitas layanan Internet, sementara IP private bertujuan untuk menjaga keamanan dan privasi jaringan internal.

IP public dan IP private juga memiliki format alamat yang berbeda karena dikelola oleh sumber yang berbeda pula. Contoh IP public yakni 36.153.137.60 dan diperoleh dari ISP yang Anda gunakan. Sementara itu, contoh IP private adalah 192.168.1.23 dan berasal dari jaringan lokal komputer Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Cek IP Address Perangkat?

Cara Mengetahui IP Public

Perlu diketahui bahwa perangkat Anda harus terhubung ke Internet agar bisa mengetahui alamat IP yang sedang digunakan. Setelah perangkat berhasil terkoneksi, lakukan cara mengetahui IP public di bawah ini sesuai jenis perangkat yang sedang Anda gunakan.

1. Cek IP Public via Laptop atau Desktop

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui alamat IP, yaitu melalui Command Prompt atau mengakses website pencari alamat IP. Berikut langkah-langkahnya.

a. Menggunakan Command Prompt

Buka Command Prompt melalui menu Windows, kemudian ketik “ipconfig” tanpa tanda kutip. Apabila tulisannya sudah muncul, carilah bagian yang bertuliskan “IPv4 Address”. Deretan angka pada bagian tersebut merupakan alamat IP public Anda.

b. Mengakses Website

Ada banyak website yang bisa digunakan untuk mengetahui alamat IP. Namun, website yang paling populer yaitu whatismyip.com, ipchicken.com, atau ipsaya.com. Cukup buka salah satu website tersebut dan dan Anda akan menemukan alamat IP pada layar.

2. Cek IP Public via HP Android atau iPhone

Anda pun bisa mengetahui alamat IP public dari perangkat smartphone yang digunakan. Caranya pun sederhana, Anda cukup mengakses website penyedia informasi IP seperti whatsmyip.com atau ipsaya.com dari browser. Alamat IP Anda akan langsung tampil di layar setelah browser berhasil memuat website-nya.

Kesimpulannya, IP public adalah identitas perangkat Anda ketika tersambung ke jaringan Internet. Website atau aplikasi web Anda lebih mudah ditemukan oleh pengguna Internet apabila menggunakan IP public. Namun, penggunaan alamat IP public tentu memiliki risikonya sendiri. Keamanan website atau aplikasi mudah dibobol karena alamat IP public Anda bisa diketahui oleh banyak orang, termasuk peretas.

Solusi terbaik untuk pengguna IP public adalah menggunakan Deka Web Application Firewall. Aplikasi ini bisa mencegah serangan malware yang dilancarkan oleh peretas dengan perlindungan bot proaktif. Semua data yang tersimpan dalam Cloud akan dienkripsi dengan DataSafe sehingga tidak bisa dibaca oleh peretas. Langsung hubungi kami untuk segera mulai menggunakan Deka Web Application Firewall. Tingkatkan keamanan aplikasi web Anda dengan layanan terbaik dari Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.