Menu Close

Berita & Acara

6 Cara Kompres Video di HP Tanpa Mengurangi Kualitas

Cara Kompres Video di HP
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Cara kompres video di HP sebenarnya sangat mudah. Bahkan, Anda masih bisa melakukannya melalui browser sama seperti ketika menggunakan laptop atau PC. Selain melalui browser, biasanya Anda dapat melakukan kompres video di HP melalui berbagai macam aplikasi yang tersedia di Play Store maupun App Store.

Melalui artikel ini, Anda akan mempelajari bagaimana cara kompresi video di HP, baik melalui aplikasi atau melalui browser. Namun sebelum itu, mari ketahui apa itu kompresi video mengapa Anda harus mengompres video terlebih dahulu. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Kompresi Video?

Kompresi video adalah proses pengurangan jumlah bit yang diperlukan untuk merepresentasikan video tanpa mengurangi kualitas visualnya. Tujuan dari kompresi video adalah untuk membuat ukuran dari video lebih kecil daripada berkas aslinya dan untuk memfasilitasi pengirimannya melalui Internet.

Kompresi video dilakukan melalui codec video yang bekerja pada satu atau lebih algoritma kompresi. Biasanya, kompresi video dilakukan dengan menghapus gambar, suara, dan/atau adegan berulang yang terdapat dari video yang dikompres.

Sebagai contoh, kompresi video mungkin akan menghapus latar belakang yang sama, gambar atau suara yang diputar beberapa kali, serta data yang ditampilkan atau dilampirkan dengan berkas video tidak terlalu penting. Kompresi video akan menghapus semua data tersebut untuk mengurangi ukuran berkas video.

Setelah video berhasil dikompres, format aslinya akan diubah menjadi format lain (tergantung codec yang digunakan). Pemutar video harus mendukung format video tersebut atau terintegrasi dengan codec kompresi untuk memutar berkas video yang sudah dikompres.

Baca juga: 2 Cara Menyimpan Video dari Facebook

Mengapa Video Harus Dikompres?

Terkadang, video yang Anda ambil menggunakan kamera atau yang diunduh akan memiliki ukuran yang terlalu besar. Beberapa aplikasi perpesanan seperti WhatsApp, Telegram, LINE, dan lain sebagainya, serta email memiliki batasan ukuran berkas yang dapat Anda unggah. Jika ukuran video terlalu besar, maka Anda tidak dapat mengunggah video tersebut ke aplikasi perpesanan dan email.

Sebagai contoh, klip video dengan kualitas HD 1080p yang Anda ambil dapat menghabiskan sekitar 11 GB ruang penyimpanan per satu menit durasi video tersebut. Hal ini tentu saja bergantung pada frame yang dipilih, tetapi tetap saja ukuran tersebut jauh lebih besar daripada batasan maksimal yang disediakan berbagai aplikasi perpesanan dan email.

Selain itu, ukuran berkas video yang terlalu besar juga akan memiliki waktu unggah yang jauh lebih lama. Hal tersebut akan bertambah buruk jika Anda tidak memiliki koneksi internet yang baik. Ditambah lagi, penerima video tersebut juga akan kesulitan untuk mengunduhnya karena ukuran videonya yang terlalu besar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mengompres video agar ukurannya menjadi lebih kecil. Anda perlu mengompres ukuran video sesuai dengan batasan yang diberikan oleh aplikasi perpesanan atau email. Selain memberikan ukuran yang lebih kecil, video yang sudah dikompres juga akan lebih cepat terunggah, baik itu di aplikasi perpesanan atau email.

Baca juga: 3 Cara Membuat Channel Telegram

6 Cara Kompres Video di HP

Dahulu, Anda memang hanya bisa mengompres video menggunakan laptop atau PC saja. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang Anda sudah bisa mengompres video melalui HP. Berikut ini adalah beberapa cara kompres video di HP yang perlu Anda ketahui.

1. Menggunakan VidCompact

VidCompact adalah aplikasi pengonversi video, pengonversi audio, kompresor video, dan pemangkas video gratis untuk pengguna Android. Aplikasi ini mendukung hampir semua format video dan audio, seperti video HD, video HTML5, WMV, MKV, FLV, AVI, MP4, dan MOV. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pengeditan video seperti menggabungkan, memotong, memotong, membalikkan, menstabilkan, gerakan lambat, memotong, memutar, dan lain sebagainya.

Untuk mengompres video menggunakan VidCompact, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Play Store, lalu cari dan unduh VidCompact.
  • Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi VidCompact.
  • Pilih menu Trim & Compress.
  • Pilih video yang ingin diperkecil ukurannya.
  • Pilih resolusi video yang ingin didapatkan. Biasanya, Anda akan menemui opsi 240p atau 480p.
  • Jika sudah, tekan ikon Compress Video. Lalu, pilih Save to Gallery.

Proses pengompresan video akan mulai berjalan. Tunggu beberapa lama sampai prosesnya selesai, lalu cek galeri HP Anda untuk menemukan video yang sudah dikompres. Pastikan ukurannya memang sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika belum, ulangi lagi proses di atas menggunakan video yang sudah dikompres sebelumnya.

2. Menggunakan YouCut

Sama seperti VidCompact, YouCut adalah aplikasi pengonversi video, pengonversi audio, kompresor video, dan pemangkas video gratis untuk pengguna Android. Selain mengompres video, Anda juga dapat melakukan edit video dengan mudah melalui aplikasi ini.

Untuk mengompres video menggunakan YouCut, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Play Store, lalu cari dan unduh YouCut.
  • Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi YouCut.
  • Pada layar, tekan ikon bertanda “+” dan pilih video yang ingin diperkecil ukurannya.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke dalam menu editing video. Anda dapat melakukan beberapa penyesuaian jika perlu.
  • Untuk mengompres ukuran video, ubah kualitas video menjadi 240p atau 480p. Pastikan saja kualitas video lebih kecil dari sebelumnya.
  • Tekan Compress, dan tunggu prosesnya selesai.

Video yang sudah selesai dikompres seharusnya akan langsung tersimpan di galeri HP Anda. Pastikan ukurannya memang sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika belum, ulangi lagi proses di atas menggunakan video yang sudah dikompres sebelumnya.

Baca juga: 6 Cara Membuat QR Code Secara Online, Mudah!

3. Menggunakan Panda Video Compressor

Panda Video Compressor adalah aplikasi pengonversi video, kompresor video, dan pemangkas video gratis untuk pengguna Android. Aplikasi ini memang dikhususkan untuk memperkecil ukuran video sesuai dengan batasan pada email.

Untuk mengompres video menggunakan Panda Video Compressor, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Play Store, lalu cari dan unduh Panda Video Compressor.
  • Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi Panda Video Compressor.
  • Pilih video yang ingin diperkecil ukurannya.
  • Pilih kualitas video. Biasanya Anda akan menemukan opsi: small, medium, dan large.
  • Tekan Compress, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Video yang sudah selesai dikompres seharusnya akan langsung tersimpan di galeri HP Anda. Pastikan ukurannya memang sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika belum, ulangi lagi proses di atas menggunakan video yang sudah dikompres sebelumnya.

4. Melalui FreeConvert

FreeConvert adalah perangkat lunak kompresi video berbasis browser. Untuk mengompres video melalui FreeConvert, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs https://www.freeconvert.com/.
  • Pilih menu Choose Files, lalu unggah video yang ingin diperkecil ukurannya.
  • Pilih format video yang diinginkan.
  • Tekan tombol Compress Now.

Tunggu hingga proses kompres video selesai. Setelah itu, tekan tombol Download Video untuk mengunduh video yang sudah dikompres. Cek ukuran video tersebut di galeri HP Anda. Jika ukurannya belum sesuai, ulangi lagi proses di atas menggunakan video yang sudah dikompres sebelumnya.

5. Melalui Clideo

Clideo adalah perangkat lunak kompresi video berbasis browser. Untuk mengompres video melalui Clideo, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

Tunggu hingga proses kompres video selesai. Setelah itu, tekan tombol Download Now untuk mengunduh video yang sudah dikompres. Cek ukuran video tersebut di galeri HP Anda. Jika ukurannya belum sesuai, ulangi lagi proses di atas menggunakan video yang sudah dikompres sebelumnya.

6. Melalui Veed.io

Veed.io adalah perangkat lunak kompresi video berbasis browser yang tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Untuk mengompres video melalui Veed.io dalam versi gratis, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs https://www.veed.io/tools/video-compressor.
  • Pilih menu Choose Video, lalu unggah video yang ingin diperkecil ukurannya.
  • Pilih kualitas video: smaller, normal, atau high quality.
  • Tekan tombol Compress Video.

Tunggu hingga proses kompres video selesai. Setelah itu, tekan tombol Download Video untuk mengunduh video yang sudah dikompres. Cek ukuran video tersebut di galeri HP Anda. Jika ukurannya belum sesuai, ulangi lagi proses di atas menggunakan video yang sudah dikompres sebelumnya.

Bagaimana, cara kompresi video di HP mudah, kan? Nah, selain mengompres video, Anda juga dapat dengan mudah mengirim video melalui email tanpa mengompresnya. Anda hanya perlu mengunggah video tersebut ke dalam penyimpanan Cloud saja. Lalu, kirim tautan yang mengarah pada video tersebut melalui email.

Salah satu layanan Cloud yang dapat digunakan adalah Deka Box dari Cloudeka. Deka Box merupakan layanan Cloud yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola data perusahaan dari berbagai lokasi dengan kemampuan kendali replikasi. Selain sebagai tempat penyimpanan yang aman, Deka Box juga berfungsi sebagai tempat pengolahan data secara real-time. Hubungi kami sekarang juga apabila Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar Deka Box dan layanan Cloud lainnya yang ditawarkan oleh Cloudeka!

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.