Menu Close

Berita & Acara

2 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Table of Contents

Pasti Anda pernah tidak sengaja menghapus foto atau video penting ketika membersihkan galeri handphone (HP). Tentu saja Anda merasa gelisah ketika mengecek kembali isi galeri dan tidak menemukan file media yang dimaksud. Jangan langsung panik karena Lintasarta Cloudeka akan membagikan cara mengembalikan foto yang terhapus secara praktis dan mudah. 

Simak dan praktikkan cara memulihkan foto dan video yang hilang di artikel ini sesuai tipe Operating System (OS) HP Anda!

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Ada dua pilihan yang bisa Anda coba untuk mengembalikan foto atau video jika menggunakan HP OS Android. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Melalui Menu Galeri

Anda bisa memulihkan media yang hilang hanya melalui fitur ‘Trash’ di galeri HP. Singkatnya, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan. Perlu diketahui ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar foto bisa kembali ke galeri, yaitu:

  • Anda tidak pernah mengosongkan trash secara permanen.
  • Foto yang terhapus masih ada di trash selama 30 hari sejak tanggal penghapusan (untuk Android 11 ke atas).

Berikut langkah pemulihan foto atau video melalui menu galeri:

  • Buka Galeri di perangkat Anda.
  • Cari dan klik tanda titik tiga di bagian kanan atas.
  • Pilih ‘Trash’ dan layar akan menampilkan foto yang terhapus selama 30 hari ke belakang.
  • Pilih foto yang ingin dikembalikan ke HP Anda. 
  • Apabila lebih dari satu, tahan foto yang diinginkan hingga muncul tanda kotak. Klik beberapa foto dan pastikan ada tanda centang.
  • Klik ‘Restore’ yang bertanda panah melingkar.
  • Kembali ke menu utama galeri dan Anda akan melihat foto yang hilang muncul kembali di galeri HP.

Baca juga: 3 Cara Membuat Channel Telegram di Android, iPhone, dan PC

2. Melalui Google Photos

Google Photos bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan foto yang terhapus lebih dari 60 hari dan tidak bisa ditemukan di fitur Trash. Namun, pastikan Anda sudah mengaktifkan sinkronisasi otomatis agar seluruh media di HP langsung tersimpan di cloud Google Photos. Beberapa tipe dan merek HP Android sudah memiliki aplikasi Google Photos sehingga Anda tidak perlu mengunduhnya kembali.

Cara memulihkan foto dan video melalui Google Photos sangatlah mudah, cukup lakukan langkah sederhana di bawah ini:

  • Buka Google Photos di perangkat Anda.
  • Klik ‘Library’, kemudian pilih ‘Trash’.
  • Pilih beberapa foto yang ingin dipulihkan.
  • Klik ‘Restore’ dan foto yang terhapus akan muncul kembali di galeri HP Anda.

Langkah ini tidak hanya berlaku di HP Android saja, tetapi juga iOS.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyimpan Video Dari Facebook?

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di iOS

Metode mengembalikan foto di perangkat iOS sedikit berbeda daripada Android. Selain menggunakan Google Photos, Anda bisa mencoba tiga opsi di bawah ini sesuai skenario yang terjadi.

1. Melalui Album Baru Dihapus

iOS memiliki fitur ‘fail safe’ yang berguna untuk memulihkan foto atau video yang terhapus secara tidak sengaja. Foto yang terhapus masih ada di album ‘Baru Dihapus’ atau ‘Recently Deleted’ yang ada di menu Photos. Fitur ini tersedia pada iOS versi 8 ke atas dan foto yang terhapus hanya disimpan selama 30 hari sebelum hilang secara permanen.

Berikut langkah mudah mengembalikan foto atau videonya:

  • Buka aplikasi ‘Foto’.
  • Klik ‘Album’, kemudian pilih ‘Baru Dihapus’.
  • Cari dan pilih beberapa foto dan video yang ingin dikembalikan, kemudian klik ‘Pulihkan’.
  • Foto dan video yang hilang sudah kembali muncul di galeri Anda.

2. Foto yang Dihapus tanpa Cadangan

Tidak perlu panik jika foto yang dihapus tidak memiliki cadangan di iCloud atau fitur ‘Trash’. Anda bisa menggunakan bantuan aplikasi Tenorshare UltData. Aplikasi ini juga berguna untuk memulihkan foto, video, atau data lainnya yang tersimpan di perangkat iOS, iCloud, atau cadangan iTunes. Tenorshare UltData hanya bisa diakses di komputer atau laptop, jadi Anda memerlukan salah satu perangkat tersebut untuk menggunakan cara ini.

Berikut tips memulihkan foto menggunakan Tenorshare UltData:

  • Hubungkan perangkat iOS Anda dengan komputer atau laptop.
  • Buka Tenorshare UltData, kemudian pilih menu ‘Recover Data from iOS Devices’.
  • Klik ‘Start Scanning’.
  • Setelah proses pemindaian selesai, Anda bisa melihat semua file-nya pada bagian kiri. Klik menu ‘Foto’ untuk mulai memulihkan foto dan video yang terhapus dari HP Anda.
  • Pilih beberapa foto yang ingin Anda kembalikan, kemudian klik ‘Recover to PC’. 
  • Tunggu beberapa saat dan Anda bisa melihat foto yang hilang di folder komputer yang digunakan.

Baca juga: Kenapa Anda Butuh Cloud Backup?

Solusi Penyimpanan Foto dan Data Komputer Terbaik

Bagaimana dengan penyimpanan foto atau video di komputer? Caranya sederhana, Anda cukup membuka ‘Recycle Bin’ dan memilih beberapa media yang ingin dipulihkan, kemudian klik ‘Restore the selected items’. Data yang terhapus secara sengaja atau tidak sengaja tetap berada dalam Recycle Bin sampai Anda mengosongkan folder ini.

Lantas, bagaimana jika data perusahaan di komputer hilang karena virus atau malware? Solusinya, Anda perlu mengganti media penyimpanan internal komputer dengan Cloud Storage. Penyimpanan berbasis Cloud tentu memiliki kelebihan karena bisa mencadangkan data komputer secara otomatis dan memulihkan data yang hilang di Cloud.

Anda bisa memilih Deka Box dari Cloudeka yang bermanfaat untuk menyimpan data perusahaan dengan berbagai format yang berbeda sebagai solusi terbaik untuk bisnis yang dijalankan saat ini. Layanan ini sangat cocok bagi perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai lokasi karena memiliki kemampuan kendali replikasi. Deka Box dilengkapi sistem keamanan prima sehingga data yang tersimpan tetap aman dan tidak mudah hilang atau diretas oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Tidak rugi untuk berinvestasi di Deka Box demi keamanan data perusahaan. Langsung hubungi kami sekarang juga dan mulailah menggunakan Deka Box untuk menyimpan data Anda!

Kini, Anda tidak perlu panik setelah mengetahui cara mengembalikan foto yang terhapus di artikel ini, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan ketika Anda menghadapi kejadian tidak terduga ini, ya.

Cloudeka adalah penyedia layanan Cloud yang berdiri sejak tahun 2011. Lahir dari perusahaan ICT ternama di tanah air, Lintasarta, menyediakan layanan Cloud baik untuk perusahaan besar maupun kecil-menengah.